Bagaimana Cara Beli Emas Batangan?

30 November 2022

Kalau ditanya jenis emas apa yang lebih Anda minati untuk investasi, manakah yang akan Anda pilih? Beli emas batangan untuk investasi atau emas dalam bentuk perhiasan?

Banyak dari investor mungkin akan cenderung memilih emas batangan daripada perhiasan. Tidak hanya itu, bahkan mereka lebih memilih emas batangan daripada investasi tidak berwujud seperti ETF (exchange traded fund), yaitu sejenis reksa dana yang mengacu pada indeks tertentu dan diperjualbelikan layaknya saham.

Salah satu alasan mengapa banyak investor lebih memilih emas batangan daripada jenis lainnya adalah emas dapat dilikuidasi apabila terjadi keruntuhan ekonomi (economic collapse). Lantas, bagaimana proses beli emas batangan?

Proses Membeli Emas Batangan

Emas batangan saat ini sudah bisa dibeli secara online, lho. Tentu saja prosesnya akan lebih sederhana. Namun, perlu Anda perhatikan juga bahwa toko atau pihak yang menjual emas tersebut memiliki lisensi meskipun online.

Sebagai pembeli, Anda bisa menelusuri produk emas batangan di situs retail ternama seperti Pegadaian, Butik Emas Antam, Unit Bisnis Antam, toko emas, marketplace, dan Bank Lescadana. Anda bisa pilih emas tersebut berdasarkan berat, kuantitas, dan harganya.

Nah, ketika Anda mendapatkan emas tersebut, sebaiknya tetap simpan emas dalam kemasannya. Mengapa? Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya goresan pada emas. Kemudian, simpan dalam brankas atau tempat aman lainnya. Tapi, untuk Anda yang khawatir menyimpan emas sendiri, Anda bisa menggunakan jasa penyimpanan emas dari retail tersebut. Bahkan, jika Anda membeli secara online di marketplace, Anda tidak perlu memiliki emas fisiknya. Hal itu tentu mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan emas, bukan?

Baca juga: Mau Investasi Beli Emas? Ketahui Tipsnya Terlebih Dahulu!

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Beli Emas Batangan

Apakah dengan membeli emas batangan artinya Anda akan terbebas dari kerugian? Tentu saja tidak semudah itu. Namanya investasi tentu ada untung dan ruginya. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal di bawah ini sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda beli emas batangan sebagai investasi.

1. Penyimpanan

Yap, sebagai calon investor, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana cara menyimpan emas batangan yang Anda beli. Apakah Anda akan menyimpannya dalam brankas di rumah atau menitipkannya kepada jasa penyimpanan emas.

Nah, kalau Anda ingin menitipkan emas tersebut kepada jasa penyimpanan emas, ada biaya jasa yang Anda kenakan. Anda bisa cari tahu terlebih dahulu biaya penitipan di masing-masing retail tersebut. Namun, tentu saja kalau menitipkannya di retail, emas tersebut akan jauh lebih aman. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir.

2. Asuransi

Apakah emas juga perlu asuransi? Yap, perlu. Terlebih jika Anda memutuskan untuk menyimpan emas batangan di dalam rumah. Jika suatu saat terjadi pencurian, banjir, atau bencana lainnya yang mengancam keamanan emas, Anda tidak terlalu rugi karena emas tersebut diasuransikan.

3. Kemurnian Emas

Emas batangan yang Anda gunakan untuk investasi paling tidak harus memiliki kadar 99,5% emas murni. Sisa dari persentase tersebut dapat berupa campuran dari unsur lain, seperti perak atau tembaga. Kadar tersebut biasanya tertulis dalam permukaan emas.

Nah, setelah memerhatikan hal-hal di atas, selanjutnya Anda bisa menentukan ingin investasi emas dalam bentuk batangan atau koin. Lho, ada yang dalam bentuk koin? Ada!

Perbedaan Emas Bentuk Batang dan Koin

Meskipun semua emas murni memiliki nilai yang signifikan, namun tidak semua emas memiliki kualitas investasi yang sama. Kalau kita berkaca dari sudut pandang investasi, investor yang ingin menambahkan produk fisik mungkin akan menghindari koin emas.

Mengapa?

Koin-koin emas ini cenderung digunakan sebagai koleksi karena desainnya yang menarik, nilai sejarahnya, dan mengandung jumlah emas yang rendah. Ya, meskipun harganya tetap lebih mahal karena numismatiknya, yaitu kegiatan mengumpulkan benda-benda terkait uang (kertas, koin, dan token) yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat.

Selain karena harganya lebih mahal daripada emas batangan, koin emas cenderung merusak nilai portofolio investor. Lho, kok bisa? Ada beberapa koin yang nilainya sangat tinggi dibandingkan emas batangan karena nilainya sebagai bagian dari kolektor. Contohnya koin American Eagle.

Jadi, balik lagi kepada tujuan dan kesukaan. Beberapa investor ada yang menginginkan barang kolektor, sementara yang lain lebih menginginkan beli emas batangan biasa yang lebih mudah disimpan dalam jangka panjang dan dikonversi menjadi uang tunai.

Baca juga: Ingin Investasi Beli Emas? Yuk, Pahami Dulu Jenis-Jenisnya!

Bisa dibilang, emas batangan tetap menjadi yang populer di kalangan investor. Selain karena hal di atas, investor sadar bahwa emas sebagai komoditas cenderung berkinerja baik selama resesi ekonomi. Selama gejolak ekonomi, lebih banyak investor yang mungkin cenderung melihat emas sebagai peluang investasi. Lantas, apakah Anda tertarik untuk beli emas batangan sebagai investasi

Close

Lescadana

Customer Services