Emas Digital vs Emas Fisik: Manakah Pilihan Investasi yang Lebih Baik?

04 September 2021

Emas - suatu bentuk investasi, daya Tarik, dan beberapa bahkan mungkin membeli untuk mempertahankan status mereka. Emas telah menjadi bentuk investasi yang paling disukai orang selama 100 tahun terakhir. Segala bentuk emas - perhiasan, koin, biskuit, dll, emas selalu dijunjung tinggi karena maknanya yang menguntungkan. Namun, waktu berubah dan dengan munculnya teknologi, seluruh dunia cenderung ke arah digitalisasi, bentuk investasi dan emas tidak terkecuali. Pada artikel ini, kita akan mempelajari lebih dalam tentang investasi Emas Digital vs Emas Fisik.

 

Apa itu Emas Digital?

Di antara berbagai metode dan bentuk investasi emas, salah satu yang menjadi terkenal dalam waktu singkat adalah emas digital. Emas digital adalah alternatif investasi emas fisik yang tersedia bagi investor. Ini telah terbukti menjadi cara yang paling efisien dan hemat biaya untuk berinvestasi dalam emas.

 

Manfaat Berinvestasi Emas Digital

Jika dibandingkan dengan investasi emas fisik, emas digital memiliki banyak sekali manfaat yang ditawarkan. Beberapa keuntungan dari investasi emas digital adalah:

  • Tidak ada kekhawatiran tentang penyimpanan

Investasi emas digital tidak meminta Anda untuk penyimpanan tambahan atau biaya tambahan. Setelah Anda berinvestasi, tidak perlu khawatir tentang keamanan emas karena disimpan oleh perusahaan perdagangan di brankas aman atas nama investor.

  • Investasi dapat dilakukan dalam jumlah kecil

Investor dapat mulai berinvestasi dalam emas digital dengan sejumlah kecil uang. Dengan hak istimewa tanpa batas pembelian minimum, seseorang dapat mempertimbangkan emas digital untuk investasi kecil.

  • Kualitas

Hanya emas 24 karat yang dimiliki oleh investor dan kualitasnya tidak pernah dikompromikan. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir dengan perlindungan atau kemurnian emas.

  • Penukaran

Proses penukaran emas digital cepat dan mudah. Seseorang dapat menebusnya dalam koin atau batangan emas fisik. Selain itu, investasi dapat dengan mudah diuangkan tanpa kerumitan.

  • Pinjaman terhadap investasi

Emas digital dapat digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman yang tersedia. Pelacakan investasi itu mudah: Seseorang dapat dengan mudah melacak investasi melalui platform online (aplikasi atau situs web).

  • Membantu dalam mendiversifikasi portofolio Anda

Memang, ini adalah pilihan investasi yang baik bagi mereka yang ingin mendiversifikasi portofolio mereka.

  • Keuntungan dari pergerakan harga

Harga emas real-time ditawarkan oleh platform digital. Oleh karena itu, seseorang dapat memanfaatkan pergerakan harga dan melakukan pembelian.

Dibandingkan dengan emas fisik, investasi emas digital adalah bentuk investasi yang jauh lebih cepat dan nyaman.

 

Apa itu Emas Fisik dan Bagaimana Cara Membelinya?

Investasi emas fisik adalah bentuk investasi tradisional. Logam kuning ini biasanya dibeli untuk keperluan konsumsi dan dibeli dalam bentuk perhiasan, koin emas, dan batangan. Itu dapat dibeli langsung dari toko perhiasan atau bank tanpa keterlibatan perantara.

 

Biasanya, pembelian emas fisik dirahasiakan, tidak seperti bentuk investasi lainnya. Namun, disarankan untuk menyimpan semua tanda terima terkait pembelian dengan aman untuk tujuan pajak penghasilan. Investasi minimum dalam emas fisik tinggi. Ada investasi minimum yang lebih tinggi dalam emas fisik daripada emas digital karena harga pasar yang tinggi. Salah satu keuntungan utama berinvestasi dalam emas fisik adalah likuiditas. Logam kuning ini diterima dengan imbalan uang tunai. Dengan demikian, itu dapat dilikuidasi kapan saja, di mana saja. Karena itu, perlu diingat bahwa harga emas bervariasi dari dealer ke dealer dan nilai jual kembali biasanya lebih rendah daripada bentuk investasi emas lainnya.

Close

Lescadana

Customer Services