Cicil Emas di Bank, Apakah Bisa?

18 November 2023

Emas adalah salah satu produk investasi yang menjanjikan karena harganya selalu stabil sehingga banyak orang yang memilih untuk berinvestasi emas jangka panjang. Agar mendapatkan harga murah, Anda bisa menggunakan layanan cicil emas.

Layanan ini adalah layanan pembiayaan untuk kepemilikan emas batangan dengan cara mencicil emas. Cicil emas di bank adalah salah satu cara untuk mempersiapkan kebutuhan finansial di masa mendatang.

Mengenal Pengertian Cicil Emas

cicil emas

pexels.com

Layanan cicil emas adalah layanan untuk membiayai kepemilikan emas batangan dengan metode cicilan. Layanan ini bisa menjadi alternatif bagi investor yang ingin berinvestasi emas namun tidak bisa membeli emas langsung.

Investasi emas bisa digunakan untuk membayar kebutuhan seperti kebutuhan pensiun, ibadah haji, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Tentu saja ada banyak manfaat dari menggunakan layanan ini yaitu sebagai berikut. 

  • Biaya awal atau uang muka cukup terjangkau. 
  • Bisa membayar cicilan sesuai biaya yang ditetapkan walaupun harga emas sedang naik.
  • Tersedia beragam pilihan emas mulai dari 0.5 gram sampai 1 kg. 
  • Pencairannya mudah untuk digadaikan atau dijual. 
  • Mendapatkan emas 24 karat bersertifikat. 

Jenis-jenis Emas untuk Investasi

cicil emas

pexels.com

Sebagai seorang investor, Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis emas sebelum memutuskan menggunakan layanan cicil emas. Di bawah ini penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis emas.

1. Dinar Emas

cicil emas

pexels.com

Apakah Anda pernah mendengar istilah dinar emas? Dinar emas adalah emas yang bisa dijadikan sebagai aset. Bentuknya berupa koin dan sering dijadikan sebagai alat transaksi orang-orang di Timur Tengah.

Hanya saja di Indonesia, dinar emas dijadikan sebagai instrumen investasi bukan alat transaksi. Hal ini karena mata uang Indonesia adalah rupiah, walaupun begitu dinar emas cocok untuk investasi jangka panjang. 

Terdapat dua jenis dinar emas di Indonesia yaitu dinar 22 karat dan 24 karat yang bisa Anda pilih salah satu.

2. Emas Muda dan Emas Tua

cicil emas

pexels.com

Cicil emas adalah layanan kepemilikan emas batangan yang membantu para investor pemula. Selain itu, biasanya investor juga tertarik dengan emas muda dan tua yang memiliki perbedaan dari kadar karatnya. 

Emas tua memiliki kadar kemurnian mencapai 70 persen, sedangkan kadar kemurnian emas muda kurang dari itu. Harga kedua jenis emas ini berdasarkan harga emas murni. 

3. Emas Antam

cicil emas

pexels.com

Produk emas antam adalah logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang dengan berbagai ukuran. Anda bisa mendapatkan emas dengan ukuran 0.5 gram sampai 100 gram dengan harga jual yang berbeda-beda. 

4. Emas Batangan

cicil emas

pexels.com

Emas batangan adalah jenis emas yang sering dipilih oleh investor karena bisa dibeli dengan layanan cicil emas. Emas batangan memiliki kadar murni mencapai 24 karat dan artinya hampir 100% atau sekitar 99.99% adalah emas asli. 

Terkenal juga istilah emas London yang diproduksi oleh perusahaan dari luar negeri dan bobotnya mencapai 1 kg. Emas batangan memang sangat direkomendasikan untuk investasi karena tidak cocok untuk perhiasan yang dicampur dengan jenis logam lainnya. 

5. Emas Perhiasan

cicil emas

pexels.com

Ada lagi jenis emas lainnya yang juga bisa menjadi instrumen investasi yaitu emas perhiasan. Namun, risiko investasi emas perhiasan lebih besar karena ada biaya penyusutan sekitar 5 hingga 10 persen ketika Anda akan menjualnya. 

Tidak hanya itu, kandungan emas perhiasan juga tidak 100% emas melainkan campuran logam lain. Logam tersebut seperti perak, tembaga, dan seng yang sengaja dicampur agar teksturnya kuat. 

Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli

cicil emas

pexels.com

Setelah mengetahui apa pengertian dari cicil emas dan jenis-jenis emas untuk investasi, berikutnya adalah bagaimana cara membedakan emas palsu dan asli. Penting sekali dipahami oleh investor pemula agar tidak tertipu saat membeli emas.

Emas adalah instrumen investasi yang mudah dijual, digadaikan, dan sering menjadi mahar pernikahan. Untuk mendapatkan emas asli, Anda bisa menerapkan cara-cara di bawah ini. 

1. Cek Bentuk Fisik Emas Tersebut

cicil emas

pexels.com

Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada bentuk fisik dari emas tersebut. Emas adalah produk dengan tekstur padat sehingga ketika Anda menjatuhkannya ke air, maka akan tenggelam dan itu berarti emas asli.

Selain itu, emas juga bersifat tidak korosif atau anti karat sehingga warnanya tidak akan berubah sampai kapanpun. Namun, jika emas tersebut sudah dicampur dengan logam lain maka warnanya akan berubah.

Anda juga perlu tahu bahwa emas bersifat tidak magnetis sehingga tidak bisa ditarik jika didekatkan dengan magnet. Namun, apabila Anda mendapatkan emas yang bisa ditarik emas maka sudah dipastikan bahwa itu adalah emas palsu.

2. Tidak Menghasilkan Warna Saat Tergores

cicil emas

pexels.com

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan cicil emas, Anda perlu tahu cara membedakan emas palsu dan asli adalah dengan menggores emas tersebut. Jika setelah tergores memunculkan warna, maka itu emas palsu. 

Anda bisa menggosokkannya ke telapak tangan agar lebih mudah lalu coba amati hasilnya. Biasanya emas asli tidak akan mengalami perubahan warna. 

3. Gigit Emas

cicil emas

pexels.com

Cara yang paling mudah adalah dengan menggigit emas tersebut dan lihat apakah ada bekas gigitan atau tidak. Jika ada bekas gigitan, maka emas tersebut bisa dipastikan palsu dan Anda jangan sampai memilih emas tersebut. 

Hal ini karena emas asli tidak akan meninggalkan bekas gigitan apapun karena bahannya berkualitas tinggi.

Bank Lescadana adalah salah satu bank dengan layanan cicil emas batangan untuk para investor. Dengan layanan ini, Anda bisa berinvestasi emas dengan harga yang lebih murah. 

Close

Lescadana

Customer Services