Proses KPR Mudah, Bisa Cepat Punya Rumah

19 December 2023

Zaman sekarang banyak yang mulai bertanya-tanya bagaimana bisa proses KPR mudah ketika mengajukan kredit ke lembaga keuangan? Hal ini karena banyak yang ingin mengajukan pinjaman kredit untuk membangun rumah. 

Sekarang memiliki rumah jadi lebih mudah karena sudah ada KPR yang disediakan oleh pihak lembaga keuangan. KPR bisa Anda jadikan sebagai alternatif jika Anda belum memiliki banyak dana untuk membangun rumah.

Pengertian KPR

proses kpr mudah

pexels.com

Sebelum Anda mengajukan pinjaman kredit rumah, Anda perlu mencari tahu apa yang dimaksud dengan KPR itu. KPR adalah kependekan dari Kredit Kepemilikan Rumah yaitu membeli rumah dengan cara mencicil untuk jangka waktu tertentu dengan bunga.

Jadi, dengan adanya KPR ini, Anda tidak perlu lagi memikirkan uang tunai untuk membeli rumah karena bisa dengan metode cicilan. Anda hanya perlu mempersiapkan uang muka atau DP saja dan memenuhi persyaratan untuk mengajukan KPR. 

Anda juga perlu mencari tahu apa saja persyaratan yang diajukan oleh pihak bank kepada nasabah seperti berapa tenor dan besaran bunga yang ditawarkan. Rumah adalah aset investasi jangka panjang yang harus dipikirkan matang-matang sebelum membelinya. 

Apabila Anda mengambil KPR saat usia di bawah 30 tahun maka jangka waktu cicilan yang akan Anda dapatkan bisa mencapai 25 hingga 30 tahun ke depan. 

Hal ini tidak akan Anda dapatkan jika mengajukan pinjaman KPR saat umur di atas 30 tahun maka cicilannya kurang dari itu. Pihak bank biasanya akan memberikan waktu tenor 10 sampai 15 tahun saja. 

Jenis-jenis KPR yang Tersedia

proses kpr mudah

pexels.com

Pengajuan dan proses KPR mudah jika Anda mengetahui mana bank yang terpercaya, jadi jangan sampai salah pilih ya! Bank yang terpercaya biasanya menyediakan berbagai jenis KPR seperti di bawah ini. 

1. KPR Duo

proses kpr mudah

pexels.com

KPR Duo adalah jenis KPR yang sebenarnya jarang sekali ditawarkan karena biasanya digunakan untuk pembelian apartemen, furnitur, mobil, ruko, dan motor. Namun, tidak ada salahnya mengajukan pinjaman KPR Duo untuk pembelian apartemen.

2. KPR Pembelian

proses kpr mudah

pexels.com

Jenis KPR berikutnya adalah KPR Pembelian khusus untuk Anda yang ingin membeli hunian baru. Jadi, setelah Anda membeli rumah baru, nanti rumah tersebut bisa dijadikan sebagai penjamin.

3. KPR Take Over

proses kpr mudah

pexels.com

Berikutnya adalah KPR Take Over yaitu jenis KPR khusus untuk program pembayaran yang sudah Anda ajukan ke bank tertentu namun dipindahkan ke bank lain. Alasan melakukan pemindahan bank adalah karena keuntungan yang didapatkan lebih besar. 

Sangat direkomendasikan untuk nasabah yang ingin mengganti suku bunga dari tinggi ke rendah sehingga tidak menyulitkan keuangan pribadi. Hal ini karena banyak nasabah yang merasa keberatan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh pihak bank tertentu.

4. KPR Angsuran Berjenjang

proses kpr mudah

pexels.com

Proses KPR mudah kalau Anda benar memilih jenis KPR yang diinginkan misalnya KPR Angsuran Berjenjang. Pengertian KPR Angsuran Berjenjang adalah bentuk pinjaman keringanan bagi nasabah yang melakukan pembelian rumah.

Nasabah tersebut mendapatkan kesempatan untuk menunda melakukan pembayaran pinjaman berupa angsuran pokok. Penundaan pembayaran tersebut bisa ditunda hingga 3 tahun di masa pinjaman. 

Nah, ketika memasuki tahun keempat, nasabah baru bisa kembali melanjutkan pembayaran cicilan dan berlangsung normal seperti sebelumnya. 

5. KPR Refinancing

proses kpr mudah

pexels.com

Selanjutnya adalah KPR Refinancing yaitu jenis KPR yang direkomendasikan untuk nasabah tertentu. Jadi, angsuran ini hanya untuk nasabah yang mengalami kesulitan dalam membayar utang KPR. 

Nasabah dapat memindahkan sisa cicilan KPR dari bank lama menuju bank baru setelah itu bank baru akan melunasi cicilan tersebut. Tentu saja ada persyaratan khusus jika ingin mengajukan pinjaman KPR Refinancing. 

6. KPR Syariah

proses kpr mudah

pexels.com

KPR Syariah adalah jenis KPR yang menggunakan prinsip syariah dalam sistem kerjanya. Sangat direkomendasikan bagi nasabah beragama Muslim karena tidak ada sistem suku bunga yang diminta pihak bank. 

Hal ini karena dalam ajaran agama Islam, suku bunga disebut sebagai riba dan riba hukumnya haram. Lalu apa gantinya? Pihak bank menggantinya dengan sistem nisbah atau bagi hasil. 

Adapun keuntungan dari KPR Syariah adaalh cicilan tidak akan berubah sampai masa KPR  berakhir. Sudah banyak warga muslim yang mengambil cicilan KPR Syariah ini karena menguntungkan dua belah pihak. 

7. KPR Non Subsidi

proses kpr mudah

pexels.com

Agar Anda bisa merasakan proses KPR mudah maka bisa memilih KPR non subsidi yang langsung disediakan oleh pihak bank. Kebijakannya juga sudah diatur oleh pihak bank itu sendiri sehingga suku bunga harus sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Secara umum, KPR non subsidi adalah jenis angsuran yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengajukan kredit rumah. Biasanya diberikan kepada pelanggan yang didasarkan pada harga jual rumah dan sebelumnya sudah ditentukan oleh developer. 

8. KPR Subsidi

proses kpr mudah

pexels.com

Terakhir adalah KPR subsidi yaitu angsuran yang akan membantu para nasabah untuk mendapatkan keringanan dalam suku bunga atau uang muka. Tentu saja Anda perlu memperhatikan persyaratan yang berlaku agar angsuran diterima pihak bank.

Terdapat tiga jenis KPR subsidi yang biasanya ditawarkan oleh pihak bank yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP. Selain itu ada juga SSB atau Subsidi Selisih Bunga dan SBUM atau Subsidi Bantuan Uang Muka.

Bagi Anda yang ingin merasakan proses KPR mudah bisa mengajukan angsuran di Bank Lescadana ya! Kalau Anda ingin mendapatkan informasi mengenai angsuran bisa lewat website berikut ini http://banklescadana.co.id/

Close

Lescadana

Customer Services