Mengenal Tentang Kredit Multiguna, Manfaat, Serta Jenisnya

22 December 2021

Apa itu pengertian Kredit Multiguna serta manfaat dan jenis-jenisnya? Simak penjelasan berikut ini. 

Salah satu produk kredit yang akan memberikan fasilitas pinjaman dimana peminjam diharuskan untuk memberikan agunan dikenal sebagai Kredit Multiguna. 

Kredit Multiguna adalah produk dari perbankan dimana fasilitas pinjaman akan diserahkan terhadap debitur yang diwajibkan untuk memberikan jaminan atau kredit agunan rumah. 

Jumlah pinjaman yang diberikan untuk peminjam relatif lebih fleksibel dan besar, sehingga jaminan milik kreditur bisa ditaksir pihak bank berdasarkan limit kreditnya. 

Anda dapat mengajukan kredit multiguna ini dengan pihak terkait, misalnya saja lembaga multifinance dan lembaga perbankan. 

Kedua dari lembaga ini termasuk lembaga keuangan yang memberikan layanan angsuran dengan menerapkan suku bunga kredit multiguna yang berbeda dan proses persetujuan.

Dengan adanya besaran pinjaman yang didapatkan harus disesuaikan dengan taksiran harga barang yang biasanya dijadikan sebagai jaminan.

Lain halnya, dengan pinjaman kilat yang mempunyai limit lebih kecil atau KTR uang limit pinjamannya sesuai dengan kepemilikan kredit.

Sedangkan, Kredit Multiguna sendiri ditentukan dari limit pinjaman yang berdasarkan nilai aset.

Manfaat dari Kredit Multiguna

Dibawah ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari adanya angsuran multiguna.

1. Plafon Pinjaman Sangat Tinggi

Plafon atau limit pinjaman yang tinggi menjadi salah alasan kenapa angsuran multiguna dijadikan sebagai alternatif oleh banyak orang.  

Lembaga keuangan dapat mengurangi resiko kerugian jika nasabah gagal membayar pinjaman, dengan menggunakan jaminan aset yang berharga.

Secara umum,  jumlah dari limit pinjaman yang diberikan sebesar 2 juta rupiah sampai 2 miliar rupiah. 

2. Tenor yang Diberikan Panjang

Umumnya, lembaga keuangan yang menawarkan batas waktu, akan menjaga aset berharga Anda itu yang dijadikan sebagai jaminan.

Sehingga Anda dapat terhindar dari adanya resiko kemacetan kredit. Umumnya, tenor yang dapat diberikan sekitar 5 sampai 10 tahun. 

3. Jumlah Dana yang Diperoleh Lebih Besar

Anda bisa memperoleh jumlah pinjaman dana yang lebih besar jika dibandingkan dengan KTA, sebab nilai aset yang diamankan juga besar. 

Bahkan, dana yang nantinya digunakan untuk keperluan harus dipenuhi. Misalnya saja, dalam mengembangkan investasi pendidikan maupun bisnis ke jenjang yang lebih besar. 

4. Risiko Adanya Pembiayaan Multiguna 

Aset berharga yang Anda miliki kapan saja bisa disita, jika Anda tidak mampu melunasi pembayaran ataupun gagal bayar. 

Oleh sebab itu, Anda harus mengusahakan untuk selalu bertanggung jawab dengan apa yang dipinjam pertimbangkan lebih dulu sebelum menjamin aset penting yang dimiliki. 

5. Dibanding KTA Proses Pengajuannya Lebih Lama

Proses pengajuan pembiayaan tidak dapat secepat KTA, sebab aset yang dijaminkan jauh lebih besar. 

Hal ini karenakan lembaga keuangan harus dapat memeriksa terlebih dahulu, atas aset yang diajukan apakah sudah sesuai atau tidak dengan kriterianya. Disarankan Anda bisa mengajukan pinjaman jauh-jauh hari, supaya tidak mepet waktunya. 

Jenis-Jenis Pinjaman Kredit Multiguna

Di bawah ada ada jenis-jenis angsuran multiguna yang bisa dimanfaatkan. 

1. Kredit Kendaraan Bermotor

Untuk Anda yang pernah membeli motor dengan menggunakan kredit, pasti sudah sering mendengar jaminan berupa BPKB motor. Jaminan ini nantinya akan diserahkan oleh leasing.

Pembeli nantinya harus memberikan angsuran motor yang dibeli setiap bulannya, sesuai dengan perjanjian yang dibuat oleh pihak kedua.

