10 Langkah Cerdas Mengelola Pinjaman Modal Usaha Untuk Pertumbuhan Bisnis Yang Berkelanjutan

03 January 2024

Mengelola Pinjaman Modal Usaha

Dalam melakukan bisnis dan usaha, bisa dibilang ada banyak cara dan trik yang bisa dilakukan untuk memberi pertumbuhan yang berkelanjutan. Salah satunya adalah pinjaman modal usaha yang cukup banyak dipakai oleh pelaku bisnis dan usaha. Biasanya para pelaku usaha yang baru mulai merintis dan masih memiliki modal yang rendah, akan menggunakan pinjaman modal usaha.

Meskipun begitu, banyak para pelaku bisnis dan usaha yang belum mengetahui seperti apa sih pinjaman modal usaha itu sendiri. Jadi pada dasarnya, pinjaman modal merupakan dana yang diberikan oleh pihak peminjam modal kepada individu maupun perusahaan yang nantinya digunakan untuk kebutuhan usaha mereka baik yang akan membuka usaha baru maupun mereka yang sudah menjalankan dan ingin memperluas usahanya.

Untuk jenis pinjaman modal usaha yang banyak digunakan tentu saat ini sudah banyak tersedia dan bisa Anda pilih, contohnya seperti jenis pinjaman bank, pinjaman dari investor dan pinjaman dari lembaga keuangan lainnya. Semua jenis pinjaman tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berbicara mengenai pinjaman modal usaha, tentunya anda harus mengetahui bagaimana cara mengelolanya. Karena dengan pengelolaan yang tepat serta efisiensi yang tepat, membuat bisnis dan usaha yang dimiliki bisa memberi keuntungan yang sangat besar. Serta yang tidak kalah penting, potensi kerugian yang anda tanggung tidak begitu besar. Nah kami akan memberikan 10 tips mengelola pinajaman modal usaha yang perlu anda pahami dan ketahui.

1. Memahami Tujuan Peminjaman Modal Usaha

Tips mengelola uang pinjaman modal usaha yang pertama adalah memahami apa tujuan meminjam dana modal usaha ini. Sebelum memutuskan ingin meminjam uang, sebaiknya pahami dengan jelas tujuannya, apakah untuk membuka usaha dan dengan skala sperti apa yang ingin anda tuju. Memahami tujuan meminjam modal usaha dengan jelas akan mendorong proses pengambilan keputusan yang lebih bijak.

2.  Perhatikan Rasio Keuangan

Setelah menentukan dan memahami tujuannya, tips mengelola pinjaman modal usaha yang perlu anda ketahui adalah memperhatikan rasio keuangan. Besarnya cicilan pinjaman yang perlu dibayar idealnya tidak lebih dari 30 sampai 40 persen pendapatan bulanan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa pendapatan bulanan yang diperoleh cukup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar cicilan pinjaman.

3. Alokasi Dana Sesuai Tujuan Pinjaman Modal Usaha Tersebut

Tips mengelola uang pinjaman dari bank selanjutnya adalah mengalokasikan dana sesuai tujuan yang telah ditentukan. Yap, hal ini sangat penting agar dana yang dipinjam tepat sasaran dan tidak dipergunakan untuk hal lain. Misalnya, jika tujuan meminjam untuk bertujuan modal usaha, pastikan dana tersebut memang dialokasikan untuk membangun bisnis, mulai dari modal produksi barang, sewa gedung, dan lain-lain.

4. Memiliki Perencanaan Yang Matang

Yang gaka kalah penting dalam melakukan pinjaman modal usaha adalah membuat perencanaan keuangan dengan matang. Berkenaan dengan hal ini, coba untuk membuat anggaran dana dan mencatat segala jenis pengeluaran secara rinci. Selain itu, pastikan juga untuk membayar rutin cicilan secara tepat waktu agar terhindari dari keterlambatan pembayaran dan terkena denda.

