Cara Memilih Deposito BPR Terbaik Untuk Investasi yang Menguntungkan

11 April 2023

Deposito merupakan salah satu metode untuk menyimpan uang dengan aman dan menguntungkan. Bila dibandingkan dengan penyimpanan biasa dalam bentuk tabungan, deposito akan jauh lebih efektif dalam menyimpan uang Anda. 

Pasalnya, uang yang Anda simpan sebagai deposito tidak bisa diambil kapan saja Anda butuhkan. Anda harus menunggu hingga waktu tenor selesai. Deposito biasanya banyak diajukan ke BPR (Bank Perkreditan Rakyat) karena memiliki bunga lebih tinggi. 

Nah, jika Anda tertarik untuk menyimpan uang dengan deposito BPR. Sebaiknya simak ulasan berikut tentang bagaimana cara memilih deposito BPR terbaik agar investasi Anda lebih menguntungkan.  

Mengenal Tentang Deposito BPR

Istilah deposito memang tidak asing lagi bagi kalangan investor, tetapi bagi masyarakat awam tidak demikian. Deposito merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh perbankan untuk menyimpan uang pada jangka waktu tertentu untuk mendapatkan bunga. 

Suku bunga pada deposito lebih tinggi bila dibandingkan tabungan biasa. Jangka waktu yang bisa diajukan beragam mulai dari 30 hari hingga 5 tahun. Berbeda dengan tabungan biasa yang bisa Anda ambil kapan saja, deposito hanya akan dicairkan pada tenggat waktu tenor sesuai kesepakatan awal. 

Lalu, apa itu deposito BPR? 

Setelah Anda mengetahui apa itu deposito, maka yang dimaksud dengan deposito BPR adalah deposito yang ditawarkan oleh bank BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Kelebihan dari deposito di BPR adalah tingkat bunga yang tinggi. 

Rata-rata suku bunga yang ditawarkan oleh BPR mencapai 6%, dimana lebih tinggi dibandingkan bank lainnya yang hanya mencapai 4% saja. Jangka waktu penyimpanannya juga beragam dapat disesuaikan dengan keinginan. Penyimpanan di BPR akan lebih aman karena sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPSK)

Jenis-Jenis Deposito BPR

Deposito dapat dikatakan sebagai instrumen investasi yang memiliki resiko rendah. Sehingga banyak investor yang tertarik untuk mencoba peruntungan dengan investasi deposito. Saat ini deposito memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda, 

1. Deposito Berjangka 

Deposito berjangka adalah jenis deposito yang paling banyak dipilih oleh masyarakat di Indonesia. Suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi berkisar antara 4% hingga 6% pada deposito BPR. Resiko kerugian juga  cukup rendah karena tidak terpengaruh oleh sistem pergerakan pasar. Namun, yang menjadi catatan adalah jika nilai simpanan Anda rendah maka hasil yang akan didapatkan juga rendah. i 

2. Deposito On Call

Deposito on call adalah simpanan yang berbentuk setoran untuk digunakan oleh penyedia setoran bagi deposan yang memiliki dana besar tetapi jangka waktunya sangat singkat. Tenor yang bisa dipilih mulai dari 3 hari sampai 4 minggu. Kelebihan deposito on call dapat diambil kapan saja Anda mau tanpa adanya denda. Namun, suku bunga yang diberikan relatif lebih rendah dan nominal penempatannya jauh lebih besar. 

3. Sertifikasi Deposito

Pilihan ketiga, Anda dapat mengajukan jenis sertifikasi deposito. Deposito jenis ini adalah simpanan yang buktinya dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan kapan saja. Anda dapat memilih deposito ini untuk investasi, warisan hingga hibah. Kelebihannya ada pada perhitungan bunga yang bisa didapatkan dimuka. Tetapi, sertifikasi deposito cukup rawan terjadinya kehilangan karena dapat dengan mudah mencairkan dana oleh pihak manapun yang memiliki bukti resmi sertifikasi. 

4. Deposito Automatic Roll Over

Terakhir, jenis deposito Automatic Roll Over atau sering dikenal dengan sebutan ARO. Deposito ini adalah simpanan yang bisa memperpanjang waktu tenor secara langsung apabila Anda tidak mencairkan dana pada saat waktu tenor selesai. Kelebihannya terletak pada kemudahan untuk mengurus perpanjangan masa simpanan deposito karena sudah otomatis diperpanjang. Kekurangannya, Anda juga akan kesulitan apabila ingin mencairkan dana jika sudah terlanjur diperpanjang otomatis meskipun tanpa persetujuan Anda. 

Cara Tepat Memilih Deposito BPR Terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis deposito, selanjutnya Anda perlu mengetahui pula bagaimana cara memilih deposito BPR terbaik. Lakukan hal-hal berikut ini agar deposito Anda jauh lebih menguntungkan. 

1. Pilih Jenis Deposito Sesuai Kebutuhan

Jika ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari simpanan deposito Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis deposito sesuai kebutuhan. Jenis deposito BPR yang banyak diminati saat ini adalah jenis deposito berjangka karena suku bunga yang relatif tinggi. Apabila masih ragu, mintalah masukan atau rekomendasi dari pihak bank terkait jenis deposito yang cocok untuk kebutuhan Anda. 

2. Sesuaikan Waktu Tenor dengan Kemampuan

Jangka waktu penyimpanan dana pada layanan deposito memang cukup beragam. Setelah mendapatkan pilihan yang tepat untuk jenis deposito, Anda juga perlu menentukan jangka waktu tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika simpanan deposito untuk investasi, maka pilihlah jangan waktu yang cukup lama agar keuntungannya juga semakin besar. 

3. Pastikan Dana Simpanan Dijamin Oleh LPS

Dana yang disimpan pada deposito sangat penting untuk mendapatkan jaminan dari LPS. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan maka aset Anda tersebut dapat terlindungi. Tak perlu khawatir jika mengajukan deposito di BPR karena sudah pasti akan mendapatkan jaminan dari LPS dan OJK. 

4. Jangan Cairkan Dana Sebelum Waktu Tenor Selesai

Untuk menghindari terjadinya kerugian, sebaiknya Anda mencairkan dana sesuai waktu tenor yang dipilih. Beberapa jenis deposito akan memberikan denda kepada deposan apabila ingin mencairkan dana sebelum waktu tenor selesai. Jangan sampai niat untuk investasi yang menguntungkan justru memberikan kerugian.

5. Hindari Penawaran Suku Bunga Tak Wajar 

Terakhir, Anda perlu menghindari penawaran suku bunga yang tinggi bahkan bisa dikatakan tidak wajar karena diluar batas LPS. Suku bunga untuk deposito paling tinggi adalah 6% yakni suku bunga yang diberikan oleh BPR. Apabila ada penawaran di atas itu, Anda patut untuk mewaspadai bahkan menghindarinya. 

Melakukan penyimpanan dana untuk tabungan di masa depan memang sangat penting untuk kebutuhan mendatang. Deposito BPR bisa menjadi pilihan Anda untuk menyimpan dana sekaligus mendapatkan keuntungan dari bunga yang didapatkan. Pilih jenis deposito BPR terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal

Close

Lescadana

Customer Services