Emas Digital: Cara Kerjanya, Tempat Membeli, Manfaat, dan Kekurangannya

10 August 2021

Saat ini, emas tidak lagi digunakan sebagai mata uang, tetapi masih dapat digunakan sebagai uang. Faktanya, emas telah menjadi penyimpan nilai selama lebih dari 3000 tahun. Jauh lebih lama dari mata uang manapun di manapun. Meskipun saat ini kita sedang berada di tengah pandemi global COVID-19, tetapi orang Indonesia telah menemukan cara baru untuk berinvestasi di logam kuning – Emas Digital. Di masa pandemi ini, orang-orang ragu untuk mengunjungi toko perhiasan dan dealer emas. Oleh sebab itu, memperoleh emas secara online telah menjadi solusi sempurna bagi banyak investor. Namun, sebelum kita mendalami apa itu emas digital, mari kita lakukan ikhtisar singkat tentang bagaimana kita beli emas untuk berinvestasi selama bertahun-tahun.

Cara Berinvestasi Emas?

Secara historis cara paling umum untuk berinvestasi di emas adalah dengan membeli emas fisik dalam bentuk:

  • Koin
  • Emas batangan
  • Perhiasan

Selain itu, Anda juga memiliki Obligasi Emas Negara, Reksa Dana Emas, dan ETF Emas untuk dipilih. Tetapi selama pandemi, metode lain untuk berinvestasi dalam emas yang telah mendapatkan popularitas luar biasa adalah dalam bentuk Emas Digital.

Apa itu Emas Digital?

Membeli emas fisik tentu memiliki kelemahan. Ada masalah mengidentifikasi legitimasi dan kemurniannya, lalu ada masalah keamanan dan penyimpanan. Satu lagi masalah adalah bahwa kita berada di tengah-tengah pandemi. Tidak baik rasanya untuk pergi ke pedagang emas atau toko perhiasan. Sedangkan, di sisi lain, emas digital dapat dibeli secara online. Anda pun tidak perlu lagi pergi ke pedagang emas atau toko perhiasan. Selain itu, emas digital dapat disimpan dengan aman di brankas yang diasuransikan oleh penjual atas nama pelanggan. Dengan demikian, ini membantu Anda mengatasi semua masalah pembelian emas fisik yang telah disebutkan sebelumnya. Yang Anda butuhkan hanyalah internet/mobile banking dan Anda pun sudah dapat berinvestasi emas secara digital kapan saja dan di mana saja.

Bagaimana Cara Kerja Emas Digital?

Anda dapat beli emas digital dari beberapa mobile e-wallet, seperti Bank Lescadana. Pialang, seperti Pegadaian juga memiliki opsi untuk investasi emas digital. Setelah Anda berinvestasi dalam emas digital, perusahaan perdagangan ini membeli emas fisik dalam jumlah yang setara dan menyimpannya atas nama Anda di brankas yang aman. Tetapi, apakah prosesnya sebenarnya semudah dan senyaman kedengarannya? Mari kita lihat bagaimana Anda dapat berinvestasi di emas digital!

Bagaimana Cara Berdagang Emas Digital?

Pertama, Anda mengunjungi salah satu platform yang menawarkan investasi emas digital seperti Bank Lescadana.Setelah Anda berada di platform mereka, Anda melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Masukkan jumlah dalam gram – Anda dapat membeli emas berdasarkan berat dengan kurs pasar langsung.
  2. Pilih metode pembayaran Anda – Setelah Anda menyelesaikan proses, Anda akan memiliki beberapa opsi pembayaran untuk dipilih, seperti akun, kartu, atau dompet.
  3. Simpan emas Anda di loker yang aman – Akun Anda diperbarui secara instan, dan dapat diakses 24/7.
  4. Jual kapan pun Anda mau – Anda dapat memilih untuk menjual emas Anda sendiri secara digital ke platform kapan pun Anda mau.
  5. Ambil pengiriman emas fisik – Jika Anda memilih untuk tidak menjual emas, Anda dapat meminta pengiriman emas Anda dalam bentuk koin atau batangan. Catatan: Berlaku biaya pengiriman.

Manfaat Berinvestasi Emas Digital

  • Anda dapat mengambil pengiriman emas fisik
  • Emas digital dapat dijadikan sebagai jaminan pinjaman online.
  • Emas digital adalah asli dan kemurniannya adalah 24K.
  • Pembelian Anda disimpan dengan aman dan juga 100% diasuransikan.
  • Anda dapat menukar emas digital dengan perhiasan fisik atau koin emas dan batangan.

Kekurangan Berinvestasi dalam Emas Digital:

  • Biaya pengiriman dan pembuatan selanjutnya diterapkan pada harga emas.
  • Dalam beberapa kasus, perusahaan hanya menawarkan periode penyimpanan terbatas. Setelah itu, Anda harus menerima pengiriman fisik atau menjual emas.

Itulah penjelasan mengenai investasi emas digital. Mulai dari cara kerjanya, tempat membeli, manfaat, hingga kekurangannya. Nah, bagi Anda yang tertarik dan ingin berinvestasi emas, khususnya emas digital, maka Anda dapat mempercayakannya pada Bank Lescadana.

Bank Lescadana

Bank Lescadana adalah hasil pengambilalihan (akuisisi) beberapa Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) yang dimulai pada tahun 2018 dengan tujuan utama untuk membangun lembaga keuangan yang sehat, terpercaya, dan aman. Mengikuti perkembangan zaman, kami selalu mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk Anda, terutama: Tabungan yang aman dengan akses mudah setiap saat, deposito bunga menarik dan layanan terpercaya, kredit dengan bunga rendah dan proses mudah, serta cicilan dan pembelian emas dengan mudah dalam program Ci-Mas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi emas dari Bank Lescadana, bisa Anda peroleh melalui website official Bank Lescadana atau hubungi kami.

Close

Lescadana

Customer Services