Bagaimana Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu? Ini Tipsnya!

01 September 2021

Bukan hal baru lagi melakukan investasi dalam bentuk emas. Banyak orang yang suka melakukan investasi satu ini, lantaran harganya yang cenderung stabil. 

Kendati demikian, Anda sebagai pelaku investor emas perlu mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu supaya investasi berjalan lancar dan mendatangkan hasil yang maksimal. 
Yuk simak beberapa cara dalam membedakan emas asli dan emas palsu!

Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda coba untuk membedakan emas asli atau palsu:

1. Periksa Bagian Fisik

Pada umumnya, emas asli memiliki suatu cap yang menunjukkan kadar emas tersebut. Dengan catatan kadar emas ditunjukkan dalam satuan fineness (1-999 atau 0.999).
Anda juga bisa membedakan emas asli dan emas palsu dari warnanya, lho!

Cukup gosokkan permukaan emas dengan telapak tangan atau jari telunjuk. Amatilah, apakah terjadi perubahan warna pada permukaan emas tersebut. Jika tidak mengalami perubahan maka itu adalah emas asli. Tapi jika warnanya pudar atau tidak sama, kemungkinan besar emas itu palsu.

2. Coba Gigit Emasnya

Mungkin Anda berpikir ini adalah cara yang aneh, tapi ini ada benarnya, lho! Menggigit emas disebut-sebut sebagai salah satu cara termutakhir dalam membedakan emas asli dan emas palsu. 

Mengapa bisa demikian? Lantaran karakteristik dari emas itu sendiri, yang mana lunak dan mudah sekali dibentuk. 

Jika Anda tidak mempercayainya, cobalah gigit bagian permukaan emas. Jika ada bekas gigitan, maka ada kemungkinan emas yang Anda miliki adalah emas asli.

Sebaliknya. Jika emas itu sangat keras saat digigit dan tidak meninggalkan bekas apapun, maka ada kemungkinan besar itu emas palsu. 

Kendati demikian, cara ini tak bisa langsung ditelan mentah-mentah. Untuk memvalidasi kepalsuan dari emas tersebut, cobalah memastikan bahan materialnya.  

Apakah terdapat kandungan timah atau tidak, mengingat logam timah juga termasuk logam lunak. Inilah sebabnya Anda perlu lebih teliti dalam mengecek keaslian emas.

3. Cek dengan Magnet

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan menggunakan magnet. Hal ini karena emas termasuk jenis logam yang bersifat non magnetis. 

Jadi, jika emas yang Anda miliki adalah emas asli, seharusnya tidak akan saling tertarik dan menempel ketika didekatkan dengan magnet.

4. Uji dengan Keramik maupun Kertas

Selanjutnya Anda bisa mengujinya dengan keramik maupun kertas. Caranya sangat mudah, cukup goreskan emas ke keramik maupun kertas. 

Jika setelah digoreskan terdapat warna hitam, maka ada kemungkinan emas itu palsu. Tapi jika sebaliknya, maka emas yang Anda miliki adalah emas asli. 

Sebagai catatan, Anda harus melakukan cara ini secara hati-hati, karena berkemungkinan besar bisa merusak emas.

5. Beri Tetesan Nitric Acid

Cara terakhir adalah dengan memberi emas tetesan Nitric Acid. Jika setelah diberi tetesan Nitric Acid warna emas berubah menjadi hijau, maka bisa jadi emas itu hanya sebuah logam yang diberi lapisan emas. 

Sebaliknya. Jika berubah menjadi kuning, artinya emas itu adalah kuningan yang diberi lapisan emas.

Tambah lagi, jika warna emas berubah menjadi warna susu, maka emas itu merupakan perak yang hanya diberi lapisan emas. Tapi jika tidak terjadi perubahan apapun, bisa dipastikan jika emas Anda adalah emas asli.

Anda juga harus memperhatikan ketika menggunakan asam nitrat untuk melihat keaslian emas. Akan lebih baik jika Anda didampingi oleh seorang profesional. 

Hal ini karena cairan ini cukup bahaya untuk tubuh dan pernapasan, tak hanya itu emas bisa juga rusak. Jadi tetap hati-hati, ya!

Beli Emas Lewat Ci-Mas, Dijamin Asli!

Sekarang, Anda bisa beli emas asli lewat program cicilan dari Ci-Mas. Anda bisa mendapatkan emas batangan jaminan ANTAM tanpa modal besar, yaitu hanya 10% dari harga asli saja! 

Syarat pengajuan cukup mudah dengan tenor pembayaran paling lama selama 24 bulan. Ci-Mas telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga aman dan terpercaya. Masih ada pertanyaan? Silahkan hubungi kami sekarang!

Itulah beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang bisa Anda terapkan. Apalagi jika itu untuk kebutuhan investasi, sangat penting untuk memastikan bahwa emas itu asli.
Jangan sampai nantinya investasi Anda gagal dan tidak menghasilkan hasil apa-apa!

Close

Lescadana

Customer Services