Apakah Berinvestasi Dalam Emas Sebuah Ide Buruk? Inilah Yang Harus Anda Ketahui

07 February 2022

Emas sudah menjadi komoditas berharga bagi investor selama berabad-abad, digunakan sebagai mata uang dan simbol kekayaan dalam berbagai cara sepanjang waktu. Meskipun demikian, selalu ada dua sisi dari emas—berinvestasi dalam emas adalah ide yang menguntungkan, dan berinvestasi dalam emas adalah ide yang merugikan—dan kemudian ada kebenarannya. Kebenaran selalu berada di suatu tempat di tengah dan, dalam hal ini, kebenaran berakar pada banyak faktor yang mencakup tujuan investasi Anda, cakrawala waktu dan, pada akhirnya, strategi investasi Anda. Untuk mengetahui apakah berinvestasi emas adalah ide yang baik atau tidak, mari simak penjelasan berikut!

Kekurangan Investasi Emas
Tentu, emas bisa berisiko dan memiliki beberapa kontra, seperti halnya semua investasi. Sebagai contoh…

  • Pengembalian emas cenderung buruk. Jika Anda membeli emas fisik atau perhiasan emas, misalnya, Anda mungkin tidak memperoleh penghasilan sebanyak saat Anda menjualnya seperti yang Anda bayarkan saat membelinya.
  • Menyimpan emas fisik dengan aman bisa jadi sulit, karena rentan terhadap pencurian.
  • Emas tidak akan pernah menjadi sumber pendapatan yang pasif dan tetap. Anda membeli dan menjualnya, tetapi tidak menghasilkan bunga majemuk seperti saham, misalnya, dari waktu ke waktu.

3 Kelebihan Berinvestasi dalam Emas
Tetapi di mana ada risiko, ada juga imbalan, yang, bagi sebagian orang, berarti alasan. Berikut tiga alasan untuk mempertimbangkan emas sebagai investasi.

  1. Emas mudah dicairkan
    Anda dapat membeli emas fisik dalam dua bentuk utama: koin emas atau emas batangan, yang mengandung tingkat kemurnian. Nilai emas Anda tidak terletak pada kondisinya maupun kelangkaannya, melainkan pada kandungan emasnya. Meskipun nilai ini dapat berubah, salah satu alasan utama investor beralih ke emas adalah karena emas fisik mudah dilikuidasi. Selalu ada pembeli yang siap membeli emas, bahkan jika tingkat pengembaliannya tidak seperti yang Anda harapkan.
  2. Emas cenderung pulih dengan cepat.
    Anda juga dapat berinvestasi emas dengan membeli saham pertambangan emas, kontrak berjangka emas, dan dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF). Investor telah menemukan bahwa emas cenderung memulihkan nilainya secara relatif cepat melalui volatilitas pasar yang tak terhindarkan. Itu sebagian besar karena, seringkali, berfluktuasi bertentangan dengan perubahan ekonomi. Lihat saja sejarah. Harga emas meroket pada tahun 2000-an, bahkan selama resesi pada tahun 2008. Ketika ekonomi tenggelam, harga emas terus naik. Pada tahun 2020, harga emas juga mengalami kenaikan dengan harga tertinggi dalam sejarah pada bulan Agustus—meskipun terjadi krisis COVID-19.
  3. Emas mendiversifikasi portofolio Anda.
    Karena emas adalah komoditas alternatif, emas membantu mendiversifikasi portofolio investasi Anda dan, dengan melakukan itu, memberikan lindung nilai yang kuat terhadap inflasi. Tingkat emas cenderung tetap tidak terpengaruh oleh inflasi karena emas mempertahankan nilainya lebih dari investasi Anda yang lain yang didukung oleh rupiah. Ini berarti bahwa, ketika nilai rupiah Anda turun, itu tidak berarti bahwa nilai emas Anda juga akan turun (atau setidaknya tidak harus turun karena alasan yang sama).

Bagaimana Berinvestasi dalam Emas?
Anda memiliki berbagai pilihan untuk berinvestasi emas. Anda dapat, misalnya, berinvestasi dalam emas fisik dengan membeli koin emas atau emas batangan yang disebutkan di atas, serta perhiasan emas. Sekali lagi, Anda juga bisa berinvestasi dalam saham dan ETF yang berfokus pada emas. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi dalam emas digital.

Itulah jawaban atas pertanyaan “apakah berinvestasi emas adalah ide yang baik atau tidak”. Nah, bagi Anda yang tertarik dan ingin berinvestasi emas, khususnya emas digital, maka Anda dapat mempercayakannya pada Bank Lescadana.

Bank Lescadana
Bank Lescadana adalah hasil pengambilalihan (akuisisi) beberapa Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) yang dimulai pada tahun 2018 dengan tujuan utama untuk membangun lembaga keuangan yang sehat, terpercaya, dan aman. Mengikuti perkembangan zaman, kami selalu mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk Anda, terutama: Tabungan yang aman dengan akses mudah setiap saat, deposito bunga menarik dan layanan terpercaya, kredit dengan bunga rendah dan proses mudah, serta cicilan dan pembelian emas dengan mudah dalam program Ci-Mas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi emas dari Bank Lescadana, bisa Anda peroleh melalui website official Bank Lescadana di https://www.banklescadana.co.id/.

Close

Lescadana

Customer Services