Cicil Emas vs Nabung Emas, Apa Bedanya?

29 October 2021

Pada saat pandemi seperti sekarang ini, investasi emas menjadi pilihan instrumen investasi terbaik. Sebab, harga emas mengalami kenaikan selama pandemi ini. 

Hal ini membuat banyak orang beralih investasi ke investasi emas. Selain itu, investasi emas terbilang aman dengan risiko yang rendah.

Jika harga emas turun pun tidak akan turun secara drastis. Jadi, jika Anda ingin berinvestasi dengan aman dan risiko rendah, maka investasi emas pilihan yang tepat.

Namun, yang sering menjadi permasalahan adalah harga emas yang tidaklah murah.

Berbagai opsi pun muncul untuk mengatasi masalah tersebut, seperti cicil emas dan nabung emas.

Nah, kebanyakan orang juga bingung mana yang seharusnya dilakukan, antara cicil emas dan nabung emas.

Jika Anda ingin tahu mana yang lebih baik dari cicil dan nabung emas, yuk ketahui apa saja keuntungan dari masing-masing dua hal tersebut. 

Mengenal Apa Itu Tabungan Emas

Untuk mengetahui mana yang lebih baik, Anda harus paham tentang tabungan emas dan cicilan emas terlebih dahulu.

Nah, berikut ini sejumlah hal yang perlu Anda ketahui tentang tabungan emas. 

1. Harga

Untuk harga, tabungan emas memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan cicilan emas.

Hal ini karena harga beli di tabungan emas tidak termasuk biaya untuk cetak emas. 

Jika dilihat sekilas, tabungan emas memang lebih menguntungkan. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan biaya cetak emas yang lumayan mahal dan biaya tersebut dihitung setiap gramnya. 

2. Tempat Investasi

Investasi emas berupa tabungan emas bisa dilakukan di pegadaian, bank, dan lembaga terpercaya lainnya. Anda juga bisa menyimpan tabungan itu sendiri. 

Namun, perlu Anda ketahui sejumlah kekurangan dari menyimpan tabungan emas sendiri. Pertama, menyimpan tabungan emas sendiri tidak terhindar dari pencurian. 

Kedua, hal tersebut kurang efektif karena Anda bisa saja tidak konsisten dan disiplin dalam komitmen untuk berinvestasi emas. 

3. Biaya Lain-Lain

Selain harus memperhatikan faktor harga, Anda juga harus tahu bahwa ada biaya lainnya yang dikeluarkan untuk tabungan emas. 

Pada umumnya, tabungan emas di pegadaian akan dikenakan biaya lainnya, seperti biaya cetak, biaya keanggotaan, dan biaya lainnya.  

Jika Anda mengikuti tabungan emas di pegadaian, maka Anda harus membayar nominal uang yang sama setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan di awal sampai masa investasi berakhir. 

Mengenal Apa itu Cicilan Emas 

Selain mengetahui apa itu tabungan emas, Anda juga harus mengetahui beberapa hal tentang cicilan emas. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk tahu apa itu cicilan emas. 

1. Harga 

Hal yang membedakan tabungan emas dan harga cicilan emas adalah harga cicilan emas sudah termasuk harga cetak. Jadi, Anda tidak perlu membayar biaya cetak lagi di kemudian hari. 

2. Tempat Investasi 

Saat ini, sudah banyak tempat investasi yang menyediakan program cicilan emas. Tapi, Anda perlu tahu bahwa ada biaya denda jika pembayaran cicilan emas terlambat.

3. Biaya Lain-lain

Sama halnya dengan tabungan emas, cicilan emas juga memiliki biaya lainnya. Cicilan emas memiliki biaya lainnya seperti biaya admin, uang muka, bunga cicilan, dan lain sebagainya.

Untuk bunga cicilan emas, besarannya sangat beragam karena tergantung dari masing-masing lembaga yang menyediakan program cicilan emas tersebut.

Namun, sebagai gambaran, bunga cicilan emas pada umumnya sebesar 0,75% dan sudah termasuk biaya cetak.

Oleh karena itu, harga emas di program cicilan emas tidak jauh berbeda dengan emas yang ada di pasaran.

Mulai Investasi dengan Program Cicilan Emas dari Ci-Mas

Investasi emas bukan hanya mimpi! Sekarang Anda bisa memiliki emas dengan modal yang kecil melalui Ci-Mas.

Ci-Mas menawarkan program cicilan emas aman dan terpercaya dengan jaminan emas batangan (ANTAM) dengan proses pengajuan yang sangat mudah dengan jangka waktu kredit emas maksimum 24 bulan.

Tidak perlu khawatir karena Ci-Mas diawasi oleh OJK.

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lengkap.

Nah, demikian ulasan lengkap tentang cicilan emas dan tabungan emas yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih mana yang lebih baik menurut kebutuhan Anda.

Close

Lescadana

Customer Services