Modal Usaha Terbatas? 8 Ide Kreatif Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

07 August 2023

Ide Kreatif Untuk Mengembangkan Bisnis

Berbicara mengenai bisnis, memang tidak ada habisnya memang. Karena bisa dibilang bisnis selain memberikan keuntungan serta memberikan kesempatan bagi orang lain untuk bekerja. Karena dengan kita membuka lahan bisnis yang baru, secara tidak langsung kita akan memberikan kesempatan lahan pekerjaan yang baru dan sangat berguna untuk kehidupan mereka. Sehingga tidak heran bahwa dengan membuka bisnis ini menjadi salah satu cara jawaban akan keuntungan yang bisa didapatkan.

Meskipun begitu, salah satu permasalah dari pembuatan usaha dan bisnis ini adalah soal modal. Karena sejujurnya, dalam membuat sebuah bisnis atau usaha, membutuhkan modal usaha yang tidaklah sedikit. Selain itu, resiko dalam membuat bisnis yang baru juga tergolong sangat besar. Bahkan ketika tidak memiliki strategi yang tepat, membuat potensi kerugian yang didapatkan juga tergolong sangat besar. Sehingga memang membuat sebuah bisnis merupakan salah satu langkah yang harus dipikirkan matang-matang.

Meskipun begitu, sebenarnya, ketika membuat sebuah bisnis ini sebenarnya banyak opsi dan pilihan yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Dan terkadang, pasti akan ada saja yang namanya ide bisnis yang mungkin tidak pernah dipikirkan oleh 0rang-orang. Misalnya sesuai dengan hobi, kesenangan, atau hal apapun yang sebenarnya bisa dijadikan sebagai lahan keuangan yang sangat menguntung. Nah berikut ini, kami akan memberi 8 ide kreatif untuk mengembangkan bisnis yang anda miliki meskipun memiliki modal yang tergolong sangat terbatas.

1. Menentukan Tujuan Bisnis Yang Ingin Dilakukan

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk dapat membuat rancangan bisnis yang ideal meski dengan modal terbatas adalah adalah dengan menentukan tujuan bisnis yang akan anda bangun tersebut. Setiap pebisnis tentu saja ingin menjalankan sebuah usaha untuk mendapatkan keuntungan. Namun, keuntungan seperti apa yang ingin kamu dapatkan? Berapa angka pasti keuntungan yang ingin kamu dapatkan dalam tahun ini atau mungkin 5 tahun ke depan? Karena ini berkaitan dengan modal usaha yang sudah anda keluarkan tersebut.

2. Melakukan Research Bisnis Yang Akan Dijalankan

Berikutnya adalah dengan melihat atau melakukan research bisnis yang ingin anda jalankan. Carilah informasi yang sebanyak-banyaknya terkait dengan bisnis yang akan kamu jalankan. Tidak jarang orang yang hanya langsung terjun untuk membuka bisnis yang mereka inginkan tanpa melakukan research terlebih dahulu. Pada akhirnya, bisnis tersebut menjadi gagal atau bahkan sulit untuk berkembang. Apalagi dengan bisnis dengan modal yang terbatas, akan sangat penting untuk anda perhatikan dengan baik.

3. Mempelajari Kompetitor

Hal lainnya yang juga perlu anda pahami adalah dengan melihat seperti apa kompetitor dari bisnis yang ingin anda jalani tersebut. Sebagai pebisnis, anda harus mempelajari siapa kompetitor yang harus dihadapi. Anda juga dapat memahami bagaimana kompetitor menjalankan bisnis mereka, strategi pemasaran apa yang mereka gunakan untuk dapat menarik perhatian orang, berapa keuntungan yang didapatkan setiap bulannya, serta modal yang dibutuhkan itu sendiri.

4. Melakukan Kegiatan Pemasaran

Hal yang satu ini merupakan salah satu yang cukup penting dan krusial, yaitu melakukan strategi pemasaran yang tepat, meskipun dengan modal yang terbatas. Kegiatan pemasaran sangat penting untuk dilakukan agar bisnis yang akan kamu jalankan dapat dikenal oleh lebih banyak orang. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan pemasaran, asal masih sesuai dengan budget yang anda miliki tersebut.

5. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Yang Dimiliki

Meskipun memiliki modal dan dana yang terbats, bukan berarti anda tidak meningkatkan kualitas sumber daya untuk menjalankan bisnis tersebut. Karena pada dasarnua, pengembangan usaha tidak akan lepas dari peningkatan kualitas sumber daya  usaha Mulai dari penggunaan bahan baku atau sumber daya manusia. Karena, semakin berkualitas bahan baku pembuat produk anda dan semakin ahli sumber daya manusia, maka anda dapat menjalankan usaha dengan lebih baik.

6. Melakukan Inovasi Produk

Hal berikutnya yang juga tidak kalah penting dalam mengembangkan usaha dan bisnis anda meskipun modal terbatas dengan melakukan inovasi produk. Inovasi produk erat kaitannya dengan pengembangan usaha, karena ketika tidak bisa melakukan inovasi biasanya akan kalah dari kompetisi. Untuk dapat melakukan inovasi produk, anda bisa mulai dengan mendengarkan keluhan atau masukan dari konsumen. Lalu pengguna produk anda adalah pihak yang sangat mengerti kelebihan dan kelemahan produk kamu.

Anda juga bisa memberikan angket atau survei mengenai kepuasan untuk mencari tahu apa sih yang ingin di cari dari konsumen tersebut. Setelah itu, baru sesuaikan dengan budget yang anda miliki agar bisa memberikan produk yang punya kualitas yang jauh lebih baik.

7. Memperluas Relasi Bisnis

Menjalankan usaha tidak hanya sekedar perkara operasional dan keuangan sehari-hari, tetapi juga hubungan dengan pebisnis lainnya. Terutama bagi anda yang memang punya modal usaha terbats, memperluas relasi bisnis merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan. Memang harus dimulai dari lebih serius dan fokus untuk mengembangkan produk anda dan membuat proses bisnis kamu lebih efisien. Namun, relasi bisnis yang bagus dapat membantu sebuah bisnis juga.

8. Melakukan Penilaian Dan Evaluasi Yang Berkala

Hal terakhir yang mungkin perlu anda coba dan lakukan pengembangan ide dan peluang usaha adalah melakukan penilaian dan evaluasi secara berkala. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu mengetahui bagaimana perjalanan bisnis dalam periode waktu tertentu. Dari perkembangan yang didapatkan, kamu dapat melakukan evaluasi untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik lagi.

Informasi Kontak Kredit Berkualitas

Nah setelah melihat 8 ide kreatif untuk terus mengembangkan usaha dan bisnis anda meski dengan modal terbatas, hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah dengan mencari bank yang siap membantu kelancaran usaha anda. Kami dari Bank Lescadana hadir untuk membantu anda dalam menghadirkan berbagai produk perbankan berkualitas tinggi. Kami sudah berpengalaman dalam memberi kepuasan memberi pelayanan mempermudah pembayaran, transaksi, dan kredit berkualitas yang kami hadirkan.

Nah bagi anda yang tertarik, anda bisa langsung datang di 2 cabang kami di Jakarta dan Batam. Untuk di Jakarta, kami berlokasi di The Arcade Blok 3 PP & 3 PR, Jalan Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Untuk kontak marketingnya di nomor telepon 021-30051080. Sedangkan di Batam, kami berlokasi di Komp Ruko Sinar Penuin, Blok D no 8, Batam. Atau anda bisa hubungi kontak marketing kami di nomor telepon 0778-4891999.

 

Close

Lescadana

Customer Services