Kredit Back to Back, Kenapa Lebih Menguntungkan?

20 April 2022

Pahami apa yang dimaksud dengan kredit back to back, jenis-jenis, serta manfaat dan keunggulannya di artikel ini!

Kredit back to back adalah salah satu solusi terbaik untuk mengambil pinjaman, pasalnya jenis pinjaman ini memiliki lebih sedikit risiko.

Walaupun menjadi salah satu jenis pinjaman yang cocok bagi pemenuhan kebutuhan manusia, sayangnya belum banyak yang menyediakan jenis pinjaman ini.

Bahkan fakta dilapangan menyatakan bahwa masih banyak yang awam mengenai apa itu pinjaman back to back dan kenapa bisa lebih menjanjikan.

Melalui artikel ini, Anda akan tahu alasan mengapa hal tersebut lebih menjanjikan daripada jenis pinjaman lainnya.

Apa itu Kredit Back to Back?

Kredit back to back adalah jenis pinjaman yang memungkinkan Anda menjaminkan aset likuid yang berbunga seperti uang kas, deposito, obligasi, atau surat berharga lainnya. 

Bunga yang diberikan dari pinjaman ini bisa dibilang cukup kecil, karena bunganya merupakan selisih dari bunga kredit umum dan bunga aset berharga yang Anda jaminkan. 

Jadi bisa dibilang nasabah akan memberi jaminan berupa sejumlah uang kepada Bank sebagai jaminan, dengan begitu Anda bisa menerima fasilitas kredit dari Bank tersebut.

Atau secara konsep pinjaman ini meminjam deposito yang Anda miliki, karena Anda akan mendepositkan dana yang Anda pinjam terlebih dahulu.

Misal, jika Anda telah mendepositokan Rp 100 juta, maka nantinya Anda bisa meminjam Rp 100 juta dengan deposit itu sebagai jaminannya.

Jadi jika disimpulkan, urutannya akan seperti uang jadi deposito, lalu pinjaman akan cair dengan maksimal pinjaman sesuai deposito yang Anda miliki.

Untuk deposito yang bisa dijadikan jaminan adalah deposito dengan minimal masa endapan 6 bulan dengan bank yang bersangkutan, atau kembali kepada kebijakan bank itu sendiri.

Walaupun dijadikan jaminan, namun deposito yang Anda miliki masih bisa Anda gunakan.

Karena pada dasarkan yang Anda gunakan adalah dana pinjaman bukan dana dari deposito Anda.

Deposito yang Anda endapkan akan diarahkan dalam kondisi Automatic Roll Over (ARO) + interest, dimana fungsinya untuk memperpanjang pokok deposito secara otomatis.

Interest sendiri berguna untuk memutar dana bunga yang didapatkan untuk kembali menjadi pokok deposito agar angka deposit terus bertambah.

Dengan begitu, uang yang Anda depositkan tidak akan berkurang karena potongan bulanan, namun malah akan bertambah melalui bunga yang ditambahkan tiap bulannya.

Deposito yang ditambahkan bunga tiap bulannya, angka yang terukir akan terus bertambah dari waktu ke waktu dan bisa Anda jadikan jaminan pinjaman.

Jenis-Jenis Kredit Back to Back

Pada dasarnya, pinjaman back to back dibagi atas beberapa jenis, berikut beberapa diantaranya:

1. Pinjaman Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Sesuai dengan namanya, jenis pinjaman back to back yang pertama ini diperuntukkan sebagai belanja kebutuhan sehari-hari.

Untuk melakukan pinjaman ini, Anda harus memasukkan kebutuhan-kebutuhan tersebut di dalam wishlist pada periode sebelum pinjaman berlaku.

Karena perputaran dana pada pinjaman ini lebih cepat, maka jenis ini membutuhkan pencairan yang lebih cepat juga.

Sedangkan untuk jaminannya, deposito akan ditahan selama beberapa waktu dan dikenakan bunga sebesar selisih bunga pinjaman dan bunga dari deposit itu sendiri.

2. Pinjaman Untuk Kekayaan Personal

Konsep dari pinjaman back to back ini hampir mirip dengan saham reksadana, namun yang jadi pembeda adalah pihak peminjam yang membeli saham pada perusahaan yang dipilih.

Tingkat toleransi risiko akan disesuaikan dengan kemampuan dari debitur untuk membayar angsuran pinjaman yang diajukan.

Pada jenis pinjaman ini, pihak pemberi pinjaman akan mengajukan syarat berupa aset yang dimiliki debitur seperti obligasi atau sejenisnya.

3. Pinjaman Untuk Wirausahawan Muda

Seperti yang terlihat, jenis kredit ini memang diperuntukkan untuk modal usaha bagi wirausahawan muda.

Kreatifitas dari para peminjam dana, akan di nilai dengan seksama. Hal ini berguna untuk menilai peluang keberhasilan usaha dari bisnis yang dirintis.

