Delapan Fakta Menarik Tentang Emas

18 December 2021

Selama berabad-abad, logam mulia emas yang sangat berharga ini telah digunakan dari segala hal. Mulai dari menghiasi bangsawan hingga menstabilkan ekonomi, membuat potongan gigi, dan bahkan membuat ponsel Anda bekerja lebih efisien. Berikut adalah 8 fakta menarik tentang emas.

  1. Ada Sekitar 10 Miliar Ton Emas yang Terlarut di Lautan Dunia
    Emas ada dalam jumlah kecil, tetapi substansial dalam air laut sederhana. Jika Anda dapat menyaringnya dengan cukup efisien, Anda dapat memperoleh 20 ton emas dari kubus air laut sejauh satu mil ke samping. Lautan diperkirakan menyimpan lebih banyak emas daripada yang ditambang manusia sepanjang sejarah. Sayangnya, jauh lebih mahal untuk memulihkan emas dari air laut daripada menambangnya secara tradisional.
     
  2. Tidak Ada Mata Uang Utama yang Didukung Emas Sejak 1999
    Sebelum Swiss bergabung dengan Dana Moneter Internasional pada tahun 1999, Franc Swiss didukung (setidaknya, 40%) oleh cadangan emas mereka. Bahkan kemudian, 60% sisa mata uang didukung dalam modern fashion. Faktanya, hingga awal 1960-an, sebagian besar negara barat berada pada 'standar emas'. Tentu saja, sebagian besar negara masih mempertahankan cadangan emas batangan yang besar saat ini, tetapi nilai mata uang seperti Pound dan Euro tidak secara langsung terkait dengan cadangan tersebut.
     
  3. Elvis Presley Pernah Memiliki Bukan Hanya Satu Tapi Tiga Mobil Berlapis Emas
    Secara teknis, hanya dop roda, spatbor, dan bagian terang lainnya dari kendaraan (yang secara tradisional berlapis krom) yang disepuh (menggunakan emas). Meskipun demikian, mobil-mobil itu membuat pemandangan yang mencolok!
     
  4. Emas Murni Sepenuhnya Sangat Lembut pada Suhu Kamar
    Emas yang 99,99% murni dapat ditekuk dan berubah bentuk dengan mudah dengan tangan. Inilah salah satu alasan sejumlah besar emas yang sangat murni secara tradisional dibentuk menjadi batangan untuk diangkut.
     
  5. Emas Jauh, Jauh Lebih Berat daripada yang Muncul di Film
    Batangan emas 400 troy ons beratnya 12.4 kilogram, hanya di bawah 2 batu. Panjangnya antara 21 dan 39 cm dan tebalnya hanya 2,5 hingga 4,5 cm. Alat peraga yang digunakan dalam film seringkali berukuran dua kali lipat. Bayangkan bintang film pencurian favorit Anda dengan santai mengambil 4 batang batu dengan tangan kirinya atau berlari dengan ransel penuh!
     
  6. Koin Emas Terbesar di Dunia Lebarnya Lebih Dari 38 cm
    Koin emas Philharmonic Austria memiliki berat 31 kg (828 t oz.). Rekor ini tercatat dalam Guinness Book of Records. Namun, Kanada mencetak koin non-standar pada tahun 2007 pada 3217 troy ounces, atau 100 kg. Namun, Guinness tidak menganggapnya sebagai koin sungguhan.
     
  7. Medali Emas yang Diberikan di Olimpiade Bukan Emas Murni Sejak Sebelum Perang Dunia 1
    Medali emas yang diberikan dalam pertandingan Olimpiade sebenarnya terbuat dari perak tingkat .925, dan hanya dilapisi dengan 6 gram emas. Medali perak sebenarnya adalah perak .925 padat, tetapi medali perunggu sebagian besar adalah tembaga. Medali Olimpiade emas murni terakhir diberikan untuk pertandingan 1912.
     
  8. Para Ahli Planet Percaya Bahwa Jumlah Emas yang Dapat Ditambang Ada di Planet Lain
    Emas kemungkinan ada di semua planet berbatu yang lebih kecil di tata surya kita, seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Mungkin perlu beberapa waktu sebelum emas ditambang di planet lain, tetapi nilai kolektornya akan cukup besar jika memang ada.

Itulah 8 fakta menarik tentang emas. Nah, bagi Anda yang tertarik dan ingin berinvestasi emas, khususnya emas digital, maka Anda dapat mempercayakannya pada Bank Lescadana.

Bank Lescadana

Bank Lescadana adalah hasil pengambilalihan (akuisisi) beberapa Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) yang dimulai pada tahun 2018 dengan tujuan utama untuk membangun lembaga keuangan yang sehat, terpercaya, dan aman. Mengikuti perkembangan zaman, kami selalu mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk Anda, terutama: Tabungan yang aman dengan akses mudah setiap saat, deposito bunga menarik dan layanan terpercaya, kredit dengan bunga rendah dan proses mudah, serta cicilan dan pembelian emas dengan mudah dalam program Ci-Mas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi emas dari Bank Lescadana, bisa Anda peroleh melalui website official Bank Lescadana di https://www.banklescadana.co.id/.

Close

Lescadana

Customer Services