Ingin Beli Emas Untuk Investasi? Yuk, Pahami Dulu Jenis-jenisnya!

30 October 2022

Emas merupakan salah satu barang mewah yang bisa dijadikan sebagai tabungan maupun investasi masa depan. Tidak sedikit orang yang membeli emas untuk melakukan investasi. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika melakukan investasi dengan emas salah satunya karena nilai nya yang terus meningkat.

Namun, sebelum membeli emas untuk diinvestasikan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis emas yang cocok untuk investasi. Sehingga nantinya Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari investasi beli emas.

Berdasarkan Warna Campuran Emas

Ketika Anda berkunjung ke toko emas, biasanya akan ditawarkan berbagai jenis emas yang berbeda. Salah satunya adalah menawarkan emas dengan warna yang beragam. Nah, disini Anda dapat memilih berbagai macam jenis warna sesuai dengan keinginan Anda.

1. Emas Gold Rose

Emas jenis ini memang sangat cantik karena memiliki ciri khas warna yang kemerahan. Warna merahnya sering disebut mirip dengan salah satu jenis bunga yaitu bunga mawar. Sehingga emas ini diberi nama gold rose yaitu emas yang berwarna kemerahan mirip seperti bunga rose.

Warna kemerahan pada emas ini berasal dari campuran emas dengan logam tembaga. Tak heran jika jika harga emas gold rose cukup terjangkau di pasaran. Hal ini juga menjadikannya populer dikalangan masyarakat penyuka perhiasan.

2. Emas  Putih

Jenis emas yang kedua berdasarkan warnanya yaitu jenis emas putih. Anda tentu tidak asing lagi dengan emas yang satu ini. Pasalnya emas putih juga banyak dipasarkan untuk  dijadikan sebagai perhiasan. 

Nah, emas yang memiliki warna putih mencolok ini merupakan hasil campuran dari logam yaitu perak  dan nikel. Kemudian, agar lebih meningkatkan warna putih yang berkilau, biasanya ditambahkan juga dengan lapisan logam rhodium. Hasilnya akan menjadi emas putih yang sangat cantik dan berkilau.

3. Emas Kuning

Diantara kedua jenis emas di atas, emas kuning lebih populer di pasaran. Pasalnya, emas kuning memiliki kadar emas yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya karena dapat dikatakan lebih murni. Selain itu, emas kuning tidak akan menimbulkan alergi seperti jenis emas lainya.

Meskipun emas ini sering dikatakan sebagai emas murni, namun untuk dijadikan sebagai perhiasan tetap dicampurkan dengan tembaga, perak dan seng. Sehingga nantinya emas kuning lebih mudah dibentuk untuk dijadikan perhiasan. 

Berdasarkan Kadar Emasnya

Sebelum memutuskan untuk beli emas agar bisa diinvestasikan, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis emas berdasarkan kadarnya. Anda harus melihat emas dari kadarnya yang tinggi bukan dari model bentuk maupun warnanya. 

Jika ingin memiliki investasi yang menjanjikan, sebaiknya Anda memilih jenis emas dengan kadar yang tinggi. Secara umum ada beberapa jenis emas berdasarkan kadarnya yang ada di Indonesia. Berikut ini disajikan dari yang tertinggi kadarnya hingga yang terendah, yaitu:

  • Jenis Emas 24 karat (kadar emasnya 99 persen)
  • Jenis Emas 23 karat (kadar emasnya 95 persen)
  • Jenis Emas 22 karat (kadar emasnya 91 persen)
  • Jenis Emas 21 karat (kadar emasnya 87 persen)
  • Jenis Emas 18 karat (kadar emasnya 75 persen)
  • Jenis Emas 14 karat (kadar emasnya 58 persen)
  • Jenis Emas 13 karat (kadar emasnya 54 persen)
  • Jenis Emas 12 karat (kadar emasnya 50 persen).

Semakin tinggi nilai kadar emasnya, maka akan semakin mahal pula harganya. Maka dari itu, sebaiknya Anda membeli jenis emas yang memiliki kadar tertinggi untuk investasi. Akan tetapi, Anda juga dapat menyesuaikan dengan dana yang dimiliki untuk beli emas tersebut. 

