Tertarik Membeli Emas? 5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Anda Membeli

22 December 2021

Selama berabad-abad, emas telah dipandang sebagai investasi rumah tangga dan cara untuk membangun keamanan finansial. Namun untuk Anda dapat berinvestasi dalam emas, ada banyak cara dan dua yang paling populer adalah emas fisik dan emas digital. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara-cara investasi emas ini, mari simak penjelasan di bawah ini!

Emas Fisik: Perhiasan emas

Perhiasan emas secara tradisional dianggap sebagai cara yang aman untuk berinvestasi emas, terutama di daerah pedesaan dan kota-kota kecil, sebagian karena kurangnya kesadaran atau kurangnya akses untuk berinvestasi melalui cara lain. Jika Anda tertarik untuk membeli perhiasan emas, pertimbangkan hal berikut:

  • Ketersediaan: Hampir semua toko perhiasan menjual perhiasan emas di Indonesia.
  • Kredibilitas: Anda harus melakukan uji tuntas saat memilih perhiasan untuk pembelian Anda. Jika Anda membelinya sebagai investasi, pastikan Anda membeli perhiasan bertanda. Ini berarti kemurnian emas telah diverifikasi, yang akan menjadi penting jika Anda memilih untuk menjual kembali perhiasan.
  • Biaya: Biaya membeli perhiasan melibatkan biaya emas dan biaya produksi yang berkisar antara 5% hingga 20% di atas biaya emas. Biaya pembuatan perhiasan ini adalah biaya yang mungkin tidak dapat Anda ambil kembali saat Anda menjual perhiasan emas Anda.
  • Pemeliharaan: Saat Anda membeli emas fisik, Anda harus memiliki tempat yang aman untuk menyimpannya. Ini mungkin melibatkan sewa loker dan biaya asuransi. Sewa loker dapat bervariasi tergantung pada pilihan bank Anda. Misalnya, loker brankas di bank swasta terkenal memiliki biaya yang bervariasi tergantung pada lokasi cabang, ukuran, dan jenis loker yang Anda pilih. Demikian pula, biaya asuransi untuk melindungi perhiasan emas Anda juga bervariasi dari satu asuransi umum ke yang lain. Misalnya, beberapa perusahaan asuransi menawarkan perlindungan perhiasan sebagai bagian dari rencana asuransi rumah mereka dan biaya yang terkait dengannya berbeda tergantung pada biaya perhiasan Anda dan rencana yang Anda pilih.
  • Keuntungan: Anda dapat memanfaatkan nilai perhiasan emas Anda bahkan sebelum Anda menjualnya menggunakan pinjaman emas dari bank dan perusahaan pembiayaan non-perbankan (NBFC). Anda bisa mendapatkan pinjaman emas hingga 75% hingga 90% dari nilai emas dengan suku bunga serendah 8% per tahun.

Emas Koin dan Batangan

Jika Anda bermaksud menambahkan emas fisik ke portofolio Anda, tetapi tidak ingin membayar markup yang terkait dengan perhiasan emas, Anda dapat mempertimbangkan emas koin atau batangan dengan kandungan emas murni 22 karat atau 24 karat (995 ke atas). Inilah yang harus dipertimbangkan ketika melihat emas koin dan batangan:

  • Ketersediaan: Emas koin dan batangan tersedia dalam 22 karat dan 24 karat, dan umumnya dikemas dalam kemasan anti rusak. Emas koin tersedia dalam berbagai denominasi mulai dari 1 gram hingga 50 gram dan dalam desain yang berbeda. Jika Anda mencari denominasi yang lebih tinggi, emas batangan tersedia dalam kelipatan 100 gram dan 1 kilogram. Anda dapat membeli emas koin dan batangan dari sumber non-pemerintah, seperti pedagang perhiasan dan emas batangan.
  • Kredibilitas: Sebelum melakukan pembelian, Anda harus meminta sertifikat kemurnian dari toko perhiasan atau pedagang Anda. Persyaratan uji tuntas untuk membeli emas koin atau batangan sama seperti dalam kasus perhiasan.
  • Biaya: Biaya pembuatan koin emas berkisar antara 2% hingga 10% di atas biaya emas. Biaya produksi untuk batangan turun menjadi kurang dari 0,5% dari biaya emas dan bahkan lebih rendah untuk batangan 1 kilogram.
  • Pemeliharaan: Biaya penyimpanan untuk emas koin dan batangan setara dengan perhiasan emas.
  • Keuntungan: Koin dan batangan lebih mudah dijual dan memiliki markup yang lebih rendah berdasarkan jumlah emas yang digunakan dibandingkan dengan perhiasan. Banyak pemberi pinjaman tidak menerima koin dan batangan untuk tujuan pinjaman emas. Beberapa menerima emas batangan minimal 50 gram dengan kemurnian 99,99% atau 24 karat.

