Investasi Emas Batangan atau Perhiasan, Lebih Untung Mana?

13 July 2021

Lebih untung yang mana? Investasi emas batangan atau perhiasan? Ketahui keunggulan dari masing-masing jenis investasi tersebut di artikel ini!

Bukan hal baru lagi jika emas menjadi salah satu bentuk investasi yang paling populer dan banyak diminati hingga saat ini.

Harganya yang stabil dan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun membuatnya disukai banyak orang.

Pertanyaannya, lebih baik investasi emas batangan atau perhiasan? Apa perbedaannya? Dan manakah yang lebih menguntungkan?

Dua-duanya memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Pemilihan yang tepat akan membuat investasi yang Anda lakukan berhasil dan mendapat keuntungan maksimal. 

Simak beberapa poin berikut dalam memilih investasi emas.

Perbedaan Emas Batangan dan Perhiasan

Pada dasarnya emas batangan menjadi bentuk investasi yang paling ideal dilakukan dalam jangka waktu yang lama karena harga jualnya yang terbilang tinggi dan stabil.

Bukan hanya itu saja, kemurnian emas batangan ternyata juga jauh lebih terjamin. Terlebih  lagi setiap pembelian akan disertai dengan sertifikat yang berisi ukuran, berat, dan tingkat kemurniannya.

Selain emas batangan, emas perhiasan juga sangat digemari apalagi oleh kalangan wanita. 

Itulah mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk investasi dalam bentuk emas perhiasan.

Emas perhiasan juga bisa menjadi aksesoris yang bisa dipakai. Selain itu, keuntungan lain dari emas perhiasan adalah lebih mudah didapatkan daripada emas batangan.

Hanya saja, Anda juga harus mempertimbangkan biaya lain ketika membuat emas perhiasan.

Pembuatan emas perhiasan berkisar antara 15% sampai 20% dari nilai emas itu. Biaya tersebut itu tidak akan dihitung ketika Anda menjualnya lagi.

Maka dari itu penting untuk mempertimbangkan dengan baik jenis perhiasan yang tidak terlalu rumit. Semakin rumit sebuah perhiasan maka akan semakin tinggi juga biaya pembuatannya.

Tips Memilih Investasi Emas Batangan atau Perhiasan

Setelah memahami perbedaan antara emas batangan dan perhiasan, Anda juga dapat mempertimbangkan beberapa tips di bawah ini sebelum membeli emas. 

1. Pahami Tujuan Awal Anda Berinvestasi 

Pertama, Anda harus tahu tujuan dari investasi yang ingin dilakukan. Jika tujuan investasi Anda adalah untuk jangka panjang, maka lebih baik melakukan investasi dalam bentuk emas batangan.

Kenapa? Alasannya karena emas batangan memiliki nilai jual yang lebih stabil daripada emas perhiasan.

2. Periksa Harga Pasaran

Sebelum membeli emas batangan maupun perhiasan, sebaiknya periksa terlebih dahulu harga emas di pasaran untuk mengetahui emas mana yang lebih menguntungkan.

Jika harga emas sedang tidak stabil dan cenderung naik turun selama beberapa minggu, lebih baik Anda menunda dulu keinginan untuk berinvestasi

Tidak hanya itu, sangat disarankan juga untuk tidak melakukan investasi saat harga emas di harga tertinggi. Hal ini memiliki resiko besar dan biasanya dapat menimbulkan kerugian di masa yang akan datang.

3. Beli Emas di Tempat Terpercaya

Poin ini sangat penting sebagai pertimbangan saat membeli emas batangan atau perhiasan. Jangan sampai Anda beli emas palsu atau dengan kadar yang tidak sesuai dengan harga.

Oleh karena itu, pilih lembaga atau toko emas yang aman dan terpercaya. 

Mulai Investasi dengan Program Cicilan Emas dari Ci-Mas

Investasi emas bukan hanya mimpi! Sekarang Anda bisa memiliki emas dengan modal yang kecil. Ci-Mas menawarkan program cicilan emas aman dan terpercaya dengan jaminan emas batangan (ANTAM). 

Proses pengajuan mudah dengan jangka waktu kredit emas maksimum 24 bulan. Tidak perlu khawatir karena Ci-Mas diawasi oleh OJK. 

Jika Anda masih punya pertanyaan, silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lengkap. 

Bagaimana? Menurut Anda lebih untung yang mana, investasi emas batangan atau perhiasan? Setiap jenis investasi emas memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Semoga Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Close

Lescadana

Customer Services