Harga Emas Hari Ini Turun! Segera Borong Antam Untuk Investasi

25 December 2022

Harga emas hari ini untuk jenis antam mengalami penurunan bila dibandingkan harga Sebelumnya. Informasi tersebut merujuk pada update harga emas di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam. 

Untuk harga dasar emas 24 karat ukuran paling kecil yaitu 0,5 gram hari ini dijual senilai Rp 557.000. Harga tersebut turun Rp1.000 bila dibandingkan dengan harga pada hari Rabu kemarin yaitu Rp558.000. Kemudian, untuk emas antam 1 gram turun Rp 2000 bila dibandingkan harga per hari ini yaitu Rp 1.014.000. 

Adapun untuk harga emas dengan ukuran tertinggi 500 gram dijual senilai Rp 477.320.000 sedangkan cetakan 1.000 gram dibanderol dengan harga Rp 954.600.000. 

Selain harga dasar, untuk harga jual kembali (buyback) emas Antam berada di level Rp914.000 per gramnya. Harga tersebut mengalami penurunan Rp2.000 dari harga kemarin. Tetapi, harga buyback ini belum termasuk pajak jika nominal penjualannya lebih dari Rp10 juta.

Berdasarkan PMK No 34/PMK.10/2017 tentang penjualan kembali emas batangan ke PT ANTAM Tbk dengan nominal lebih dari Rp 10 juta akan dikenakan PPh 22 sebesar 1,5% untuk pemegang NPWP dan 3% untuk non NPWP. PPh 22 tersebut berdasarkan atas transaksi buyback dipotong langsung dari total nilai buybacknya. 

Sementara itu, untuk pembelian emas batangan akan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45% untuk pemegang NPWP dan 0,90% untuk non NPWP. Untuk setiap pembelian emas batangan harus disertai dengan bukti potong PPh 22 sesuai dengan peraturan di atas.

Rincian Lengkap Harga Emas Hari Ini

Meskipun harga emas relatif stabil dari waktu ke waktu. Namun, sering kali mengalami kenaikan atau penurunan harga meskipun tidak terlalu signifikan. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin membeli emas lebih untuk investasi tentunya harus selalu update dengan harga emas per harinya. 

Oleh karena itu, berikut kami lampirkan rincian lengkap harga emas hari ini untuk Anda.. Harga yang tertera merupakan harga dasar dari Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam.

  • Emas batangan 0,5 gram Rp 557.000
  • Emas batangan 1 gram Rp 1.014.000
  • Emas batangan 2 gram Rp 1.968.000
  • Emas batangan 3 gram Rp 2.927.000
  • Emas batangan 5 gram Rp 4.845,000
  • Emas batangan 10 gram Rp 9.635.000
  • Emas batangan 25 gram Rp 23.962.000
  • Emas batangan 50 gram Rp 47.845.000
  • Emas batangan 100 gram Rp 95.612.000
  • Emas batangan 250 gram Rp 238.765.000
  • Emas batangan 500 gram Rp 477.320.000
  • Emas batangan 1000 gram Rp 954.600.000

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Investasi Emas?

Kapan waktu yang tepat untuk investasi emas? Pertanyaan tersebut seringkali diajukan oleh seorang pemula yang ingin mencoba investasi emas. Tentu saja hal tersebut ditanyakan agar Anda tidak rugi pada saat melakukan investasi. 

Sebenarnya waktu yang tepat untuk investasi emas adalah disaat Anda mempunyai dana untuk membeli emasnya. Anda bisa memulai dengan membeli emas antam eceran terlebih dahulu seperti 2 gram atau 5 gram. 

Jika ingin lebih untung, Anda dapat membeli emas saat rupiah melemah atas dolar AS. Pasalnya, harga emas sangat dipengaruhi oleh mata uang dolar. Oleh karena itu, seringlah memantau perkembangan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan pergerakan harga emas. 

Seperti pada hari ini, disaat harga dasar emas turun maka Anda bisa segera membelinya untuk investasi. Akan tetapi, karena harga emas tidak begitu signifikan perubahannya. Anda harus sabar dalam melakukan investasi emas karena waktunya cukup panjang antara 5 sampai 10 tahun untuk bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. 

Tips Investasi Emas yang Bikin Untung

Salah satu tujuan melakukan investasi emas tentunya agar Anda mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, dalam berinvestasi emas Anda tidak bisa melakukannya sembarangan. Agar lebih untung, Anda dapat melakukan tips dibawah ini:

1. Menentukan Terlebih Dahulu Tujuan Investasi  Emas untuk Apa

Sebelum memulai investasi emas, Anda perlu menentukan tujuan Anda dalam berinvestasi. Misalnya, tujuan utama adalah untuk pendidikan, tabungan di masa tua atau untuk keperluan lainnya. 

Jika sudah pasti tujuan investasi emas itu untuk apa, Anda dapat memperkirakan waktu investasinya berapa lama. Seperti yang sudah di bahas di atas, investasi emas itu harus dalam jangka waktu yang lama agar dapat merasakan keuntungannya. 

2. Selalu Memantau Perkembangan Harga Emas

Naik turunnya harga emas jarang terjadi secara mendadak. Perubahan harganya selalu berada dalam taraf yang wajar. Sehingga, ketika ada penurunan harga yang cukup tinggi Anda dapat membeli emas lebih dari yang dianggarkan sebelumnya. 

Sedangkan, pada saat harga emas naik cukup tinggi. Anda jangan terlalu terburu-buru dalam menjualnya. Tetaplah konsisten menyimpan dan menabung emas lebih lama agar lebih untung di kemudian hari. 

Selalu pantau perkembangan emas agar Anda dapat memperkirakan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas tersebut. 

3. Tidak Membeli Emas di Sembarang Tempat

Emas merupakan barang yang tergolong mewah dimana harganya juga tinggi. Akan tetapi, tempat penjualan emas dapat dengan mudah Anda temui karena tersebar di pusat perbelanjaan berbagai daerah. 

Meskipun mudah ditemui, Anda tidak boleh membeli emas di toko sembarangan. Belilah emas di toko yang terpercaya dan sudah terjamin kredibilitasnya. Apalagi jika ingin membeli emas batangan. 

Anda dapat membeli emas dari Antam atau pegadaian yang sudah terjamin takaran karatase dan legalitasnya. Kemudian, jika pembeliannya secara online, pilihlah bank atau pegadaian yang sudah diawasi oleh OJK. 

Itulah ulasan seputar harga emas hari ini dan tips untuk melakukan investasi emas agar lebih menguntungkan. Segera lakukan investasi emas untuk simpanan di masa depan

Close

Lescadana

Customer Services