Deposito BPR Terbaik untuk Modal Bisnis

20 October 2023

Apakah Anda merupakan seorang pebisnis yang membutuhkan modal bisnis? Kalau Anda butuh bisa mencari tempat yang menyediakan pinjaman berupa deposito BPR terbaik. Setelah mendapatkan modal bisnis, Anda harus mengelolanya dengan baik dan benar.

Deposito sama dengan tabungan berjangka yang sudah sering dilakukan oleh para pebisnis. Salah satu alasan mengapa banyak pebisnis yang memiliki deposito adalah karena memiliki penawaran bunga yang cukup tinggi serta tidak ada biaya administrasi yang dibebankan.

Mengenal Deposito BPR

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Sebelum mencari tahu lebih lanjut tentang deposito BPR, penting untuk mengetahui apa pengertian dari deposito tersebut. Deposito BPR adalah sebuah produk simpanan berjangka yang diadakan oleh Bank Perkreditan Rakyat dan memiliki suku bunga yang terbilang tinggi.

Dibandingkan dengan deposito milik bank umum, bunga deposito yang dimiliki oleh BPR memiliki suku bunga tinggi dan tidak ada biaya administrasi. Ketika Anda ingin membuat produk simpanan tersebut bisa memilih jangka waktu atau tenor.

Tenor bisa selama satu hingga 12 bulan dan Anda bisa memilih sekitar 1.500 produk deposito. Setelah mengambil pinjaman itu, dana simpanan tersebut akan langsung dikelola oleh mitra dari BPR yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Kalau Anda tertarik dengan pinjaman tersebut, bisa mencari salah satu bank yang menyediakan pinjaman deposito BPR terbaik. Jangan sampai salah pilih dan jika sudah tahu akan meminjam di mana, tinggal mengikuti persyaratannya saja.

Kelebihan Deposito BPR

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Bagi pebisnis yang masih bingung mengapa pinjaman deposito bisa menjadi modal bisnis yang tepat, Anda bisa simak kelebihannya di bawah ini.

1. Bunga Tinggi dan Stabil

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Kelebihan pertama adalah bunga yang didapatkan oleh nasabah terbilang cukup tinggi dan stabil. BPR menyalurkan kreditnya secara langsung dan spesifik ke pebisnis dengan suku bunga yang terbilang tinggi dibandingkan dengan bank umum lainnya.

Oleh karena itu, dana simpanan bisnis tersebut akan kembali dengan jumlah yang berbeda. Sebagai pebisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman deposito mulai dari 1 juta rupiah dan imbal hasilnya sekitar 6 persen per tahun.

Angka ini terbilang cukup tinggi daripada simpanan kredit yang diatur di bank-bank lainnya. Lain halnya dengan instrumen investasi karena resikonya lebih tinggi. Deposito adalah investasi yang terbilang cukup stabil.

2. Aman

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Apabila mempercayakan deposito BPR terbaik ke bank yang tepat, kelebihannya adalah aman. Produk dana simpanan yang disediakan oleh BPR sama amannya dengan yang disediakan oleh bank umum.

Hal ini terlihat dari jaminan yang diberikan oleh pihak bank yaitu mencapai 2 miliar rupiah untuk satu akun dari Lembaga Penjamin Simpanan. 

Namun, sebelum itu pastikan kalau Anda memilih tempat yang tepat untuk dana simpanan yang sudah diawasi oleh OJK.

3. Mudah dan Transparan

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Kelebihan dari deposito BPR adalah transparan dan mudah sehingga Anda tidak perlu bolak-balik lagi ke bank untuk melakukan pengecekan. 

Anda hanya cukup datang ke bank untuk melakukan pendaftaran saja dan sisanya Anda bisa mengecek langsung lewat ponsel.

Anda bisa mengecek kapan dan di mana saja ketika ingin tahu jumlah dari dana simpanan yang masuk ke akun. 

Walaupun Anda tidak sempat untuk melakukan pendaftaran di bank, nasabah diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran secara online.

 Jenis Deposito BPR

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari deposito BPR terbaik berikutnya adalah jenis-jenis deposito BPR yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, akan lebih mudah bagi pebisnis untuk memilih.

1. Deposito On Call

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Jenis pertama adalah deposito on call yang merupakan simpanan dalam bentuk setoran. Deposan yang memiliki dana besar bisa menggunakan deposito on call, namun rentang waktunya sangat singkat yaitu mulai dari 3 hari sampai 4 minggu.

Adapun kelebihan memilih deposito on call adalah bisa mengambil simpanan kapan saja bahkan tidak dikenakan denda. Hanya saja, suku bunga yang ditawarkan terbilang rendah dengan nominal yang jauh lebih besar.

2. Deposito Automatic Roll Over

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Tidak hanya menyediakan deposito on call saja, bank juga menyediakan jenis deposito automatic roll over atau disingkat dengan ARO. ARO adalah jenis deposito yang dapat memperpanjang waktu tenor secara langsung apabila Anda tidak melakukan pencairan dana.

Kelebihan memilih deposito ARO adalah mudahnya dalam mengurus perpanjangan masa simpanan dana karena sistem otomatisasi tersebut. Namun, kekurangannya adalah kesulitan dalam mencairkan dana apabila sudah lewat waktu tenor.

Oleh karena itu, kalau Anda ingin mengambil simpanan dana, sebaiknya segera lakukan sebelum sistem otomatisasi perpanjangan dilakukan. Kecuali kalau Anda tidak membutuhkan dana saat itu, maka bisa langsung perpanjang otomatis.

3. Sertifikasi Deposito

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Sertifikasi adalah salah satu jenis deposito BPR terbaik yang buktinya dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan kapan saja. Biasanya nasabah yang memilih jenis deposito ini karena ingin mewariskan atau menghibahkan hartanya.

Kelebihan dari sertifikasi deposito adalah bisa mendapatkan keuntungan dari bunga di muka, hanya saja deposito ini terbilang rawan. Kemudahan dalam mencairkan dana menyebabkan nasabah lebih mudah kehilangan hartanya walaupun memiliki bukti resmi.

4. Deposito Berjangka

deposito bpr terbaik

Pexels.com

Terakhir adalah deposito berjangka merupakan jenis simpanan dana yang sering dipilih oleh nasabah Indonesia. Pihak bank menawarkan suku bunga yang terbilang tinggi yaitu antara 4 sampai 6 persen.

Risiko kerugiannya juga terbilang rendah karena tidak terkena pengaruh dari pergerakan pasar. Hanya saja, apabila catatan Anda rendah maka hasil yang didapatkan juga akan rendah.

Salah satu bank yang menyediakan deposito BPR terbaik adalah Bank Lescadana. Dengan menggunakan produk deposito dari bank tersebut, Anda akan mendapatkan suku bunga yang tinggi. Untuk informasi selengkapnya bisa melalui link berikut ini http://banklescadana.co.id/ 

Close

Lescadana

Customer Services