Panduan Beli Emas Antam: Investasi Aman dan Menguntungkan

11 November 2023

Tidak dapat dipungkiri, saat ini sudah banyak masyarakat yang memilih untuk berinvestasi demi kehidupan lebih baik di masa mendatang. Terlebih lagi, didukung dengan banyaknya barang yang bisa diinvestasikan, mulai dari perhiasan, barang mewah, dan lain sebagainya. Namun, barang yang paling populer dan sering diinvestasikan adalah emas.

Kini, ada emas antam yang juga bisa Anda gunakan untuk berinvestasi demi masa depan lebih baik. Beli emas antam dan dijadikan investasi merupakan langkah tepat yang Anda pilih. Namun, ternyata belum banyak yang mengetahui mengenai emas antam.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut. Berikut pembahasan mengenai apa itu emas antam dan perbedaannya dengan emas biasa. Yuk, simak penjelasannya!

Apa yang Dimaksud Emas Antam?

beli emas antam

Pexels.com

Emas antam merupakan sebuah emas batangan yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk serta telah menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan instrumen investasi. PT. Aneka Tambang Tbk sendiri adalah salah satu perusahaan BUMN yang memang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Maka dari itu, emas batangan dari perusahaan BUMN tersebut sudah memiliki sertifikat yang menjelaskan perihal berat, ukuran, kadar karat dan kemurnian, hingga nomor serinya. Bahkan, keaslian dari emas ini juga sudah dijamin oleh sertifikat model chip. 

Terlebih lagi, emas antam juga sudah aman dari pemalsuan yang mana telah diakui langsung oleh London Bullion market Association (LBMA). Hal inilah yang membuat emas antam cocok dan aman digunakan untuk investasi.

Perbedaan Emas Antam dengan Emas Biasa

beli emas antam

Feepik.com

Ternyata, jenis emas tidak hanya antam saja, melainkan ada beberapa produksi dari perusahaan lain. Misalnya, emas yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Perusahaan ini memproduksi emas dengan kadar kemurniannya sebesar 24 karat dan kini sudah cukup terkenal di pasaran. 

Namun, kedua jenis emas tersebut tentunya memiliki sebuah perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing. Pertama, perihal ukurannya antara antam dan UBS pun berbeda, di mana jika antam mulai dari 0,5 hingga 1000 gram. Namun, untuk emas UBS lebih sedikit, yakni 0,5 sampai 100 gram saja.

Kemudian, dari segi harganya pun berbeda karena emas antam memiliki harga yang lebih tinggi dari pada emas UBS. Hal ini dikarenakan kualitasnya lebih bagus emas antam. 

Selain itu, untuk tingkat likuiditasnya pun masih lebih likuid emas antam dibandingkan UBS karena mudah ditukar dengan uang tunai di luar negeri. Sedangkan UBS diklaim kurang likuid serta harganya berubah sewaktu-waktu. 

Panduan Beli Emas Antam

beli emas antam

Pexels.com

Setelah memahami pernyataan di atas, tidak menutup kemungkinan Anda ingin beli emas antam dan menggunakannya untuk investasi. Namun, sebelum membelinya, Anda wajib untuk memahami panduan di bawah ini:

1. Lakukan riset

Hal pertama sebelum mulai beli emas antam, silahkan Anda melakukan riset tentang pasar emas serta produk apa saja yang ditawarkan oleh PT Aneka Tambang Tbk. Pahami berbagai jenis dan bentuk emas yang ingin Anda beli. Di mana, perusahaan ini tidak hanya menawarkan emas batangan saja, melainkan perhiasan juga tersedia.

2. Temukan distributor resmi

Saat ini, emas antam sudah bisa dibeli secara offline maupun online. Anda bisa dengan mudah menemukan dan membelinya lewat toko terdekat maupun secara online melalui aplikasi dan website.  Namun, tetap pastikan bahwa mereka memang distributor resmi dari PT Aneka Tambang Tbk yang menjual emas antam. Selain itu, Anda juga bisa beli emas antam di pegadaian terdekat.

3. Tentukan jumlah emas yang akan dibeli

Apabila Anda sudah mengetahui jenis dan menemukan distributor resminya, maka tahap selanjutnya adalah dengan menentukan berapa jumlah emas antam yang akan dibeli. Silakan sesuaikan kebutuhan dan tujuan investasi Anda. Pastikan pula, Anda membeli emas ini sesuai dengan budget yang dimiliki.

4. Lakukan verifikasi keaslian

Meskipun Anda melakukan pembelian lewat distributor resmi, namun harus tetap melakukan verifikasi keaslian emas supaya tidak terjadi penipuan. Pastikan emas antam yang Anda beli adalah asli. Biasanya, pihak distributor akan memberikan sertifikat keaslian yang sah, sehingga Anda bisa melihat dan mengecek terlebih dahulu sebelum membeli.

5. Lakukan pembayaran

Jika Anda sudah deal dengan jumlah dan jenis emas antam yang akan dibeli, maka selanjutnya masuk ke tahap pembayaran. Silakan lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera. Kemudian, Anda akan mendapatkan barang berupa emas antam beserta sertifikat keaslian dari pihak distributor.

Di mana Saya Bisa Beli Emas Antam?

Jika Anda ingin membeli emas antam, tidak perlu khawatir dan bingung memilih distributornya. Anda bisa membeli di Bank Lescadana yang menjadi salah satu distributor resmi emas antam terbaik dan terpercaya di Indonesia. 

Melalui distributor tersebut, dijamin Anda akan mendapatkan fasilitas dan layanan terbaik. Para pegawainya pun ramah, profesional, serta selalu mengedepankan kepuasan konsumen. Selain itu, keamanannya pun sangat terjamin karena Bank Lescadana sudah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penutup

Sekarang ini, salah satu instrumen investasi aman dan menguntungkan adalah emas antam. Anda bisa beli emas antam mulai dari sekarang di distributor resmi dan dijadikan sebagai instrumen investasi, sehingga dapat membantu mewujudkan kehidupan lebih baik di masa mendatang. Tunggu apalagi? Saatnya Anda dan keluarga untuk melakukan investasi sejak dini supaya mempunyai tabungan dan membantu kebutuhan di masa depan.

Close

Lescadana

Customer Services