Gadai atau Jual Emas? Untung Mana?

11 October 2021

Belakangan ini, harga emas terbilang mahal dan harganya selalu naik. Hal ini bisa saja membuat sebagian orang yang memiliki investasi emas ingin menjual atau menggadaikan emasnya. 

Namun, sebagian orang bingung antara menggadaikan emas atau menjualnya langsung. Pasalnya, kedua hal ini bisa memberikan dana tunai yang cepat. 

Akan tetapi, mana yang lebih baik? Gadai emas atau jual emas? Yuk, simak ulasan berikut ini jika Anda ingin tahu lebih baik gadai emas atau jual emas. 

Kelebihan dan Kekurangan Gadai Emas

Menggadaikan emas adalah solusi untuk orang yang ingin mendapatkan dana tunai cair cepat, tapi masih tidak ingin melepaskan emas yang dimiliki. 

Jika Anda ingin tahu mana yang lebih baik antara gadai emas dan jual emas, maka ketahui dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan Gadai Emas

Nah, berikut ini adalah kelebihan-kelebihan gadai emas yang perlu Anda ketahui. 

  • Emas masih milik Anda. Kelebihan gadai emas yang pertama yaitu Anda bisa mendapatkan uang tunai dengan cepat tanpa harus kehilangan emas Anda. Pasalnya, emas yang digadaikan ke pegadaian hanya sebagai jaminan dan belum menjadi milik pegadaian. Dengan demikian, jika Anda sudah membayar uang tebusan emas tersebut, maka Anda bisa mendapatkan emas itu kembali. 
  • Proses pencairan dana cepat. Menggadaikan emas di pegadaian prosesnya sangatlah cepat apabila dibandingkan dengan tempat lainnya. Jadi, solusi ini cocok sekali buat Anda yang ingin mendapatkan dana tunai yang cepat. 
  • Nilai gadai emas tinggi. Kelebihan yang selanjutnya yaitu emas memiliki nilai gadai yang tinggi  daripada gadai barang-barang lainnya. Dengan demikian, dana yang bisa Anda dapatkan akan jauh lebih banyak. 
  • Menghindari hutang. Menggadaikan emas juga bermanfaat untuk menghindari hutang. Sebab, Anda bisa menggadaikan emas sebagai jaminan dan mendapatkan dana darurat dengan cepat. 
  • Proses gadai lebih mudah. Kelebihan gadai emas yang selanjutnya yaitu prosesnya yang lebih mudah daripada menjual emas. Hal ini karena Anda tidak perlu surat bukti pembelian emas.

Kekurangan Gadai Emas

Selain Anda tahu kelebihan dari gadai emas, maka ketahui juga kekurangannya agar bisa Anda jadikan pertimbangan. 

  • Tidak bisa dipakai sementara. Apabila Anda menggadaikan emas yang berupa perhiasan, maka tentu Anda tidak bisa menggunakan perhiasan tersebut untuk sementara waktu selama waktu yang telah ditentukan. 
  • Nilai gadai lebih rendah. Kekurangan yang selanjutnya yaitu Anda akan mendapatkan nilai gadai yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai beli emas. 
  • Emas akan disita . Emas yang digadaikan bisa saja disita oleh pihak pegadaian apabila Anda tidak membayar uang tebusan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. 

Kelebihan dan Kekurangan Jual Emas

Setelah Anda tahu apa saja kelebihan dan kekurangan gadai emas, yuk ketahui juga kelebihan dan kekurangan jual emas. 

Kelebihan Jual Emas

Berikut ini deretan kelebihan dari jual emas yang perlu Anda ketahui. 

  • Harga emas lebih tinggi. Pada umumnya, toko akan membeli emas dengan harga buyback 4% dari harga emas pada saat Anda menjualnya. 
  • Proses pencairannya sangat cepat. Sama halnya seperti gadai emas, proses pencairan dana dengan cara menjual emas juga sangat cepat. Selain itu, tempat untuk menjual emas juga mudah untuk ditemukan, yakni di toko-toko emas terdekat di kota Anda. 

Kekurangan Jual Emas

Setidaknya, berikut 2 kekurangan jika Anda menjual emas: 

  • Tujuan menjadi terganggu. Hal ini berlaku untuk Anda yang memiliki tujuan atau goal untuk jangka waktu panjang. Pasalnya, emas yang sudah dijual tidak bisa Anda miliki lagi. 
  • Potensi mengalami kerugian. Anda akan merugi jika menjual emas saat emas sedang mengalami penurunan harga. Khususnya jika Anda menjual emas tersebut secara mendadak. 

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dari gadai emas dan jual emas yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Mulai Investasi Emas dengan Program Cicilan dari Ci-Mas

Jika Anda belum punya modal untuk investasi emas, Anda bisa memanfaatkan layanan cicil emas dari Ci-Mas. Melalui Ci-Mas, Anda bisa memulai investasi emas dengan DP yang sangat rendah, hanya sebesar 10% saja. 

Ci-Mas telah mengantungi izin dari OJK sehingga aman dan terpercaya. Bunga cicilan rendah, proses pengajuan juga tidak rumit. 

Mulai investasi emas sekarang bersama Ci-Mas! Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. 

Close

Lescadana

Customer Services