Berdasarkan Produknya yang Ada di Indonesia

Berbicara soal investasi emas, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana pasarnya. di Indonesia sendiri ada berbagai jenis produk emas yang cukup banyak peminatnya. Nah, Anda harus mengetahui tentang hal tersebut agar investasi emas Anda bisa tepat sasaran. 

Ada baiknya sebelum membeli emas Anda mengetahui informasi berikut mengenai produk-produk emas yang populer dan banyak diminati di pasaran. Barulah setelah itu, Anda dapat memutuskan harus membeli jenis emas apa. 

1. Emas Perhiasan

Emas perhiasan adalah salah satu produk emas yang paling populer di masyarakat hingga sampai ke berbagai kalangan. Emas yang dibuat untuk digunakan sebagai perhiasan ini memiliki harga yang bervariasi. Hal ini tergantung pada jenis campurannya hingga kadarnya. 

Contoh emas perhiasan yang banyak dibuat yaitu untuk kalung, cincin, gelang hingga anting dengan berbagai model menarik. 

Tidak hanya untuk mempercantik penampilan, emas perhiasan juga dapat dijadikan sebagai tabungan atau investasi. Anda bisa menggadaikan atau menjual emas perhiasan kapanpun disaat Anda membutuhkan dana darurat.

2. Emas Batangan

Produk emas yang populer untuk dijadikan sebagai investasi adalah emas batangan. Jenis emas yang satu ini adalah emas murni dimana memiliki kadar emas 24 karat. Ada berbagai ukuran yang dapat Anda beli yaitu 1 gram, 2,5 gram, 5 gram, 10 gram, dan seterusnya. 

Emas batangan banyak memiliki harga yang lebih tinggi karena sudah pasti kadarnya lebih tinggi dari emas perhiasan. Kemudian, emas ini tidak dibentuk menjadi berbagai model sehingga lebih umum dapat dibeli oleh siapapun. Contoh emas batangan yang populer adalah emas antam.

3. Emas Koin

Beli emas untuk investasi memang perlu pertimbangan yang matang agar nantinya lebih menguntungkan dan aman. Nah, salah satu produk emas yang bisa dijadikan investasi bagi Anda yang pemula adalah emas koin. 

Sama dengan jenis emas lainnya, jenis emas koin juga mengalami kenaikan setiap tahunnya. Emas ini banyak digunakan untuk investasi jika ingin melakukan ibadah haji sebagai alternatif untuk ongkos naik haji (ONH). Dengan kenaikan inflasi pada emas tersebut maka bisa digunakan untuk ongkos perjalanan ketika akan naik haji.

4. Emas Granule

Emas Granule adalah jenis emas yang berbentuk serbuk sehingga teksturnya cenderung halus. Produk emas yang satu ini tidak akan Anda temui di toko-toko emas biasa karena tidak diperjual belikan sembarangan. 

Emas ini bisa Anda temui di tempat pengrajin emas untuk pembuatan berbagai produk emas turunannya. MIsalnya saja untuk pembuatan perhiasan emas dengan berbagai model.

5. Emas Online

Seiring berkembangnya teknologi, membuat semua aspek lebih mudah untuk dilakukan. Salah satunya jika Anda ingin beli emas, maka dapat dengan mudah membeli emas secara online. Emas online bisa menjadi salah satu investasi yang bagus dan menjanjikan. 

Dengan adanya emas online Anda dapat dengan mudah membeli emas tanpa harus mendatangi kantor fisik secara langsung. Namun, untuk menghindari adanya penipuan, Anda dapat membeli emas yang tersedia online di Bank, Pegadaian, atau Perusahaan jasa keuangan lainnya. 

Demikian jenis-jenis emas yang dapat Anda pilih untuk investasi. Setiap jenis emas memiliki keunggulannya masing-masing. Tinggal bagaimana pilihan Anda untuk beli emas mana yang cocok dan sesuai dengan dana yang dimiliki

Close

Lescadana

Customer Services