Beli Emas Antam dengan Angsuran: Strategi Cerdas Investasi untuk Pemula

13 May 2023

Investasi emas selalu menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat, terutama untuk simpanan jangka panjang. Salah satu bentuk investasi emas yang populer di Indonesia adalah emas Antam. Emas Antam memiliki kualitas yang terpercaya dan diakui oleh pasar internasional. 

Perkembangan metode pembelian emas antam semakin beragam untuk memberikan kemudahan kepada konsumen. Salah satunya adalah pembelian emas antam dengan sistem angsuran. Pembelian emas antam dengan sistem angsuran dapat menjadi alternatif untuk Anda yang ingin berinvestasi dengan dana terbatas. 

Namun, bagi Anda yang merupakan seorang pemula dalam berinvestasi di emas. Anda tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara beli emas antam dengan angsuran. Simak informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini. 

Apa itu Sistem Angsuran pada Pembelian Emas Antam?

Sebagai pemula yang ingin mencoba untuk berinvestasi memang menjadi pilihan yang tepat apabila ingin menginvestasikan dana di emas antam. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, resiko investasi di emas antam juga sangat minim. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak masyarakat yang juga memulai investasinya di emas. 

Jika biasanya Anda membeli emas dengan tunai, Anda saat ini bisa mencoba sistem baru yaitu dengan angsuran. Apa itu pembelian emas antam dengan angsuran? 

Beli emas Antam dengan sistem angsuran adalah pembelian emas antam dengan menggunakan pembayaran cicilan. Anda bisa membeli emas dengan membayar uang muka sekitar 15% terlebih dahulu kemudian sisanya dapat Anda cicil perbulan dengan jangka waktu yang sudah disepakati. 

Sistem angsuran ini memang cukup menarik untuk dicoba karena dapat membantu Anda yang memiliki income kecil tetapi ingin mencoba untuk berinvestasi. Jadi, Anda bisa mengalokasikan income ke berbagai kebutuhan sehari-hari tetapi tetap bisa berinvestasi. Selain itu, Anda juga dapat membeli emas dengan jumlah yang lebih tinggi tanpa perlu khawatir dana terbatas. 

Perbedaan Sistem Pembelian Emas Angsuran dan Tunai

Emas Antam dapat dibeli secara tunai maupun dengan sistem angsuran. Sistem angsuran dalam pembelian emas Antam memungkinkan seseorang untuk membeli emas Antam dalam jumlah yang lebih besar dengan membayar cicilan per bulan. Namun, dilihat dari keuntungan dan resikonya, terdapat beberapa perbedaan antara pembelian emas antam sistem angsuran dan tunai. 

1. Lebih Terjangkau dan Menguntungkan 

Keuntungan utama dari pembelian emas Antam dengan sistem angsuran adalah kemudahan dalam pembayaran cicilan dan memungkinkan seseorang untuk membeli emas Antam dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan pembelian tunai. Selain itu, dengan pembelian emas Antam secara angsuran, Anda tetap akan memperoleh keuntungan dari kenaikan harga emas pada saat cicilan masih dibayar.

2. Adanya Resiko yang Lebih Tinggi

Salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah adanya penurunan harga emas pada saat cicilan masih dibayar. Hal ini bisa berakibat pada keuntungan yang akan Anda peroleh dimana Anda harus tetap membayar cicilan dengan nominal yang sama sedangkan harga emas turun. Selain itu, pembelian dengan sistem angsuran lebih riskan terkena penipuan karena emas yang Anda beli tidak akan diberikan sampai cicilan lunas.

3. Sistem Pembayaran dengan Cicilan

Perbedaan utama antara pembelian emas Antam dengan sistem angsuran dan tunai adalah pada cara pembayarannya. Pembelian emas Antam dengan sistem angsuran dilakukan dengan membayar cicilan per bulan, sedangkan pembelian tunai dilakukan dengan membayar sekaligus pada saat pembelian. 

Cara Beli Emas Antam untuk Pemula dengan Sistem Angsuran

Bagi seorang pemula yang ingin mencoba membeli emas dengan sistem angsuran tentu perlu mencari informasi terkait bagaimana caranya. Oleh karena itu, berikut informasi terkait cara beli emas antam dengan sistem angsuran yang bisa Anda ikuti.

1. Riset informasi terkait Angsuran Emas dan Trend Emas

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait angsuran emas. Cari juga rekomendasi bank atau pegadaian yang aman dan terpercaya. Anda juga perlu mengikuti trend terbaru terkait emas antam untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas. 

2. Siapkan Persyaratannya 

Apabila sudah yakin untuk berinvestasi, segera siapkan dokumen persyaratan yang harus dilampirkan pada saat pendaftaran. Umumnya dokumen persyaratannya berupa kartu identitas (KTP), formulir pendaftaran, dokumen kesepakatan yang harus ditanda tangani. Anda juga perlu menyiapkan dana awal serta biaya tambahan untuk administrasi pendaftaran. 

3. Ajukan Pendaftaran ke Bank Terpercaya

Selanjutnya, datangi bank yang akan Anda ajukan cicilan emas. Biasanya metode pendaftaran bisa langsung mendatangi kantor bank atau bisa juga secara online. Pengajuannya cukup mudah dan tergolong cepat apalagi jika persyaratannya sudah Anda siapkan lengkap. Berikan DP sesuai persyaratan dan kesepakatan untuk memudahkan proses pengajuan. 

4. Pilih Waktu Tenor Sesuai Kemampuan

Beli emas antam dengan angsuran harus cermat dan berhati-hati. Anda perlu menentukan waktu tenor yang tepat agar tidak terburu-buru atau memberatkan pembayaran. Jangka waktu cicilan di setiap bank bervariasi mulai dari 3 bulan hingga 2 (dua) tahun. Lakukan simulasi terlebih dahulu kepada pihak bank agar bisa menentukan waktu tenor yang tepat.

5. Bayar Cicilan tepat Waktu Hingga Lunas

Apabila proses pendaftaran dan pengajuan sudah berhasil dilakukan.. Maka, selanjutnya Anda hanya perlu membayar biaya angsuran perbulannya. Ingat! lakukan pembayaran secara tepat waktu sampai waktu tenor habis. Pasalnya, jika mengalami penunggakan atau tidak melunasi resikonya adalah kegagalan membayar sehingga emas yang akan menjadi jaminan untuk membayar tunggakan tersebut. 

Beli emas antam dengan sistem angsuran memang memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Namun, resikonya juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan pembelian tunai. Anda tetap harus mempertimbangkan resikonya terutama bagi Anda yang merupakan seorang pemula. Pilih Bank yang terpercaya dan aman seperti Bank Lescadana untuk pengajuan angsuran emas atau melakukan simulasi terlebih dahulu

Close

Lescadana

Customer Services