Angsuran yang biasanya ditetapkan berupa BPKB yang diserahkan langsung, jika ada keterlambatan membayar angsuran, nasabah akan dikenakan  denda dan motor akan diambil apabila tidak dapat melunasi.

Namun, Anda tidak perlu terlalu cemas, karena pihak leasing tidak dapat menarik motor secara sembarangan. Sebab, ada aturan dari pemerintah yang berisi mengenai pinjaman. Dimana pinjaman yang merupakan milik peminjam akan dipegang oleh pihak leasing hingga dilunasi.

2. KPR/Kredit Pemilikan Rumah

Kredit agunan paling murah yang saat ini banyak disukai oleh orang yang telah berkeluarga, namun tidak mempunyai tempat tinggal tetap, dikenal dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan

3. Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Umumnya KPA dan KPR hampir sama, hanya saja berbeda di objeknya. KPA untuk Apartemen dan KPR untuk Rumah bahkan syarat yang diajukan juga sama. 

Jadi, KPR akan memberikan nasabah berupa surat hak milik rumah sebagai jaminan hingga lunas. Jika terjadi keterlambatan pembayaran maka ada denda yang harus dibayar. 

Bahkan, ada yang sampai disita bank, jika tidak dapat melunasinya

4. Kredit Usaha Rakyat

Kredit usaha rakyat biasanya digunakan untuk orang yang sedang menjalankan usaha yang telah ada.

Jaminan ini biasanya digunakan oleh peminjam, asalkan jumlah yang dipinjam tidak melewati nilai taksir jaminan. 

Alangkah baiknya, Anda melakukan pengajuan pinjaman yang disesuaikan dengan jumlah dana supaya tidak terlalu besar. 

Misalnya saja, aset yang menjadi jaminan dinilai bank apakah ditolak atau disetujui pengajuan pinjaman tersebut. Apabila pengajuan pinjaman telah disetujui maka dana bisa langsung dicarikan.

Apabila ada kredit yang macet akan langsung disita bank. Lalu, aset ini dapat langsung dilelang sesuai dengan peraturan yang sudah berlaku, agar menutupi pinjaman nasabah yang tidak lunas. 

5. Pegadaian

Salah satu perusahaan berplat merah miliki pemerintah yang menyediakan jasa pinjaman uang, dengan agunan aset milik pribadi yang dikenal dengan Pegadaian. 

Ada beberapa aset yang bisa digunakan sebagai agunan berupa BPKB kendaraan bermotor, sertifikat rumah, emas, laptop dan barang yang memiliki nilai jual. 

6. KREASI/Kredit Angsuran Fidusia

Pinjaman yang diajukan khusus kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya dengan menggunakan skema penjaminan fidusia dikenal sebagai pegadaian KREASI (Pegadaian Angsuran Fidusia). 

Kredit KREASI adalah salah satu inovasi dari produk lama yang dikenal Kredit Kelayakan Usaha Pegadaian. 

Pinjaman KREASI ini memiliki berbagai kelebihan, misalnya saja kendaraan bermotor yang dapat digunakan untuk usaha, sebab yang dijadikan jaminan adalah BPKB asli. 

Pinjaman yang nantinya dikasih sebesar 3 juta hingga 200 juta, namun sesuai dengan minimal biaya operasional usaha sekitar setahun. 

7. KRASIDA/Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai

KRASIDA hampir sama dengan KREASI, namun memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan KREASI, misalnya saja, jaminan berupa emas, tidak hanya BPKB motor.

Pinjaman ini diberikan hanya sekitar 20 juta sesuai dengan minimal operasional. 

Ajukan Kredit Multiguna Sekarang di Bank Lescadana!

Anda butuh dana besar untuk keperluan pengembangan usaha?

Bank Lescadana siap membantu dengan Kredit Multiguna sebagai pilihan alternatif dengan kredit mudah dan cepat cair. 

Keunggulan mengambil Kredit Multiguna dengan Bank Lescadana adalah:

  • Bunga lebih bersaing dari BPR lain
  • Process cepat dan mudah
  • Persyaratan dan aplikasi mudah
  • Aman & terpercaya
  • Limit pinjaman tinggi
  • Masa tenor panjang
  • Pemakaian fleksibel

Yuk, mulai ajukan kredit dengan Lescadana dengan menghubungi tim kami yang akan selalu siap membantu Anda. 

Demikianlah informasi mengenai manfaat dan jenis-jenis kredit multiguna yang bisa dijadikan informasi untuk Anda.

Close

Lescadana

Customer Services