Tips Investasi Emas Bagi Pemula, Pastinya Aman dan Menguntungkan!

07 September 2021

Emas tak hanya berfungsi sebagai perhiasan, tapi juga solusi investasi yang menguntungkan. Hal ini karena emas memiliki harga yang cenderung naik setiap tahunnya bahkan jarang menurun secara signifikan. 

Kini emas banyak diburu sebagai alat investasi yang mudah didapat karena ada di setiap wilayah di Indonesia. Namun, Anda harus tahu tips investasi emas bagi pemula agar bisa untung maksimal.

Sebagai pemula, Anda tak perlu memiliki banyak penghasilan dalam memulai investasi. Jika menunggu nanti, maka kesempatan akan terbuang dan tak bisa diulang kembali. Nah, berikut ini tips buat Anda yang akan memulai investasi emas.

1. Perhatikan Kemampuan Fiinansial

Berinvestasi harus menggunakan dana yang tak terpakai atau istilahnya ‘uang nganggur’. Jika tiap bulan Anda memiliki surplus, maka kelebihan itu dapat dialokasikan dalam investasi.

Jangan pernah rela berhutang hanya untuk investasi, terutama dengan tujuan sekadar ingin mendapat banyak untung. Ingat, Anda harus punya dana darurat yang memadai sebelum memutuskan untuk rutin berinvestasi.

Misalnya dengan menyiapkan dulu dana darurat untuk 6-12 bulan sebelum memulai investasi. Hal ini disebabkan ketidakpastian jumlah pengeluaran tak terduga di masa mendatang. 

2. Perhatikan Waktu Investasi Emas yang Tepat

Saat Anda sudah punya keinginan untuk segera berinvestasi emas, maka rajinlah memantau harga emas di pasaran setiap hari. Tak hanya itu, Anda juga perlu mempelajari kecenderungan tren pergerakan harga emas di pasaran. 

Hal ini akan berguna untuk menentukan waktu terbaik dalam membeli ataupun menjual emas, sehingga keuntungan yang diperoleh pun bisa maksimal. Adapun waktu terbaik untuk berinvestasi emas ialah membeli emas ketika harganya turun lalu menjualnya saat harganya naik.

3.  Penyimpanan Emas yang Aman

Menyimpan emas dalam jumlah besar memang ada risiko hilang. Oleh karena itu, Anda harus menyimpannya di brankas rumah atau bisa juga dengan safe deposit box (SDB) -- suatu layanan di bank untuk menyimpan barang-barang berharga. 

4. Pantau Perkembangan Harga Emas secara Berkala

Tips investasi emas bagi pemula selanjutnya yaitu terus memantau secara berkala perkembangan harga emas. Memantau harga emas tidak begitu sulit, lantaran sudah banyak situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap hari. 

5. Beli Emas di Tempat yang Terpercaya

Jika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi emas, maka tempat pembelian yang terpercaya menjadi faktor penting. Ada beberapa tempat yang menjual emas antam atau batangan untuk investasi. 

Namun, ada baiknya Anda membeli emas di situs resmi dan terpercaya. Dengan mengecek, apakah emas yang hendak Anda beli memiliki surat dan sertifikat, mengingat tak sedikit penjual yang ingin menjual logam mulai dengan cepat tanpa sertifikat. 

Salah satu solusi bagi Anda yang ingin membeli emas di tempat yang terpercaya adalah Ci-Mas! Ci-Mas adalah penyedia layanan cicilan emas yang telah terdaftar dan diawasi oleh Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Anda bisa membeli emas dengan membayarkan uang muka sebesar 10% dari harga asli, yang kemudian bisa Anda cicil dengan bunga rendah. Jangka waktu peminjaman maksimal 24 bulan. 

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir karena emas dijamin adalah emas batangan asli (ANTAM) dan dapat disimpan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan. 

Cek syarat lengkapnya di sini atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. 

Itulah tips investasi emas bagi pemula yang mudah sekali untuk diterapkan. Investasi yang baik dimulai dari sekarang tanpa menunggu nanti. Semoga Anda sukses dalam berinvestasi emas!

Close

Lescadana

Customer Services