Emas Digital

Saingan terdekat dengan emas fisik adalah emas digital, yaitu emas yang dibeli melalui platform digital yang tidak mengharuskan Anda memegang sendiri investasinya. Emas digital tersedia dalam kemurnian 24 karat.

  • Ketersediaan: Anda dapat membeli emas serendah mungkin dan mengakumulasi pembelian Anda selama suatu periode. Emas digital dijual oleh perusahaan perdagangan emas dan perhiasan melalui platform online mereka, seperti aplikasi seluler dan situs web. Beberapa pedagang emas digital menggunakan e-wallet dan broker keamanan untuk menjual emas digital.
  • Kredibilitas: Untuk menambah kredibilitas, pedagang emas digital umumnya menunjuk wali independen dan menyewa brankas pihak ketiga yang terkenal untuk mengamankan emas fisik. Kerangka peraturan untuk penyedia emas digital tidak begitu jelas saat ini. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan uji tuntas terhadap integritas dan model bisnis penyedia emas digital. Mulai dari kredibilitas mereka, reputasi lembaga penyimpanan emas tempat emas disimpan, dan kecukupan asuransi perlu diperiksa. Untuk itu, Anda perlu memilih pedagang emas digital dengan sangat hati-hati. Selain reputasi pedagang, Anda juga harus melihat reputasi pihak ketiga amanat dan brankas.
  • Biaya: Biaya pembuatan hanya dapat dibayarkan ketika Anda memutuskan untuk menerima pengiriman dari kepemilikan emas Anda. Biaya pembuatannya sesuai dengan koin dan batangan. Namun, jika Anda memutuskan untuk menjual emas Anda tanpa mengambil pengiriman, tidak ada biaya pembuatan yang berlaku.
  • Pemeliharaan: Emas Anda diasuransikan dan disimpan dalam brankas yang aman, dan dapat dikirimkan kepada Anda jika kepemilikan Anda mencapai lot pengiriman minimum, yang bervariasi dari satu penyedia layanan emas digital ke penyedia layanan emas lainnya. Beberapa penjual menyediakan pengiriman di depan pintu Anda. Setelah Anda membeli emas digital, emas tersebut tetap berada dalam pengawasan platform emas digital dan dapat dijual baik secara penuh atau sebagian dengan biaya transaksi nominal. Untuk menghadirkan lebih banyak transparansi dan memberikan jaminan, beberapa platform emas digital juga menunjuk wali independen yang terdaftar di regulator pasar.
  • Keuntungan: Jika Anda ingin mengalokasikan sebagian dari tabungan bulanan Anda untuk membeli emas, emas digital memungkinkan Anda untuk mengalokasikan sebagian seperti rencana investasi sistematis (SIP) yang bekerja untuk reksa dana. Ini juga akan bekerja untuk Anda jika Anda membutuhkan fleksibilitas dan kenyamanan dalam menjual sebagian dari kepemilikan emas Anda dalam denominasi yang lebih kecil bahkan kurang dari 1 gram.

Itulah penjelasan mengenai cara-cara investasi emas beserta dengan faktor yang perlu dipertimbangkan. Nah, bagi Anda yang tertarik dan ingin berinvestasi emas, khususnya emas digital, maka Anda dapat mempercayakannya pada BPR Lesca Dana.

BPR Lesca Dana

BPR Lesca Dana adalah hasil pengambilalihan (akuisisi) beberapa Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) yang dimulai pada tahun 2018 dengan tujuan utama untuk membangun lembaga keuangan yang sehat, terpercaya, dan aman. Mengikuti perkembangan zaman, kami selalu mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk Anda, terutama: Tabungan yang aman dengan akses mudah setiap saat, deposito bunga menarik dan layanan terpercaya, kredit dengan bunga rendah dan proses mudah, serta cicilan dan pembelian emas dengan mudah dalam program Ci-Mas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi emas dari Bank Lescadana, bisa Anda peroleh melalui website official Bank Lescadana di https://www.banklescadana.co.id/.

Close

Lescadana

Customer Services