13 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di Bulan Ramadhan

08 April 2022

Bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis di bulan suci Ramadhan di tahun ini? Ini dia tipsnya!

Bulan suci Ramadhan tidak hanya menjadi berkah bagi yang merayakan, tetapi juga bagi para pebisnis online

Daya beli masyarakat lokal cenderung meningkat selama Ramadhan karena masyarakat memiliki banyak kebutuhan seperti makanan, pakaian, bahkan kendaraan selama bulan suci. 

Selain kebutuhan yang semakin meningkat, perilaku konsumtif masyarakat selama Ramadhan juga dipicu oleh banyaknya penawaran khusus untuk berbagai produk. 

Biasanya, harga yang ditawarkan penjual pada bulan suci ini jauh lebih murah dibandingkan harga pada hari-hari biasa. 

Nah, Anda bisa memanfaatkan momen Ramadhan ini untuk mempromosikan produk, toko, layanan, merek, atau bisnis online Anda. Mengapa? 

Itu karena berdampak efektif dalam meningkatkan brand awareness, meningkatkan volume penjualan, dan menaikkan tingkat konversi melalui website. 

Namun, pandemi Covid-19 bulan suci Ramadhan kini terasa berbeda karena harus bisa lebih membatasi pergerakan.

Belum lagi ketatnya persaingan bisnis selama Ramadhan. 

Meski begitu, Anda tidak boleh menyerah begitu saja karena setiap bisnis memiliki pasarnya sendiri. 

Berikut beberapa strategi yang bisa Anda jalankan untuk mengoptimalkan penjualan retail Anda selama bulan Ramadhan.

1. Persiapkan Stok Barang Anda Lebih Awal

Perlu Anda ingat bahwasannya permintaan konsumen mungkin meningkat drastic selama Ramadhan. 

Jadi, sebaiknya persiapkan stok Anda jauh-jauh hari sebelum bulan suci dan memperkirakan berapa stok barang yang Anda butuhkan supaya bisa memenuhi permintaan konsumen.

Jika Anda tidak punya waktu untuk memperkirakan stok Anda, jangan khawatir, Anda masih bisa menyiasatinya dengan bernegosiasi dengan pemasok Anda. 

Selain itu, jika Anda butuh dana tambahan untuk dijadikan modal untuk menambah stok persediaan barang, Anda bisa memanfaatkan Kredit Multiguna Bank Lescadana

Dapatkan pinjaman dengan bunga rendah untuk mempersiapkan peningkatan penjualan. Yuk, ajukan sekarang!

2. Cari Tahu Produk yang Paling Diminati

Dalam berjualan online, penting bagi Anda untuk melakukan riset tentang produk yang paling diminati, terutama saat bulan Ramadhan.

Ada banyak barang most wanted yang bisa Anda tambahkan ke dalam produk selama bulan Ramadhan, di antaranya busana muslim, peralatan dapur, kue kering, dan lain-lain.

3. Buat Konten Promosi yang Melibatkan Unsur Ramadhan

Konten promosi dengan ornamen Ramadhan dapat Anda tampilkan di website bisnis Anda. 

Jika situs Anda punya blog, maka Anda bisa mengisinya dengan artikel-artikel terkait Ramadhan. 

Jangan lupa untuk mengirim email promo atau buletin ke calon pelanggan, pelanggan, atau klien Anda.

4. Buat Penawaran atau Promo Khusus

Jangan takut kehilangan omset karena diskon yang Anda berikan selama Ramadhan, karena tips ini justru bisa meningkatnya penjualan Anda. 

Pemberian diskon selama Ramadhan sebenarnya akan memberikan keuntungan besar bagi Anda, karena strategi ini membantu menarik perhatian lebih banyak konsumen. 

Anda dapat menentukan jenis dan ketentuan diskon untuk produk yang Anda tawarkan. 

Misalnya, Anda bisa memberikan diskon untuk berbagai jenis produk di jam-jam tertentu, sehingga konsumen akan tergoda untuk cepat membelinya waktu promo habis. 

5. Jadwalkan Promosi Online di Waktu yang Tepat

Ramadhan adalah momen di mana Anda dapat menampilkan promosi online Anda di jam-jam efektif. 

Misalnya saat subuh hingga fajar (setelah sahur), siang hari (orang yang berpuasa memiliki lebih banyak waktu luang di siang hari), dan di malam hari (sesudah berbuka puasa).

6. Perpanjang Waktu Layanan Anda

Manfaatkan bulan suci ini dengan memperpanjang waktu pelayanan Anda kepada pelanggan. 

