Tips Membeli Rumah Dengan KPR Bagi Pasangan Baru

15 December 2021

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Namun, saat ini masyarakat masih kesulitan untuk mencari rumah dengan yang murah namun berkualitas. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui tips membeli rumah dengan KPR bagi orang yang baru pertama kali menjalankannya.

Dalam membeli rumah KPR baik itu bekas maupun baru memang sangat membutuhkan yang namanya strategi, agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari. Apalagi jika dilihat dari cara pembayarannya sedikit berbeda, baik itu kredit maupun cash. 

Tips Membeli Rumah Dengan KPR Secara Tepat

Untuk menemukan rumah yang tepat bagi keluarga kecil Anda, hendaknya mengikuti tips membeli rumah dengan KPR yang ada di bawah ini agar tidak salah pilih.

1. Pilihlah Developer Berpengalaman

Tips membeli rumah dengan KPR yang pertama ialah memastikan developer yang dipilih mempunyai latar belakang dan pengalaman yang baik. 

Hal ini dilakukan agar menghindari terjadinya tindak pidana penipuan. Oleh karena itu, disarankan Anda melihat terlebih dahulu riwayat dari developer yang dipilih.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial

Bank atau lembaga pemberi kredit akan memberikan penilaian yang baik untuk Anda, apabila selalu tepat waktu ketika membayar angsuran rumah. 

Namun sebaiknya, sebelum membeli rumah dengan KPR Anda harus memperhitungkan angsurannya apakah sanggup atau tidak mencicil rumah tersebut.  

Caranya dengan membandingkan rasio hutang pada aset Anda. Bandingkanlah nilai rasio dengan aset yang akan Anda bayar. 

Anda dapat menghitungnya dengan cara membagi seluruh hutang dan aset, kemudian didapati skor untuk radio tersebut. Ideal rasio yang harus diperoleh sebesar 50% kebawah.

Jika nilainya 50% ke atas maka nilai hutang Anda sudah melebihi aset. Sehingga ini menandakan bahwa finansial yang Anda miliki harus diperbaiki sebelum melakukan pengajuan KPR.

3. Hindarilah Hutang

Idealnya, Anda harus memiliki dana darurat untuk persiapan pengeluaran bulanan. Sebab, semakin tinggi tanggungan maka semakin besar pula kebutuhan yang diperlukan.

4. Pastikan Keluarga Tetap Terjamin

Kematian tidak memandang siapapun, termasuk orang yang mencicil rumah. Tentunya, Anda tidak ingin meninggalkan hutang bagi keluarga tersayang. Sebab, jika Anda memiliki hutang, pasti membebankan keluarga. 

Namun, jika Anda membeli rumah dengan KPR pasti sudah ada asuransi jiwa untuk mencegah terjadinya risiko meninggalnya debitur. Asuransi jiwa sendiri memberikan berbagai macam manfaat, tidak hanya untuk biaya hidup keluarga yang ditinggalkan namun bisa melunasi warisan hutang debitur. 

5. Jangan Buru-Buru Melunasi KPR

Tips membeli rumah KPR selanjutnya, Anda tidak boleh buru-buru melunasi KPR. Hal ini berguna sekali, agar Anda tidak kenakan biaya denda akibat adanya pelunasan cepat. Terkecuali, jika Anda memilih KPR syariah. 

Sebab, melunasi cicilan di awal waktu akan membuat Anda keluar lebih banyak uang dan mengurangi angka likuiditas. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan kesehatan finansial dengan melihat jumlah aset lancar sebesar 5% sampai 20% dari total kekayaan.

Apalagi dengan adanya rumah KPR, bisa menjadikan aser Anda bertambah dan mempengaruhi nilai kekayaan bersih. Semakin tinggi kekayaan bersih Anda, maka semakin besar aset berjalan yang dimiliki. 

6. Menyesuaikan Harga Yang Ditawarkan

Apabila ada pemilik rumah atau developer menawarkan Anda untuk membeli rumah dengan KPR, maka usahakanlah tidak langsung menerimanya. Anda harus bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah harga rumah yang ditawarkan terlalu mahal atau tidak.

Bandingkanlah harga dari properti lain dengan rumah yang ditawarkan kepada Anda. 

