Proses KPR Mudah Dan Cepat Dengan Mengetahui 7 Hal Ini!

26 December 2022

Kredit kepemilikan rumah atau lebih dikenal dengan KPR merupakan suatu fasilitas yang diberikan oleh bank kepada nasabah perorangan yang akan membeli atau merenovasi rumah. Selain perbankan ada juga perusahaan yang memberikan pembiayaan rumah (housing financing) dari lembaga sekunder. 

Melalui KPR Anda akan mendapatkan pembiayaan terlebih dahulu untuk pembelian atau pembangunan rumah yang kemudian diangsur untuk pembayaran balik. 

Saat ini, layanan KPR cukup diminati oleh masyarakat mengingat kepemilikan rumah merupakan kebutuhan primer. Sehingga, selain menyewa juga ada solusi lain untuk memiliki rumah impian dengan cara angsuran. 

Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit rumah dengan KPR .sebaiknya mengetahui 7 hal berikut ini agar proses KPR mudah dan cepat diterima. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan lengkapnya dibawah ini. 

1. Ketahui dulu Jenis-jenis KPR

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis-jenis KPR. Penting untuk mengetahui jenis KPR apa yang sesuai dengan Anda. Sehingga nantinya pengajuan Anda dapat diproses dengan mudah. 

Pada umumnya, perbankan yang ada di Indonesia menyediakan 2 jenis KPR, yaitu:

  • KPR Subsidi

KPR bersubsidi merupakan kredit yang diperuntukan oleh perbankan kepada masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Jenis KPR ini dapat digunakan untuk kredit pembelian maupun pembangunan rumah. Subsidi yang dimaksudkan disini berbentuk peringanan kredit dan subsidi penambahan dana.

  • KPR Non Subsidi

KPR non subsidi merupakan kredit yang diperuntukan kepada seluruh masyarakat secara luas. Jika KPR subsidi mendapatkan keringanan kredit, maka pada jenis KPR ini tidak berlaku. Besarnya kredit dan bunga pinjaman yang Anda dapatkan disesuaikan dengan kebijakan dari pihak bank terkait. 

2. Perhitungan Biaya dan Cicilan KPR

Ketika akan mengajukan KPR banyak hal yang harus dipertimbangkan salah satunya adalah biaya. Anda harus mengetahui berapa biaya yang harus disiapkan dan untuk pembayaran apa saja. 

Pertama-tama tentunya Anda harus menyiapkan biaya untuk DP atau uang muka terlebih dahulu. Jika merujuk pada ketentuan Bank Indonesia (BI) maka pembayaran uang muka KPR yaitu 15% untuk tapak pertama, 20% untuk rumah tapak kedua, dan 25% untuk rumah tapak selanjutnya. Namun, ketentuan tersebut kembali kepada peraturan masing-masing perbankan. 

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui besarnya kredit pokok dari KPR tersebut. Cobalah lakukan perhitungan simulasi untuk mengetahui besaran biaya kredit KPR yang Anda inginkan. 

Tambahan biaya lain yang harus Anda siapkan yaitu terkait biaya provisi atau administrasi yang dibebankan kepada nasabah. Ada pula biaya pajak pembelian, balik nama dan biaya penerimaan negara bukan pajak. 

3. Waktu Pinjaman KPR 

Memilih untuk mengajukan KPR merupakan pilihan yang harus dipertimbangkan dengan matang. Pasalnya Anda harus memperkirakan biaya angsuran bulanan yang sesuai dengan kemampuan Anda. 

Hal ini juga akan berkaitan dengan waktu pinjaman KPR yang Anda sanggupi. Nah, mayoritas perbankan memberikan jangka waktu pinjaman 15 - 25 tahun. Semakin lama waktu pinjaman maka akan semakin ringan biaya yang harus dibayarkan perbulannya. 

4. Apa Saja Syarat Pengajuan KPR 

Proses KPR mudah untuk disetujui oleh perbankan apabila Anda memenuhi persyaratan yang ditentukan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari tahu apa saja persyaratan yang harus disiapkan untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah.

Persyaratan untuk pengajuan KPR yang harus dipenuhi adalah:

  • Perorangan
  • Minimal berusia: 21 tahun
  • Maksimal berusia: 55 tahun / 65 tahun (wirausaha)
  • Lama Bekerja / Usaha: Minimal 2 tahun (tetap)
  • Debt Burden Ratio (DBR) maksimum 40%

Sedangkan persyaratan dokumen yang harus disiapkan adalah:

  • Fotocopy E-KTP (Suami + Istri)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (Suami + Istri)
  • Fotocopy Akte Nikah / Cerai
  • Surat pisah harta (jika ada)
  • Fotocopy Rekening Koran / Tabungan 3 Bulan Terakhir
  • Fotocopy NPWP
  • Surat Keterangan Kerja & slip gaji 3 bulan terakhir (asli)
  • Persyaratan tambahan 

5. Berapa Lama Proses Pengajuannya

Proses pengajuan KPR pada setiap perbankan akan berbeda-beda. Hal ini juga erat kaitannya dengan kebijakan yang ditetapkan oleh pihak bank terkait. 

Namun umumnya, proses pengajuan KPR sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Jika ingin mengetahui lebih pasti berapa lama proses pengajuannya. Anda dapat menanyakan langsung kepada pihak bank yang ingin Anda ajukan KPR. 

Semakin cepat proses pengajuannya makan semakin cepat pula mendapatkan rumah impian Anda. 

6. Bagaimana Kredit Skor Pribadi

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah bagaimana kredit skor pribadi. Jika selama ini Anda memiliki kredit lainnya, maka pastikan Anda tidak pernah menunggak atau bahkan tidak melunasi cicilan. 

Pada proses pengajuan KPR pihak perbankan akan melakukan pengecekan terhadap riwayat kredit nasabahnya. Apabila terdapat catatan buruk, maka proses pengajuan KPR Anda akan sulit bahkan bisa saja ditolak. 

Oleh karena itu, sebelum mengajukan KPR pastikan bahwa kredit skor Anda bagus dan tidak terdapat catatan hitam. 

7. Referensi Perbankan dengan Proses KPR Mudah

Setiap perbankan tentu memiliki kebijakan tersendiri dalam memberikan layanan kepada nasabah. Tinggal bagaimana memilih mana bank yang menurut Anda cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Coba cari referensi terkait perbankan yang ada di Indonesia, ketahui informasi seputar layanan KPR nya. Pilih bank yang memberikan kemudahan dalam pengajuan, prosesnya cepat dan tentunya memiliki kredibilitas yang tinggi. 

Demikian beberapa hal yang harus Anda ketahui agar proses KPR mudah dan cepat disetujui. Persiapkan kelengkapan persyaratan yang menjadi ketentuan pihak perbankan. Kemudian, Anda juga harus mempersiapkan seluruh biaya yang akan dibebankan di awal. 

Pengajuan kredit KPR tidaklah sulit apabila Anda sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Yuk, Temukan kredit KPR yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda di Bank Lescadana. Tunggu apa lagi? Segera hubungi Bank Lescadana dan dapatkan rumah impian Anda dengan cepat.

Close

Lescadana

Customer Services