Untuk mendapatkan pinjaman dari jenis ini, tentu ada jaminan berupa deposito, obligasi dan beberapa jaminan lainnya

Keunggulan Kredit Back to Back

Jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lain, jenis pinjaman ini memiliki lebih banyak keunggulan yang kompetitif.

Berikut beberapa keunggulan yang akan Anda rasakan saat mengambil kredit back to back untuk mengatasi masalah keuangan Anda:

1. Suku Bunga Lebih Kecil

Walaupun memiliki batas maksimum yang tinggi, namun jenis pinjaman ini memiliki suku bunga yang sangat kecil.

Tingkat suku bunga rendah akan membuat pinjaman lebih menarik dan menjanjikan daripada produk pinjaman lainnya. 

Pada umumnya tingkat suku bunga dari pinjaman back to back adalah 1-2% atau setidaknya kurang dari 4% dari angka yang diajukan. 

Selain itu, selisih antara tingkat suku bunga deposito dan suku bunga pinjaman juga tidak jauh, hal ini membuat total biaya bunga juga akan menjadi lebih kecil.

2. Batas Maksimum yang Besar

Secara garis besar, pinjaman ini memiliki batas maksimum paling besar, yakni minimal 90% hingga 100% dari angka yang Anda jaminkan.

Sehingga Anda bisa mengajukan dana pinjaman yang lebih besar dari pada yang Anda dapatkan dari produk pinjaman lainnya. 

Angka tersebut sangat cocok jika Anda membutuhkan pinjaman besar untuk kebutuhan yang mendesak.

3. Deposito yang Dijaminkan Masih Bisa Dipakai

Karena yang Anda gunakan untuk menyelesaikan permasalahan adalah dana pinjaman, jadi dana deposito masih bisa digunakan dengan beberapa persyaratan yang telah ditentukan.

Dengan begitu tabungan tidak turun atau berkurang, hanya di tangguhkan sebagai jaminan pinjaman saja.

Syarat yang Diperlukan untuk Mengajukan Kredit Back to Back

Untuk mendapatkan pinjaman ini, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh debitur atau peminjam.

Seperti dana deposito yang telah mengendap (tidak digunakan atau tetap), minimal selama 6 bulan dengan angka yang cukup untuk mengembalikan pinjaman. 

Selain endapan dana, Anda juga harus melibatkan orang ke 3 selaku penanggung jawab apabila terjadi ketidak sanggupan membayar di kemudian hari.

Adapun persyaratan administratif seperti data diri mulai dari KTP, KK NPWP KTP penanggung jawab, slip gaji, buku tabungan, dan fotokopi surat agunan.

Alasan Kenapa Kredit Back to Back Lebih Menjanjikan

Seperti yang Anda tahu, pinjaman ini merupakan pinjaman yang sangat menjanjikan dan dapat diandalkan.

Selain keunggulan yang disebutkan diatas, ada beberapa alasan yang dapat disimpulkan dari pinjaman kredit back to back:

1. Risiko Lebih Kecil

Untuk kedua belah pihak pinjaman ini memiliki resiko yang lebih kecil, karena pada dasarnya yang dijaminkan adalah deposito yang setara dengan dana pinjaman.

Jadi jika terjadi telat bayar, pihak bank bisa mencairkan jaminan yang diberikan untuk menutup angsuran tersebut.

Sedangkan untuk peminjam, Anda tidak ada resiko kehilangan bayar jika Anda telat bayar, karena angsuran di cover oleh dana yang Anda endapkan.

2. Proses Kredit Lebih Mudah dan Cepat

Karena yang Anda tangguhkan sebagai jaminan adalah deposito dari bank tersebut, maka proses penanganan akan lebih cepat.

Karena dengan adanya ikatan kontrak dari kredit back to back, berarti Anda sudah memberikan hak pada bank untuk melakukan tindakan jika terjadi tunggakan pada pinjaman.

Selain itu dengan menangguhkan deposito tidak ada kegiatan pengecekan barang karena data jaminan sudah lengkap dimiliki Bank

3. Biaya Penanganan Lebih Murah

Untuk biaya penanganan lebih murah karena yaitu materai dan biaya administrasi saja. Pinjaman ini tidak dikenai biaya lainnya.

Mekanisme yang digunakan adalah penandatanganan sertifikat gadai deposito. Sehingga tidak memakan banyak dana pada biaya notaris.

Ajukan Kredit Back to Back di Bank Lescadana!

Butuh dana mendesak hari ini juga? Bank Lescadana menyediakan layanan khusus terutama bagi Anda yang sedang dalam proses ekspansi bisnis melalui Kredit Back to Back Lescadana

Spread bunga sebesar 2%-3% dari bunga tabungan/deposito dengan tenor maksimal 3 tahun (36 bulan).

Persyaratan dan proses pengajuan mudah dan cepat, dan pastinya aman.

Ajukan sekarang atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Nah, itu dia penjelasan mengenai kenapa kredit back to back lebih menjanjikan dari jenis kredit lainnya. Semoga bermanfaat!

Close

Lescadana

Customer Services