Anda tetap bisa memberikan layanan online pada sore hingga pagi hari (setelah sahur). 

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan strategi ini dengan lebih mudah jika Anda memiliki akses ke penjualan Anda melalui software seperti Customer Relationship Management (CRM).

Dengan begitu, Anda dapat melayani pelanggan Anda dari mana saja. 

7. Sediakan Paket Bundel 

Apakah Anda menyadari bahwa parcel selalu menjadi produk yang paling laris selama Ramadhan? 

Strategi ini dinilai ampuh dalam meningkatkan penjualan bisnis online

Apalagi tak sedikit pelanggan yang lebih suka membeli paket bundling karena lebih menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembelian.

Misalnya, Anda bisa menyiapkan produk bundling paket sembako menjelang waktu zakat, seperti beras, gula, minyak goreng, dan lain-lain dalam satu paket.

Anda juga bisa menawarkan produk bundling paket parsel lebaran seperti aneka jajanan dan sirup yang dikemas menjadi satu.

8. Membuat Toko Online

Bukan rahasia lagi bahwa pelanggan beralih ke internet untuk kebutuhan dan pembelian sehari-hari mereka terutama dengan social distancing dan pembatasan mobilitas. 

Maka dari itu, kini sebagian besar masyarakat lebih suka berbelanja secara online di marketplace untuk memenuhi segala kebutuhan mereka.

Selain dinilai lebih praktis, proses transaksi pun jadi tidak ribet dan tidak mengharuskan pelanggan untuk keluar rumah.

Oleh sebab itulah, gunakan kesempatan ini untuk membuka toko online agar penjualan bisa terus mengalir dan bisnis Anda tetap eksis.

9. Tingkatkan Konversi Online 

Semenjak pandemi Covid-19, banyak pelanggan membutuhkan dorongan untuk membeli sesuatu karena mungkin baru pertama kali melakukan transaksi secara online.

Maka dari itu, metode konversi seperti diskon khusus, promo, COD atau gratis ongkir bisa menjadi keunggulan kompetitif yang bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan. 

Buat analisis penawaran dan gunakan platform yang tepat jauh sebelum bulan Ramadhan kemudian siapkan penawaran atau diskon menarik.

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan konversi penjualan terutama dengan paket massal di mana margin bisa lebih tinggi.

10. Perbanyak Kampanye dan Iklan Digital

Salah satu tips meningkatkan penjualan bisnis online selama bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak pemasaran digital Ramadhan, baik online maupun offline

Untuk melakukan tips ini, Anda juga perlu meningkatkan anggaran untuk kampanye iklan tersebut sebesar 20% selama bulan suci Ramadhan untuk meningkatkan penjualan.

11. Manfaatkan Tren di Bulan Ramadhan

Tips meningkatkan penjualan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tren Ramadhan, baik dalam serial, program, atau bahkan iklan selama bulan itu

Manfaatkan tren tersebut dan masukkan ke dalam kampanye pemasaran Anda selama bulan Ramadhan. 

Penggunaan "trend" dalam konten pemasaran, video marketing, atau bahkan email marketing akan menghubungkan audiens saat ini dan audiens potensial.

Cara ini juga efektif untuk menghubungkan Anda dan pelanggan serta membantu Anda untuk meningkatkan keterlibatan audiens dengan platform, toko, atau brand Anda.

12. Ubah Toko Anda Menjadi Bernuansa Ramadhan

Tips berikutnya, buat kampanye pemasaran digital Anda, baik di e-store, blog, atau akun bisnis Anda di berbagai platform jejaring sosial, dalam semangat bulan suci Ramadhan. 

Pendekatan seperti itu akan meningkatkan interaksi Anda dengan konten Anda selama bulan tersebut.

Hal tersebut secara otomatis akan membuat kampanye pemasaran elektronik, kampanye iklan, blog, atau bisnis Anda sukses selama Ramadhan. 

Misalnya dengan menambahkan ikon-ikon bulan Ramadhan seperti bulan sabit dan bintang, lentera, petasan, dan lain-lain.

13. Buat Konten Terkait Ramadhan

Konten yang Anda berikan kepada audiens Anda selama bulan Ramadhan harus relevan dengan bulan suci. 

Misalnya, tips khusus untuk berpuasa selama sebulan, hiburan menjelang buka puasa, konten bertema rohani, atau informasi berguna lain untuk meningkatkan interaksi. 

Nah, itulah beberapa tips meningkatkan penjualan bisnis online di bulan Ramadhan yang bisa Anda praktekkan, terutama di situasi pandemi seperti sekarang. Semoga bermanfaat!
 

Close

Lescadana

Customer Services