Tips Investasi Emas Bagi Karyawan Gaji Pas Pasan

21 October 2021

Anda seorang karyawan dengan gaji yang pas-pasan tapi ingin berinvestasi emas? Siapa bilang tidak bisa. Saat ini, Anda bisa berinvestasi emas meski dengan gaji yang tidak terlalu banyak. 

Tapi, masalahnya adalah mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk berinvestasi emas dengan hanya mengandalkan gaji karyawan yang pas-pasan tersebut? 

Nah, jika Anda penasaran bagaimana caranya, yuk simak saja ulasan lengkapnya di artikel ini sampai selesai, ya. 

5 Tips Investasi Emas dengan Gaji Pas-pasan

Berinvestasi emas untuk karyawan dengan gaji pas-pasan bukanlah hal yang tidak mungkin lagi. Dengan mengikuti 5 cara investasi emas di bawah ini, Anda bisa mulai investasi emas sekarang juga. 

1. Menetapkan Tujuan Investasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan tujuan investasi emas. Sebagai contoh, tetapkan tujuan investasi seperti untuk membeli tanah, membeli rumah, untuk hari tua, dan lain sebagainya. 

Apa tujuan dari menetapkan tujuan investasi? Hal ini berguna untuk mengetahui seberapa lama Anda akan melakukan investasi tersebut. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat dan kedisiplinan dalam berinvestasi. 

2. Tetapkan Jumlah Dana

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah menetapkan jumlah dana yang harus dimiliki setiap bulannya untuk investasi emas.

Hal yang harus Anda hindari adalah menyisihkan dana investasi dari sisa pengeluaran bulanan. 

Hal tersebut adalah langkah yang salah karena Anda akan susah untuk mengendalikan keinginan untuk berbelanja dan hal konsumtif lainnya.

Anda pun akan lalai dalam menunaikan kewajiban dalam berinvestasi emas. 

Oleh karena itu, lebih baik menyisihkan dana investasi di awal sebesar 10% dari total gaji Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengatur keuangan dan investasi lebih baik.

3. Memiliki Dua Rekening

Memiliki dua rekening lebih baik buat Anda yang ingin melakukan investasi emas. Hal ini bermanfaat agar rekening investasi emas Anda tidak tercampur dengan rekening gaji.

Namun, memiliki dua rekening yang terpisah ini cocok untuk Anda yang tidak suka mengikuti program mencicil emas dan lebih memilih untuk melakukan investasi emas secara tunai.

Jadi, Anda bisa mengendapkan dana investasi emas tersebut sementara waktu sampai semua dana terkumpul dan cukup untuk membeli emas yang Anda inginkan.

Nah, untuk keperluan investasi, sebaiknya Anda membeli emas batangan daripada membeli emas perhiasan.

Hal ini karena emas batangan memiliki harga yang lebih murah daripada emas perhiasan, karena tidak membutuhkan biaya untuk produksi dan pembuatannya.

Meski harganya lebih murah, emas batangan tetap memiliki harga jual yang sama.

4. Siasati Kebiasaan Nongkrong

Meski Anda sedang menyisihkan dana untuk investasi emas, bukan berarti Anda tidak bisa nongkrong dan bersenang-senang. 

Anda tetap bisa nongkrong bersama teman atau keluarga dengan menyiasatinya. Bagaimana caranya? Caranya mudah. 

Anda hanya perlu mencari tempat nongkrong yang enak tapi yang sedang memberikan diskon atau promo. Dengan demikian, Anda tetap bisa nongkrong tapi juga berhemat.

5. Buatlah Skala Prioritas

Cara yang terakhir yaitu Anda perlu membuat skala prioritas. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mengendalikan pengeluaran bulanan dengan gaji yang dimiliki.

Jadi, buatlah skala prioritas untuk satu bulan kedepan di setiap awal bulan. Dengan demikian, Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih terorganisir. Investasi emas pun akan berjalan lancar.

Ci-Mas, Solusi Investasi Emas Bagi Anda yang Memiliki Gaji Pas-Pasan

Siapa bilang gaji pas-pasan tidak bisa beli emas? Kini, Anda bisa cicil emas melalui program Ci-Mas.

Ci-Mas menawarkan program cicilan emas aman dan terpercaya dengan jaminan emas batangan (ANTAM)

Proses pengajuan mudah dengan jangka waktu kredit emas maksimum 24 bulan. Tidak perlu khawatir karena Ci-Mas diawasi oleh OJK.

Jika Anda masih punya pertanyaan, silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lengkap.

Nah, itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan jika ingin berinvestasi emas tapi memiliki gaji yang pas-pasan. Jadi, sekarang tidak usah khawatir dan takut lagi untuk memulai investasi emas, ya!

Close

Lescadana

Customer Services