Harga Emas Hari Ini Terupdate untuk Jual Beli yang Tepat

18 September 2023

Emas menjadi barang logam mulai dengan nilai jual yang cukup menguntungkan. Meskipun emas tergolong barang investasi yang minim akan keuntungan, namun logam mulia ini diminati oleh banyak kalangan karena berisiko rendah. Tentunya sebagai alat investasi selalu terjadi jual beli, untuk Anda yang sedang berinvestasi dalam logam mulia tersebut sangat penting untuk memperhatikan harga emas hari ini. 

Harga Emas Hari Ini September 2023 

harga emas hari ini

alblimited.com 

Logam mulia emas di Indonesia yang banyak beredar yaitu emas dengan merk Antam, sehingga perubahan harga emas per hari ini dapat mengacu pada website resmi tersebut. Pada hari ini 12 September 2023, harga emas dengan kadar kemurnian 99% atau emas batangan senilai Rp 1.071.000 per 1 gram nya. Nilai tersebut tergolong lebih tinggi sebesar Rp 1000 daripada tanggal sebelumnya yaitu 11 September 2023. 

Tentunya harga tersebut berbeda dengan harga emas batangan gift series. Dimana pada gift series dibanderol dengan harga Rp 1.221.000 untuk setiap gram nya. Istimewanya, emas gift series memiliki harga yang lebih tinggi dikarenakan produk emas yang dijual ini ditujukan untuk menjadi sebuah hadiah bagi orang-orang terdekat atau momen spesial. Sehingga memiliki tampilan yang elegan dan dibungkus dengan kartu ucapan yang unik. 

Faktor Fluktuasi Harga Emas 

Jika diamati, harga emas berbeda dari satu hari dengan hari lainnya. Selain itu, perubahan harga setiap harinya tersebut akan selalu di update pada jam 08.30 WIB. Perubahan harga jual dan beli emas setiap harinya tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor sebagai berikut: 

Perubahan Suku Bunga dan Nilai Dollar USA 

harga emas hari ini

mortgagemaster.com

Suku bunga dapat berubah akibat adanya kebijakan moneter yang dilakukan oleh The Fed sebuah bank di Amerika Serikat. Perubahan suku bunga inilah yang membuat harga emas hari ini menjadi naik dan turun daripada hari sebelumnya. 

Ketika harga emas naik artinya suku bunga sedang diturunkan oleh The Fed. Hal ini bisa terjadi karena nilai mata uang dolar menjadi lebih rendah sehingga banyak pecinta investasi lebih cenderung memilih logam mulia seperti emas. 

Jumlah Emas yang Diproduksi 

Layaknya sebuah produk, semakin tinggi ketersediaannya maka semakin rendah harga yang akan diperjual belikan. Namun sebaliknya, semakin langka keberadaan suatu barang atas permintaan yang tinggi menyebabkan tawaran harga menjadi meningkat. 

Nah untuk itu, meningkatnya harga emas hari ini dibandingkan hari sebelumnya pada poin di atas sangat mungkin dipengaruhi oleh hal ini. Karena semakin tinggi permintaan akan emas murni di pasaran, maka penambang harus bekerja lebih dalam lagi untuk memenuhi permintaan tersebut. 

Peristiwa Penting Dunia 

harga emas hari ini

RMEGold.com 

Peristiwa dunia sangat berpengaruh dalam hal ekonomi, terlebih yaitu dalam hal investasi seperti emas ini. Peristiwa dunia yang gempar contohnya seperti ultimatum Rusia terhadap Ukraina terasa sangat menegangkan bagi seluruh masyarakat dunia. 

Pada akhirnya investor akan merasa situasi ekonomi mendesak dan kebanyakan dari mereka akan memilih jalur investasi yang aman seperti emas. Justru pada kondisi ini, harga emas memiliki potensial untuk meningkat meskipun memiliki stigma sebagai alat investasi yang minim keuntungan namun dapat menjadi safe place. 

Waktu yang Tepat Jual Beli Emas 

Jika Anda termasuk ke dalam sekelompok orang yang memilih emas sebagai alat investasi terbaik, maka Anda perlu tahu waktu yang tepat untuk mendapatkan untung. 

Jika ditinjau dari segi bulan dalam satu tahun, bulan Januari memiliki peluang yang besar untuk membeli emas karena harganya yang cukup rendah. Sedangkan pada bulan Juli-September, nilai emas mulai meningkat yang mana menandakan bulan yang tepat untuk menjual emas. Hal inilah yang dikatakan oleh seorang analis emas dari Amerika Serikat, Jeff Clark. 

Bagaimana dengan bulan-bulan pertengahan seperti April, Mei, dan Juni? Ketiga bulan tersebut fluktuasinya lebih rendah sehingga lebih aman untuk melakukan pembelian ataupun penjualan. Terutama jika memang Anda sudah sangat membutuhkan emas hasil investasi Anda untuk dijual. 

Seorang investor emas pemula terkadang terhalang dalam pembelian emas yang cukup tinggi. Namun permasalahan tersebut dapat dengan mudah diatasi dengan cara memanfaatkan layanan cicil emas yang disediakan oleh Bank Lescadana. Melalui Bank Lescadana, cicil emas dapat dilakukan mulai dari emas 3 gram dengan waktu maksimal cicilan adalah 24 bulan. Emas yang dicicil tentu saja sudah tersertifikasi emas Antam dengan kemurnian tinggi, jadi bebas khawatir akan tipuan. 

Penutup

Jadi, untuk Anda investor emas baik pemula ataupun pemain lama sudahkah memperhatikan harga emas hari ini sebelum melakukan jual beli? Tentu saja jangan sampai membeli emas pada agen yang tidak tersertifikasi. 

Akan sangat disayangkan jika ternyata emas yang telah dibeli memiliki kadar yang kecil dan menyebabkan Anda gagal berinvestasi. Sekali lagi, Anda dapat mengandalkan agen terpercaya seperti Bank Lescadana.

Close

Lescadana

Customer Services