7. Pastikan Sistem Pembayaran Sudah Sesuai

Dalam membeli rumah, ada beberapa sistem pembayaran yang dapat Anda gunakan. Anda bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Penilaian Rumah (KPR) dari bank untuk membayarnya secara lunas. 

Apabila Anda membeli rumah KPR, maka perlu adanya pengajuan khusus. Sebab, prosesnya membutuhkan waktu yang lama. 

8. Persiapkan Uang Muka 

Hal utama yang menjadi pertimbangan untuk Anda, sebelum membeli rumah KPR adalah besar uang muka. Anda harus dapat memastikan sisa uang angsuran selanjutnya dapat dibayar sesuai dengan kesepakatan.

9. Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Bila Anda mendapatkan informasi rumah KPR melalui situs online. Langkah selanjutnya, Anda bisa membeli rumah KPR dengan melakukan survei terlebih dahulu. 

Pada saat melakukan survei, Anda bisa langsung ke lokasi untuk mempelajari dan mengamati lingkungan rumah. Perhatikanlah bagaimana tempat tinggal Anda, tetangganya supaya lebih gampang beradaptasi. 

10. Pilih Rumah yang Sesuai Keperluan

Setiap orang pasti memiliki impian bisa tinggal di rumah yang bagus dan besar. Namun, pada saat membeli rumah dengan KPR tentu akan lebih baik, jika Anda memilihnya sesuai keperluan. 

Sebab, rumah bagus dan besar belum tentu berkualitas. Jadi jangan lihat dari luarnya saja.
 
11. Hindari Lokasi Rumah Rawan Bencana

Tips membeli rumah KPR untuk pasangan muda selanjutnya adalah memahami geografi dari rumah tersebut. Anda harus menghindari rumah yang terletak dari kawasan bencana. 

Memang terkadang harga yang ditawarkan developer lebih murah dibandingkan dengan rumah di kota. Namun jangan sampai Anda tergiur, pertimbangkanlah secara matang.

12. Bacalah Kontrak dengan Teliti

Pada saat membeli rumah dengan KPR, hal yang perlu diperhatikan adalah membaca kontrak secara teliti. Kontrak ini dapat berupa dokumen atau surat-surat penting baik dari agen penjual rumah maupun bank. 

Apabila ada istilah yang tidak diketahui, Anda bisa menanyakan langsung kepada pihak terkait agar semuanya jelas. 

13. Pastikan Kelengkapan Dokumen 

Anda juga harus memastikan riwayat rumah tersebut dengan melihat kelengkapan dokumen dan legalitasnya. Pastikan dokumen dan legalitasnya asli, jangan sampai Anda mendapatkan dokumen palsu. 

14. Carilah KPR Tenor Menawarkan Tenor Panjang

Anda bisa mencari developer yang menawarkan tenor dalam jangka waktu yang panjang. Sebab, semakin lama waktu pembayaran KPR maka akan semakin ringan beban angsurannya, dan begitu juga sebaliknya. 

15. Diskusikan Dengan Anggota Keluarga

Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan anggota keluarga, jika sudah berkeluarga. Sebab, saran keluarga perlu menjadi pertimbangan mengingat rumah tersebut akan dihuni bersama-sama.

16. Perhatikan Material Dan Kesehatan Rumah

Tips beli rumah bekas KPR selanjutnya adalah memastikan kekuatan dan kesehatan dari rumah tersebut. Rumah yang materialnya kuat dan sehat pasti akan membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya.

Anda harus berbicara terlebih dahulu, dengan pemilik rumah mengenai bahan apa saja yang digunakan supaya memastikan kekuatan material rumahnya.  

Dengan mengetahui beberapa material yang dibuat untuk rumah, Anda bisa memastikan seberapa lama hunian tersebut bertahan. Jangan sampai nanti baru ditempati sudah banyak material yang rusak.

Kredit KPR Lescadana Berikan Bunga Terendah

Miliki rumah impian bersama dengan pasangan dengan mengajukan kredit KPR melalui Bank Lescadana

Bunga dijamin rendah dengan proses tanpa repot. Mau tahu caranya? Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut. 

Itu saja informasi yang dapat disampaikan mengenai membeli rumah dengan KPR yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

Dengan membeli rumah KPR, Anda lebih untung dibandingkan harus menyewa rumah. 

Close

Lescadana

Customer Services