Daftar Periksa Sebelum Membeli Emas Digital (Part 1)

07 February 2022

Ada beberapa pilihan bagi mereka yang ingin berinvestasi dalam produk investasi terkait emas, beberapa di antaranya termasuk dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF), obligasi emas negara, membeli emas fisik dan menyimpannya di brankas pribadi atau bank. Di antaranya, membeli emas secara digital (dikenal sebagai emas digital) di mana pihak ketiga atau penjual menitipkan emas untuk Anda telah menjadi cukup populer. Namun, hambatan yang rendah untuk masuk ke perdagangan emas digital dengan hampir tidak ada pengawasan telah membuatnya menjadi zona yang mudah untuk beroperasi bagi penipu juga. Oleh karena itu, investor perlu mengevaluasi faktor-faktor tertentu dan melakukan uji tuntas sebelum merambah ke investasi emas digital. Berikut adalah daftar periksa yang harus dicari oleh investor yang tertarik dengan investasi emas digital.

Penyedia layanan
Penyedia layanan adalah perusahaan yang menawarkan layanan pembelian emas melalui pembayaran elektronik dan mereka menyimpan emas Anda dalam bentuk fisik di brankas aman atas nama Anda.

  • Sebelum Anda memilih penyedia layanan, jangan lupa untuk melakukan uji tuntas Anda.
  • Pahami siapa yang menawarkan layanan memegang emas atas nama Anda di brankas.
  • Ketahui lembaga mitra mereka, organisasi induk atau perusahaan yang mendanai bisnis tersebut.

Lokasi penyimpanan emas
Ada beberapa penyedia layanan yang akan menyimpan emas Anda atas nama Anda di lokasi luar negeri. Harga akan relatif kompetitif karena harga emas tidak termasuk bea masuk. Ini berarti Anda membeli emas dalam mata uang asing, penyedia layanan secara bersamaan membelinya di lokasi luar negeri atas nama Anda dalam dolar. Namun, ketika Anda ingin menebus investasi, penyedia layanan akan menutup posisi emas di lokasi luar negeri, membeli emas fisik dari lokasi domestik mereka dan mengirimkannya. Jika manajemen risiko oleh penyedia layanan tidak efisien, dapat terjadi risiko gagal bayar yang serius pada pengiriman.

Perantara pasar
Mereka adalah perantara antara penyedia layanan dan pelanggan. Itu bisa berupa dompet pembayaran atau bank komersial terjadwal. Mereka adalah entitas yang diatur oleh otoritas bank sentral, Bank Indonesia. Meskipun produk ini adalah produk pihak ketiga, entitas yang diatur ini melakukan uji tuntas sebelum menawarkan kepada pelanggan mereka. Ini dengan cara menambah lapisan kepercayaan. Jadi, kecuali Anda yakin dengan penyedia layanan Anda, belilah melalui perantara pasar.

Penyimpanan
Penyimpanan yang aman dari emas Anda adalah yang paling penting.

  • Lakukan uji tuntas Anda tentang urgensi mana yang ditanggung oleh asuransi Anda. Ini sangat penting karena beberapa rencana asuransi mungkin tidak memberikan perlindungan jika terjadi bencana alam, meskipun sebagian besar memberikan perlindungan terhadap pencurian.
  • Sebagai investor, Anda harus memiliki kejelasan tentang pemeriksaan yang dilakukan oleh perusahaan penyimpanan atau mereka yang memegang emas di brankas perusahaan yang sama.
  • Biasanya, perusahaan penyimpanan tidak memiliki infrastruktur untuk memastikan kemurnian emas yang masuk ke sistem. Perannya terbatas untuk menyediakan penyimpanan emas Anda yang aman.

Itulah 4 dari 8 daftar periksa yang harus dicari oleh investor yang tertarik dengan investasi emas digital. Memarkir investasi Anda dengan aman harus menjadi prioritas utama daripada kemudahan membeli produk. Saat ini, sebagian besar penyedia layanan populer memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi, dengan silsilah yang tidak bercacat dalam hal melindungi uang investor. Meskipun demikian, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan pada penyedia layanan yang ingin Anda pilih. Adapun bagi Anda yang tertarik dan ingin berinvestasi emas, khususnya emas digital, maka Anda dapat mempercayakannya pada Bank Lescadana.


Bank Lescadana
Bank Lescadana adalah hasil pengambilalihan (akuisisi) beberapa Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) yang dimulai pada tahun 2018 dengan tujuan utama untuk membangun lembaga keuangan yang sehat, terpercaya, dan aman. Mengikuti perkembangan zaman, kami selalu mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk Anda, terutama: Tabungan yang aman dengan akses mudah setiap saat, deposito bunga menarik dan layanan terpercaya, kredit dengan bunga rendah dan proses mudah, serta cicilan dan pembelian emas dengan mudah dalam program Ci-Mas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi emas dari Bank Lescadana, bisa Anda peroleh melalui website official Bank Lescadana di https://www.banklescadana.co.id/.
 

Close

Lescadana

Customer Services