Mau Beli Emas? Perhatikan 5 Tips Ini Supaya Untung Besar!

06 September 2022

Selama ini, kita tahu bahwa investasi yang paling sering digunakan adalah emas. Hanya sedikit yang bisa menyaingi emas sebagai barang investasi. Nah, buat Anda yang ingin investasi emas, perhatikan dulu tips beli emas di artikel ini supaya mendapatkan keuntungan yang besar alias terhindar dari kerugian.

Mengapa banyak yang berinvestasi emas? Hal itu dikarenakan harga emas yang cenderung stabil, terhindar dari inflasi, dan cenderung mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Intinya, berinvestasi emas itu risikonya kecil.

Selain itu, Anda juga bisa memilih ingin berinvestasi emas dalam bentuk apa. Sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

Baca juga: Cara Kredit Emas di Pegadaian dan Keuntungannya

Mau Beli Emas Bentuk Apa?

Bentuk emas itu maksudnya ada yang beli emas fisik, seperti koin, perhiasan, dan batang. Ada pula yang membeli emas dalam bentuk ETF (dana yang diperdagangkan di bursa emas) dan saham emas. Kita coba bahas satu per satu, yuk!

Emas Batangan

Sesuai dengan namanya, emas yang satu ini berbentuk batang. Sering kali juga disebut dengan emas murni. Jadi, bukan seperti emas perhiasan yang bisa dipakai dalam bentuk kalung, gelang, dan cincin, ya.

Emas batangan menjadi benda yang banyak dipilih untuk investasi. Mengingat bahwa harganya yang lebih mahal dan hanya sekadar untuk simpanan. Namun, perlu Anda perhatikan lagi jika membeli emas batangan dalam bentuk fisik. Pasalnya, Anda perlu memiliki penyimpanan emas sendiri supaya keamanannya terjaga. Tidak mau, kan, kalau ada emas batangan di rumah, terus tiba-tiba hilang dicuri atau ada yang tidak sengaja memainkannya?

Untuk emas bentuk fisik itu tidak hanya emas batangan saja, sih, yang harus dijaga keamanannya. Semua bentuk emas juga perlu dijaga keamanannya supaya Anda tidak rugi.

Emas Perhiasan

tips beli emas perhiasan
Emas perhiasan dalam beragam bentuk (dok. Flickr)

Selanjutnya ada emas perhiasan. Nah, emas yang satu ini bisa dipakai dalam bentuk gelang, cincin, kalung, dan anting. Sayangnya, kalau untuk investasi, emas perhiasan lebih banyak risikonya, lho, daripada emas batang atau emas murni.

Pertama, tidak semua toko emas punya reputasi baik. Perlu dicek lagi keaslian emas tersebut. Kedua, Anda juga perlu membayar jasa produksinya. Semakin rumit bentuknya, maka jasanya juga akan semakin tinggi. Ketiga, penggunaan emas perhiasan juga perlu diperhatikan supaya tidak rusak, patah, atau hilang untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Koin Emas

Sesuai dengan namanya, emas yang satu ini berbentuk koin. Di mana, koin tersebut terbuat dari emas, baik secara keseluruhan, maupun sebagian, tergantung dari kadar emasnya.

Namanya juga koin, tentu saja ada beberapa negara yang menjadikan koin emas ini sebagai mata uang yang sah. Contohnya, ada Zimbabwe yang baru-baru ini meluncurkan koin emas sebagai alat pembayaran yang sah. Tujuannya untuk menjinakkan inflasi yang mengikis nilai mata uang negara tersebut.

ETF Emas

emas koin sekarang sudah menjadi mata uang di beberapa negara
Emas koin sebagai mata uang resmi di beberapa negara/ (dok. Flickr)

Selanjutnya, Anda juga berinvestasi dalam bentuk ETF emas dan reksadana. Bentuk yang satu ini sedang banyak peminatnya, lho. Pasalnya, bentuk tersebut bisa memberi Anda eksposur terhadap stabilitas jangka panjang.

