5 Tips Membeli Emas, Jangan Sampai Anda Tertipu!

03 August 2021

Ingin mulai investasi emas tapi masih merasa was-was karena takut tertipu? Wajar jika Anda merasakan hal tersebut. Kami akan membagikan beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari penipuan ketika membeli emas!

Saat ini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menabung dan investasi. Salah satu faktor yang mendukung hal ini adalah situasi ekonomi global yang tidak menentu. 

Semakin banyak orang yang ingin berjaga-jaga agar mempunyai bekal untuk memenuhi kebutuhan hidup jangka panjang. 

Terlebih dengan adanya inflasi dan pelemahan mata uang Rupiah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mulai investasi emas sejak dini. 

Namun, ada baiknya untuk lebih bijaksana dalam berinvestasi, terutama jika Anda ingin membeli emas. 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Emas Agar Tidak Tertipu

Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli emas agar tidak tertipu:

1. Lihat Izin Lembaga dan OJK pada Platform

Ada dua jenis investasi emas yang bisa Anda pilih, yaitu emas digital atau batangan.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli emas, Anda perlu mencari sebanyak mungkin referensi mengenai lembaga yang akan Anda pilih. 

Ketika Anda memilih membeli emas digital melalui aplikasi atau platform tertentu, pastikan bahwa entitas perusahaan tersebut terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Platform yang diawasi oleh OJK lebih menjamin keamanan konsumen atau masyarakat sehingga dapat dipertanggungjawabkan. 

Ci-Mas adalah salah satu program cicil emas terpercaya yang telah mengantongi izin dan diawasi oleh OJK.

Melalui program ini, Anda bisa membeli emas dengan jaminan emas batangan (ANTAM) dengan hanya mengeluarkan modal yang sedikit, yaitu 10% saja dari harga emas.

Selanjutnya, Anda hanya perlu membayar cicilan berbunga rendah dengan masa tenor sepanjang 24 bulan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

2. Perhatikan Lokasi Pembelian

Jika Anda ingin membeli emas batangan atau perhiasan, pilihlah lokasi jual beli emas yang telah memiliki reputasi yang bagus.

Dengan begitu, transaksi jual beli yang Anda lakukan akan lebih aman dan dapat dipertanggungjawabkan oleh lembaga terkait.  

3. Cek Harga Emas Sebelum Membeli 

Anda perlu tahu tentang perkembangan harga emas sebelum membelinya. Jangan sampai Anda tidak mengetahui apakah harga emas sedang naik atau turun. 

Harga emas dipengaruhi oleh nilai jual Rupiah terhadap Dollar. Ketika nilai jual Rupiah melemah, harga emas cenderung naik. 

Jadi, sebaiknya pantau terlebih dahulu harga emas dan beli di saat harga tidak terlalu mahal. 

4. Cek Keaslian Sertifikat ketika Membeli Emas

Setiap emas batangan pasti memiliki sertifikat resmi yang membuktikan bahwa emas tersebut asli. Sertifikat ini  memberikan informasi tentang kadar kemurnian emas. 

Yang sering terjadi adalah penjual menawarkan harga emas yang murah tanpa adanya sertifikat. Hal ini sangat berisiko karena bisa saja emas tersebut adalah palsu. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjual kembali emas di kemudian hari, pastikan bahwa Anda membeli emas yang bersertifikat. 

5. Perhatikan Kadar Kemurnian Emas

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika membeli emas adalah meneliti kadar kemurnian emas. Warna boleh sama, namun kadar kemurnian bisa saja berbeda. 

Tingkat emas 24 karat memiliki kadar kemurnian sampai dengan 99,99 %.  

Tentu saja tingkat harga juga berbeda sesuai dengan kadar kemurnian emas sehingga Anda bisa memperkirakan mana yang akan Anda beli.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membeli emas agar tidak tertipu. Jangan lupa untuk menyesuaikan rencana investasi Anda sesuai dengan kebutuhan dan rencana masa depan Anda.

Close

Lescadana

Customer Services