5. Memisahkan Dana Usaha dan Dana Pribadi

Jika anda meminjam uang untuk tujuan membangun bisnis, maka harus pisahkan dana usaha dan pribadi. Hal ini dilakukan agar pembuatan laporan keuangan lebih mudah dilakukan serta menghindari adanya gangguan pada arus kas. Dengan memisahkan dana usaha dan pribadi, maka akan dapat diketahui apakah uang pinjaman telah dialokasikan secara maksimal atau belum.

6. Membuat Catatan Keuangan Secara Rutin

Tips mengelola uang pinjaman dari bank selanjutnya adalah membuat catatan keuangan dengan rutin. Dengan membuat catatan keuangan secara rutin, maka sisa utang yang perlu anda bayar akan lebih mudah diketahui. Selain itu, membuat catatan keuangan juga dapat mendorong pengambilan keputusan yang lebih presisi.

7. Disiplin Membayar Cicilan

Kunci sukses dalam mengelola pinjaman modal usaha adalah dengan disiplin membayar cicilan setiap bulannya. Sebab, keterlambatan pembayaran cicilan akan menurunkan riwayat kredit dan mendapatkan denda penalti.

Berkenaan dengan ini, coba anda untuk membuat pengingat mengenai kapan harus membayar cicilan agar tidak melewatkan tanggal jatuh tempo. Pastikan untuk memiliki dana yang cukup saat membayar cicilan dengan menerapkan pengelolaan keuangan secara bijak.

8. Cari Kesempatan Untuk Meningkatkan Pendapatan

Supaya bisa membayar cicilan tepat waktu, cara memutar pinjaman modal usaha yang bisa dilakukan adalah mencari kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, misalnya dengan mencari pekerjaan sampingan.

Nantinya, pendapatan tambahan tersebut akan membantu untuk membayar cicilan atau mencapai tujuan keuangan lainnya. Apabila pendapatan tersebut dipergunakan untuk membayar cicilan, ini akan membantu melunasi pinjaman secara lebih cepat dan mengurangi jumlah bunga yang harus dibayar tersebut.

9. Hindari Menambah Utang Yang Tidak Perlu

Berikutnya yang juga perlu anda ketahui adalah dengan menghindari menambah utang, terutama saat cicilan belum lunas. Sebab, menambah utang hanya akan menambah beban finansial dan menghambat tercapainya tujuan keuangan. Apabila terdapat keperluan mendesak yang harus dipenuhi, cobalah cari alternatif lain untuk menambal modal usaha yang lebih besar lagi.

10. Konsultasi Dengan Ahli Keuangan

Berkonsultasi dengan ahli keuangan dapat membantu memberi nasehat dan solusi yang strategis mengenai cara mengelola uang pinjaman bank untuk usaha atau keperluan lainnya. Sehingga, apabila membutuhkan bantuan dalam hal pengelolaan keuangan, jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya untuk memperlancar pinjaman modal usaha yang anda miliki.

Setelah mengetahui cara mengelola pinjaman modal usaha yang tepat dan benar, hal lainnya yang gak kalah penting untuk diketahui adalah dengan mengetahui tempat pencairan pinjaman modal usaha berkualitas tinggi. Kami dari Bank Lescadana hadir untuk memenuhi segala kebutuhan anda tersebut. Kami hadir untuk mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk anda khususnya pada pinjaman modal usaha.

Bagi anda yang memang sedang mencari fasilitas pencairan pinjaman modal usaha berkualitas tinggi dari Bank Lescadana, anda bisa langsung saja menghubungi kontak di Ruko The Arcade Blok 3 PP & 3 PR, Jalan Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Atau anda bisa menghubungi kontak marketing di nomor 021-30051080. Atau anda bisa juga mengunjungi website kami di www.banklescadana.co.id untuk melihat berbagai info dan katalog menarik lainnya.

Close

Lescadana

Customer Services