Sistemnya sama seperti saham. Jadi, ketika Anda membeli ETF emas, Anda tidak mendapatkan bentuk fisik emasnya. Melainkan tertulis dalam bentuk kertas. Bukankah cara seperti ini lebih aman daripada menyimpan emas fisik dalam rumah?

Nah, dari beberapa bentuk emas di atas, Anda tertarik untuk beli emas dalam bentuk apa? Kalau Anda tertarik untuk membeli salah satunya, maka perhatikan juga bagaimana cara membeli emas supaya dapat untung besar. Berikut ini tips-tipsnya.

Baca juga: Mau Investasi Beli Emas? Ketahui Tipsnya

Tips Membeli Emas Supaya Untung

1. Cari Informasi Harga Emas Terkini

Tips pertama untuk Anda lakukan sebelum membeli emas adalah research harga emas terkini. Instrumen seperti ini tetap fluktuatif dalam kondisi tertentu, lho, meskipun emas cenderung stabil, ya.

Nah, untuk emas perhiasan, selain melihat harga emas terkini, Anda juga perlu mengecek langsung bentuknya. Adakah tambahan lain selain emas? Misalnya, ada batuan berharganya. Hal itu akan meningkatkan harga emas perhiasan tersebut.

Oh iya, saat research, Anda juga perlu melakukannya dengan membandingkan harga di tempat yang satu dan lainnya. Jika ada perbedaan, lihat keuntungan dan kerugian lainnya masing-masing.

2. Cek Kadar Emasnya

Semakin tinggi kadar emasnya, maka akan semakin tinggi juga harganya. Sebaliknya, semakin rendah kadarnya, maka akan semakin rendah juga harganya.

Di pasaran, Anda bisa menemukan emas perhiasan mulai dari kadarnya 9 karat hingga 24 karat. Untuk investasi, lebih baik Anda memilih emas yang kadarnya tinggi. Karena, semakin tinggi kadar dan harga, maka akan semakin stabil juga. Mirip-mirip dengan emas batangan.

3. Beli di Tempat yang Memiliki Reputasi Baik dan Terpercaya

Pastikan juga Anda telah melakukan research toko emas atau tempat jual beli emas. Sebisa mungkin hindari membeli emas di sembarang toko. Membeli emas di toko yang reputasinya baik tentu akan bermanfaat bagi Anda. Hal itu memudahkan Anda ketika akan menjualnya kelak.

4. Cek Kondisi Emas

Untuk Anda yang ingin membeli emas dalam bentuk fisik, tips yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Anda juga tentu penasaran, kan, apakah emas yang Anda beli tersebut buruk atau tidak.

Oleh karena itu, saat akan membeli emas, perhatikan juga kondisinya. Adakah cacat dalam emas tersebut? Pastikan Anda mengecek keseluruhan kondisi emas tersebut. Karena, hal itu ada hubungannya dengan poin selanjutnya.

5. Perhatikan Keaslian Emas

Emas juga ada yang palsu. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian, maka pastikan dulu tingkat keaslian emas tersebut. Ini nyambung, sih, sama poin 3, yaitu beli di tempat dengan reputasi baik.

Dengan begitu, Anda tidak akan terkena tipu penjual emas yang membuat Anda mengalami kerugian besar. Oh iya, perlu diperimbangkan juga untuk tidak membeli emas yang harganya terlampau murah alias tidak masuk akal. Alih-alih asli, emas tersebut bisa saja emas palsu, bahkan hanya sepuhan.

Baca juga: Cicil Emas atau Tabungan Emas, Untung Mana?

Itu dia informasi seputar tips beli emas supaya Anda tidak mengalami kerugian besar. Bagaimana, apakah informasi di atas cukup membantu Anda yang sedang bingung berinvestasi emas

Close

Lescadana

Customer Services