Ingin Investasi Emas Antam di PIK? Ini Dia Tips-tips dan Rekomendasi Tempatnya

20 March 2023

Investasi Emas Antam

Selain investasi dalam bentuk saham saat ini investasi emas juga sudah mulai diminati banyak orang, Hal ini dikarenakan investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang populer di seluruh dunia karena dianggap sebagai instrument investasi yang relatif stabil dan aman dalam jangka panjang. Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan saja tetapi juga dalam bentuk investasi karena ada beberapa jenis investasi emas, seperti emas batangan/emas antam, emas perhiasan, dan reksadana emas. Melakukan investasi emas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk jangka panjang. Namun, sama seperti risiko lainnya investasi juga memiliki risiko. Anda harus siap untuk menghadapi fluktuasi harga yang tajam dan risiko likuiditas jika anda memilih investasi dalam bentuk emas batangan. Tetapi risiko investasi emas relatif lebih rendah dibandingkan dengan investasi saham dari properti.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu apa saja tips dalam melakukan investasi emas. Berikut diantaranya:

Tips Memulai Investasi Emas

1. Pelajari pasar emas

Sebelum memulai investasi emas, penting untuk memahami pasar emas dan trennya. Anda bisa mempelajari sejarah harga emas, faktor-faktor yang mempengaruhi harga, dan cara membeli dan menjual emas.

2. Tentukan tujuan investasi

Sama seperti menabung, sebelum anda memulai investasi emas ada baiknya anda harus memiliki tujuan yang jelas untuk investasi emas anda. Pikirkan apakah anda ingin menghasilkan keuntungan investasi emas dalam jangka panjang atau hanya ingin melindungi kekayaan anda dari inflasi. Jangan sampai anda sudah memulai investasi namun masih belum tahu apa tujuan yang sebenarnya.

3. Tentukan jenis investasi emas

Ada beberapa cara untuk berinvestasi dalam emas, seperti membeli emas fisik seperti batangan atau koin, atau berinvestasi melalui reksa dana emas. Pilih jenis investasi yang paling sesuai dengan tujuan anda dan kemampuan finansial anda.

4. Lakukan riset

Sebelum membeli emas, penting juga bagi anda melakukan riset untuk menemukan penjual tepercaya dan harga yang wajar. Jangan ragu untuk membandingkan harga dari beberapa penjual dan memeriksa reputasi mereka sebelum membeli.

5. Pertimbangkan biaya

Ingatlah bahwa investasi emas juga memiliki biaya seperti biaya produksi, biaya penyimpanan, dan biaya penjualan. Maka dari itu pastikan anda sudah mempertimbangkan biaya ini dalam perhitungan anda.

6. Diversifikasi portofolio

Diversifikasi adalah strategi investasi dimana dengan meletakkan investasi pada jenis instrument investasi dengan tujuan mengurangi resiko. Oleh karena itu emas adalah salah satu jenis investasi yang dapat membantu anda melindungi portofolio anda dari risiko. Namun, pastikan anda tidak hanya mengandalkan investasi emas saja. Diversifikasi portofolio anda dengan investasi lain yang sesuai dengan profil risiko.

5. Pertimbangkan waktu investasi

Investasi emas membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan keuntungan yang signifikan. Maka dari itu anda sudah memastikan memiliki waktu dan kesabaran yang cukup untuk berinvestasi dalam emas.

Cara Pilih Investasi Emas

Sebelum memilih tempat investasi emas sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat yang akan dikunjungi. Pilihlah tempat investasi emas yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di pasar. Anda dapat melakukan riset online atau bertanya pada teman atau keluarga yang telah berinvestasi emas sebelumnya untuk mendapatkan referensi.Pastikan tempat investasi emas tersebut terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini penting untuk memastikan bahwa tempat investasi tersebut beroperasi secara legal dan aman.

Berikut rekomendasi tempat investasi emas yang aman dan terpercaya

1. PT. Antam Logam Mulia

Merupakan salah satu tempat terpercaya dan resmi dalam perdagangan emas. PT. Antam Logam Mulia memiliki beberapa kantor cabang di Jakarta, seperti di Pusat Perdagangan Blok M Square dan Plaza Senayan.

2. PT. Pegadaian (Persero)

Selain menjadi tempat gadai, PT. Pegadaian juga menyediakan layanan investasi emas dengan produk yang bisa diperjualbelikan. Anda bisa datang ke kantor cabang terdekat di Jakarta untuk melakukan transaksi.

3. PT. Sinar Rezeki Handal

PT. Sinar Rezeki Handal merupakan salah satu tempat investasi emas yang terpercaya di Jakarta. PT. Sinar Rezeki Handal memiliki beberapa cabang di Jakarta, seperti di Mall Taman Palem, Mall Cipinang Indah, dan Jalan Gajah Mada.

4. PT. Emas Indonesia Raya

Tempat investasi emas yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Selain menjual emas batangan, PT. Emas Indonesia Raya juga menyediakan layanan jual beli emas online melalui website mereka.

5. Toko Emas Wah Chan

Toko Emas Wah Chan yang terletak di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, juga merupakan salah satu tempat investasi emas yang bisa dipertimbangkan. Selain menjual emas batangan, toko ini juga menyediakan berbagai perhiasan emas.

6. Bank Lescadana

Bank Lescadana Jakarta adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang berlokasi di PIK (Pantai Indah Kapuk) Jakarta Utara. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah lembaga keuangan yang bergerak di bidang perbankan yang fokus pada pemberian kredit kepada masyarakat. BPR didirikan untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki akses ke bank-bank komersial yang lebih besar dan lebih terkenal. Tujuan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan pembiayaan masyarakat kecil dan menengah, terutama yang tidak memiliki akses ke bank komersial. BPR bertujuan untuk memberikan pembiayaan yang terjangkau dan mudah diakses kepada masyarakat, seperti kredit usaha kecil, kredit mikro, kredit konsumsi, dan kredit perumahan.

Investasi emas antam dapat menjadi bagian dari portofolio diversifikasi, yaitu dengan membagi investasi di berbagai aset, sehingga dapat meminimalkan risiko dan memberikan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan emas dapat disimpan dengan mudah dalam bentuk fisik atau non-fisik, seperti sertifikat emas atau rekening emas, dan dapat diakses kapan saja.

Kemudahan Investasi Emas Antam

Berinvestasi pada emas tidak memerlukan modal yang besar. Apalagi saat ini banyak pihak yang menawarkan sistem pembayaran cicilan. Anda bahkan bisa membeli emas mulai dari pecahan 1 gram dibawah Rp 1 juta. Memilih tempat untuk membeli emas dengan sistem cicilan dapat menjadi keputusan penting yang perlu dipikirkan secara matang. Pastikan anda membeli emas dari penjual yang terpercaya. Lakukan riset online, tanyakan kepada teman atau keluarga yang pernah membeli emas dengan sistem cicilan, atau cek ulasan dari pelanggan sebelumnya.

Nah bagi anda yang sedang mencari tempat investasi dalam bentuk emas antam dengan harga cicilan jangan ragu untuk memilih kami sebagai solusi anda. Kami selalu mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk anda. Karena sesuai dengan visi dari kami yaitu menjadi bank yang bertumbuh sehat dengan tata kelola yang baik serta menjadi pilihan utama masyarakat dalam solusi keuangan.

Informasi Kontak Tempat Investasi Emas Antam

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui nomor telepon (021) 3005 1080 atau mengunjungi kami secara langsung mulai senin-jumat pukul 08.00 sampai pukul 16.00.

Close

Lescadana

Customer Services