Kredit Emas: Ketahui Manfaat dan Strategi Tepat Biar Lebih Cuan

31 October 2022

Kredit merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membeli barang dengan cara dicicil. Cara pembelian barang dengan kredit banyak dilakukan orang karena lebih mudah dan dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki. 

Oleh karena itu, banyak bank, pegadaian atau perusahaan jasa keuangan yang menawarkan fasilitas kredit emas. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah “kredit emas”, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai pengertian, manfaat dan bagaimana strategi yang harus dilakukan. 

Pengertian Kredit Emas

Kredit emas adalah salah satu jenis pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga atau perusahaan jasa keuangan untuk memiliki emas dengan cara pembelian dicicil. Umumnya kredit emas sama saja dengan kredit lainnya seperti kredit kendaraan bermotor (KKB) atau rumah (KPR). 

Hal yang membedakannya adalah jenis emas yang bisa dicicil hanya emas tertentu saja yaitu logam mulia. Kemudian, emas tidak dapat langsung diberikan sebelum cicilan Anda dilunasi. Untuk pembiayaan maksimum biasanya hanya 75%-80% dari nilai emas yang akan dibeli. Sehingga Anda tetap harus menyediakan sendiri dana awal sekitar 25%.

Bank juga akan membebankan margin atas nilai emas yang akan dibeli kepada debitur. Sehingga Anda perlu membayar sejumlah pinjaman yang meliputi harga pembelian dan margin (dalam persentase). 

Akan tetapi, semua ketentuan dan diberikan berbeda-beda tergantung dari bank atau pegadaian yang Anda pilih. Oleh karena itu, jika ingin mencoba melakukan kredit emas sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bank atau pegadaian yang aman, terpercaya dan menawarkan banyak keuntungan untuk debitur.

Manfaat Melakukan Kredit Emas

Sebagian hasil gaji yang didapatkan tentu harus disimpan untuk ditabung untuk simpanan di masa depan. Pilihannya antara ditabung atau diinvestasikan tentu banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi. Sebagai salah satu alternatif investasi dengan resiko yang kecil adalah emas. 

Untuk melakukan investasi emas Anda dapat memilih dengan membeli secara langsung atau kredit. Keduanya memiliki keunggulannya dan resiko yang berbeda-beda. Akan tetapi, untuk ulasan berikut ini yang akan dibahas adalah manfaat melakukan kredit Emas. Apa saja kira-kira? Langsung saja simak paparan berikut ini.

1. Kredit Emas untuk Tabungan Masa Depan

Emas bisa menjadi salah satu tabungan jangka panjang karena tidak mudah dibelanjakan. Anda tentu tidak mungkin menggunakan sembarang karena emas yang dibeli dengan cara kredit akan disimpan di bank sampai tagihan lunas. Setelah lunas barulah akan diserahkan kepada pemiliknya untuk digunakan atau disimpan sesuai keinginannya.

2. Sebagai Alternatif Ketika Membutuhkan Dana Darurat 

Kebutuhan yang mendesak memang terkadang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja tanpa bisa ditentukan. Oleh karenanya, Anda perlu mempersiapkan tabungan atau bahkan barang-barang berharga untuk digadaikan. 

Kini dengan melakukan kredit emas Anda tidak perlu khawatir jika membutuhkan dana mendesak. Pasalnya, Anda dapat menggadaikan emas yang Anda cicil tersebut sesuai dengan jumlah dana yang sudah Anda bayarkan. 

3. Membantu Anda Disiplin Menabung

Menabung memang cukup sulit bagi sebagian orang, apalagi jika income yang didapatkan hanya terbatas dari gaji sedangkan kebutuhan cukup banyak. Selain itu, jika menabung dalam bentuk uang juga sering tak terkontrol karena digunakan tanpa jelas kebutuhannya. 

Oleh karena itu, kredit emas bisa sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin disiplin menabung. Pasalnya, setiap bulannya Anda akan dituntut untuk  membayar cicilan yang sudah disepakati di awal dengan pihak bank. Hal ini lama kelamaan membuat Anda disiplin karena harus menyisihkan dana untuk membayar kredit emas. 

Bagaimana Strategi Kredit Emas yang Tepat Biar Lebih Cuan?

Melakukan kredit emas memang cukup mudah apalagi diera modern seperti ini. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati karena banyak penipuan yang mengatasnamakan investasi. Selain itu, melakukan kredit emas juga butuh strategi agar Anda lebih untung nantinya. 

Jangan terlalu tergesa-gesa jika hendak melakukan sesuatu termasuk membeli emas apalagi dengan cara dicicil. Bukannya untuk justru nantinya malah membuat Anda rugi. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal-hal tersebut sebaiknya ketahui bagaimana strategi yang tepat untuk melakukan kredit emas agar Anda bisa lebih cuan. 

1. Membuat Perencanaan Keuangan 

Sebelum memutuskan untuk melakukan kredit emas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan keuangan. Anda sudah mengetahui bahwa emas memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari beratnya.

Jika sudah membuat perencanaan keuangan tentu Anda akan mengetahui dana yang bisa Anda gunakan untuk kredit emas berapa. Hal ini juga untuk menghindari terjadinya kemacetan kita membayar cicilan. 

2. Melakukan Pengecekkan Harga Emas Terbaru

Pastikan Anda up to date dengan harga emas yang terbaru. Untuk mendapatkan harga rendah pada saat hendak mengajukan kredit emas. Kemudian, pada saat harga naik, Anda dapat menjual emas agar lebih untung. Cari tahu informasi terbaru harga emas di situs internet yang terpercaya agar lebih akurat. 

3. Memilih Bank atau Pegadaian yang Tepat

Hal yang tidak kalah penting yaitu memilih bank atau pegadaian yang tepat untuk mencicil emas. Pasalnya setiap bank akan menawarkan berbagai keunggulan yang berbeda-beda. Anda perlu mencari tahu mana bank yang lebih menguntungkan untuk Anda. 

Namun, tetap harus waspada terhadap berbagai penawaran yang jauh berbeda dengan bank lainnya. Anda patut untuk melakukan pengecekan terhadap kredibilitas bank tersebut agar terhindar dari penipuan.

4. Pilih Jangka Waktu Kredit yang Tepat

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa jangka waktu kredit yang semakin lama maka akan semakin besar pula biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kredit emas jangka waktu panjang. Tetapi, pilihlah kredit emas dengan jangka waktu pendek untuk menghindari biaya tambahan. 

5. Membayar dan Melunasi Cicilan Tepat Waktu

Strategi terakhir yang bisa membuat ANda terhindar dari kerugian adalah menghindari tunggakan. Jika Anda membayar dan melunasi cicilan tepat waktu tentunya akan terhindar denda. Kemudian, resiko yang harus Anda tanggung jika tidak berhasil melunasi kredit emas Anda. Maka, emas tersebut akan dilelang untuk melunasi sisa kredit yang belum dibayarkan kepada bank. 

Melakukan pengajuan kredit emas bisa menguntungkan dan juga merugikan Anda. Tinggal bagaimana Anda mengatur strategi yang tepat pada saat melakukannya. Ingat! pastikan Anda memilih bank atau pegadaian yang tepat untuk mewujudkan cita-cita Anda memiliki emas dan tentunya biar lebih cuan

Close

Lescadana

Customer Services