Apa yang Dimaksud dengan Kredit Emas?

04 December 2022

Bukan hanya rumah yang bisa dibeli dengan cara kredit, emas juga bisa dibeli dengan cara kredit, lho. Bahkan caranya juga tidak sulit. Sudah banyak lembaga yang menyediakan layanan ini.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kredit emas ini, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Apa Itu Kredit Emas?

Kredit emas atau cicil emas bisa dibilang sebagai investasi smart zaman now. Bagaimana tidak, cicilan yang satu ini bisa sangat menguntungkan, lho. Anda bisa membangun masa depan dengan investasi ini seperti untuk pendidikan dan ibadah haji.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kredit adalah cara pembayaran secara tidak tunai atau mengangsur. Sehingga kalau kita artikan, kredit emas merupakan pembelian emas dengan cara mengangsur.

Emas jenis apa yang dimaksud di sini? Umumnya, investor melakukan cicil emas pada jenis emas batangan atau lantakan. Seperti yang kita tahu, emas jenis ini bagus untuk investasi.

Sesuai dengan namanya, emas yang satu ini berbentuk batang. Sering kali juga disebut dengan emas murni. Jadi, bukan seperti emas perhiasan yang bisa dipakai dalam bentuk kalung, gelang, dan cincin, ya.

Emas batangan menjadi benda yang banyak dipilih untuk investasi. Mengingat bahwa harganya yang lebih mahal dan hanya sekadar untuk simpanan. Namun, perlu Anda perhatikan lagi jika membeli emas batangan dalam bentuk fisik. Pasalnya, Anda perlu memiliki penyimpanan emas sendiri supaya keamanannya terjaga. Tidak mau, kan, kalau ada emas batangan di rumah, terus tiba-tiba hilang dicuri atau ada yang tidak sengaja memainkannya?

Untuk emas bentuk fisik itu tidak hanya emas batangan saja, sih, yang harus dijaga keamanannya. Semua bentuk emas juga perlu dijaga keamanannya supaya Anda tidak rugi.

Sekarang mari beralih ke pertanyaan selanjutnya…

Mengapa Kredit Emas Cukup Digemari?

Emas merupakan investasi yang bisa dibilang stabil dan berguna. Emas memiliki nilai yang pasti dan selalu meningkat di kemudian hari. Nah, metode kredit bisa menjadi pilihan bagi investor yang belum memiliki penghasilan besar atau tetap. Karena, kredit ini tidak dipengaruhi ekuitas atau pendapatan tetap, lho.

Metode ini juga cocok diaplikasikan bagi Anda yang baru mau memulai investasi dan ingin punya pegangan masa depan. Lantas, apa lagi manfaat dari melakukan kredit emas?

1. Kredit Emas untuk Tabungan Masa Depan

Emas bisa menjadi salah satu tabungan jangka panjang karena tidak mudah dibelanjakan. Anda tentu tidak mungkin menggunakan sembarang karena emas yang dibeli dengan cara kredit akan disimpan di bank sampai tagihan lunas. Setelah lunas barulah akan diserahkan kepada pemiliknya untuk digunakan atau disimpan sesuai keinginannya.

2. Sebagai Alternatif Ketika Membutuhkan Dana Darurat 

Kebutuhan yang mendesak memang terkadang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja tanpa bisa ditentukan. Oleh karenanya, Anda perlu mempersiapkan tabungan atau bahkan barang-barang berharga untuk digadaikan. 

Kini dengan melakukan kredit emas Anda tidak perlu khawatir jika membutuhkan dana mendesak. Pasalnya, Anda dapat menggadaikan emas yang Anda cicil tersebut sesuai dengan jumlah dana yang sudah Anda bayarkan. 

3. Membantu Anda Disiplin Menabung

Menabung memang cukup sulit bagi sebagian orang, apalagi jika income yang didapatkan hanya terbatas dari gaji sedangkan kebutuhan cukup banyak. Selain itu, jika menabung dalam bentuk uang juga sering tak terkontrol karena digunakan tanpa jelas kebutuhannya. 

Oleh karena itu, kredit emas bisa sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin disiplin menabung. Pasalnya, setiap bulannya Anda akan dituntut untuk  membayar cicilan yang sudah disepakati di awal dengan pihak bank. Hal ini lama kelamaan membuat Anda disiplin karena harus menyisihkan dana untuk membayar kredit emas.

Bagaimana Strateginya Supaya Kredit Emas Menguntungkan?

Saat melakukan kredit emas, Anda tetap harus berhati-hati karena banyak penipuan yang mengatasnamakan investasi. Diperlukan beberapa strategi supaya Anda tidak rugi. Intinya, jangan terlalu tergesa-gesa kalau mau melakukan sesuatu termasuk membeli emas apalagi dengan cara dicicil.

1. Rencanakan Keuangan Anda

Anda sudah mengetahui bahwa emas memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari beratnya. Jika sudah membuat perencanaan keuangan, tentu Anda akan mengetahui dana yang bisa Anda gunakan untuk kredit emas berapa. Hal ini juga untuk menghindari terjadinya kemacetan kita membayar cicilan. 

2. Cek Harga Emas Terbaru

Update, update, dan update mengenai harga emas terbaru. Mengapa hal ini dilakukan? Tujuannya untuk mendapatkan harga yang rendah saat hendak mengajukan kredit emas. Kemudian, pada saat harga naik, Anda dapat menjual emas agar lebih untung. Cari tahu informasi terbaru harga emas di situs internet yang terpercaya agar lebih akurat. 

3. Memilih Bank atau Lembaga yang Tepat

Hal yang tidak kalah penting yaitu memilih bank atau lembaga yang tepat untuk mencicil emas. Pasalnya setiap bank akan menawarkan berbagai keunggulan yang berbeda-beda. Anda perlu mencari tahu mana bank yang lebih menguntungkan untuk Anda. 

Namun, tetap harus waspada terhadap berbagai penawaran yang jauh berbeda dengan bank lainnya. Anda patut untuk melakukan pengecekan terhadap kredibilitas bank tersebut agar terhindar dari penipuan.

4. Pilih Jangka Waktu Kredit yang Tepat

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa jangka waktu kredit yang semakin lama maka akan semakin besar pula biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kredit emas jangka waktu panjang. Tetapi, pilihlah kredit emas dengan jangka waktu pendek untuk menghindari biaya tambahan. 

5. Membayar dan Melunasi Cicilan Tepat Waktu

Strategi terakhir yang bisa membuat ANda terhindar dari kerugian adalah menghindari tunggakan. Jika Anda membayar dan melunasi cicilan tepat waktu tentunya akan terhindar denda. Kemudian, resiko yang harus Anda tanggung jika tidak berhasil melunasi kredit emas Anda. Maka, emas tersebut akan dilelang untuk melunasi sisa kredit yang belum dibayarkan kepada bank.

Bagaimana, sudah siap mengajukan kredit emas untuk investasi? Terus ikuti perkembangan emas supaya Anda memiliki informasi yang cukup untuk berinvestasi, ya

Close

Lescadana

Customer Services