Cari Tahu Harga Emas Hari Ini Sebelum Investasi

25 November 2023

Dulu orang-orang yang ingin tahu harga emas hari ini akan pergi ke toko emas untuk mencari tahu harganya. Tentu saja itu terjadi sebelum adanya perkembangan teknologi dan sekarang mencari tahu harga emas jauh lebih mudah. 

Anda bisa memanfaatkan website atau situs yang tersedia untuk berselancar di internet mencari harga emas. Mengingat emas adalah salah satu investasi yang banyak dipilih, informasi mengenai harga emas bisa dengan mudah didapat. 

Harga Emas Hari Ini, Berikut Tips Membelinya

harga emas hari ini

pexels.com

Emas adalah jenis perhiasan yang digunakan untuk berinvestasi oleh banyak orang khususnya kaum hawa. Zaman sekarang, ada banyak orang yang memilih investasi emas karena bisa memaksimalkan penampilan. 

Banyak yang menjadikan emas sebagai investasi adalah karena harganya cenderung stabil dan mudah dimiliki. Tentu saja Anda tidak boleh terburu-buru saat akan membeli emas sebagai investasi karena harus tahu tips-tipsnya di bawah ini.

1. Mencari Tahu Harga Emas

harga emas hari ini

pexels.com

Tips pertama adalah Anda perlu mencari tahu berapa harga emas hari ini agar tidak salah langkah. Ketika harganya turun, Anda bisa membeli emas tersebut dengan harga murah. Namun, jika angkanya naik, sebaiknya tunda dulu keinginan membeli emas. 

Hal ini karena emas adalah jenis investasi yang selalu berfluktuasi sehingga kalau harganya naik sangat tepat untuk menjual emas tersebut. Penjualan emas di pasar adalah per gram dengan biaya pembuatan yang masih dapat ditawar. 

2. Memperhatikan Kondisi Emas yang Akan Dibeli

harga emas hari ini

pexels.com

Selanjutnya adalah memperhatikan kondisi emas yang akan dibeli secara keseluruhan. Sehingga Anda akan mendapatkan emas yang diinginkan tanpa cacat, cuilan, dan goresan. Contohnya adalah Anda ingin membeli kalung atau gelang dengan bentuk S. 

Kunci S adalah emas yang bisa tahan lama daripada kunci lain. Anda bisa mencoba menekannya untuk memastikan kekuatan dari emas tersebut. Selain itu, Anda lihat apakah ada bercak atau noda hijau yang tertinggal di sana. 

Noda hijau dalam emas biasanya berasal dari proses pembuatannya yang menggunakan bahan kimia dan belum dicuci bersih. Jangan memilih emas dengan noda hijau karena bisa menyebabkan alergi pada kulit. 

Kemudian, Anda bisa memperhatikan model dari emas yang akan dibeli. Jika bingung, bisa mencari emas yang bentuknya tidak terpengaruh dengan tren dalam beberapa waktu ke depan. Lebih baik lagi kalau Anda menanyakan mengenai sertifikat beserta bukti beli emas tersebut.

Kedua dokumen tersebut bisa digunakan kalau nantinya akan menjual emas. Emas dengan dokumen lengkap akan memiliki harga yang tinggi.

3. Tidak Membeli Perhiasan dengan Lapisan Emas

harga emas hari ini

pexels.com

Selain mencari tahu berapa harga emas hari ini, tips membeli emas adalah sebaiknya menghindari membeli perhiasan dengan lapisan emas. Mengapa? Sesuai dengan namanya saja Anda seharusnya tahu bahwa perhiasan tersebut bukan emas betulan. 

Perhiasan tersebut hanya berupa logam dengan lapisan emas sehingga emas tidak asal. Hanya terdapat 10 karat untuk emas yang digunakan dalam perhiasan terseut sehingga daya tahannya tidak terlalu kuat. 

Apalagi kalau Anda terus menerus menggunakannya, maka lapisan emas tersebut akan menghilang sehingga tidak tepat untuk investasi jangka panjang. Anda bisa mencari tahu apakah perhiasan tersebut terbuat dari emas asli atau tidak.

4. Mencari Tahu Kemurnian Emas

harga emas hari ini

pexels.com

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu kemurnian emas tersebut yaitu sebagai berikut. 

  • Pemeriksaan dengan alat uji elektronik untuk menganalisa perhiasaan dengan elektron.
  • Melakukan uji titrasi untuk mengetahui berapa kadar emas tersebut.
  • Menggunakan XRF untuk mencari tahu komposisi bahan kimia dari emas tersebut.
  • Mengecek dengan acid test yaitu untuk melakukan pengujian sampe emas dengan asam nitrat. Dengan begitu, seseorang jadi tahu kadar emas dari reaksi yang terjadi. 
  • Menggunakan alat tester yang sering digunakan untuk menentukan kadar emas 8 sampai 24 karat dengan hasil yang akurat. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Emas?

harga emas hari ini

pexels.com

Seseorang bertanya-tanya ketika mencari berapa harga emas hari ini agar tahu waktu yang tepat untuk berinvestasi emas. Tentu saja untuk seseorang yang belum pernah membeli emas akan bertanya-tanya waktu yang tepat untukt transaksi emas. 

Investor yang jeli tentu memiliki target investasi untuk jangka panjang sehingga ketika harga emas sedang turun, mereka akan membeli emas tersebut. Adapun ketika harga emas sedang naik maka seseorang bisa menjual emas tersebut untuk berinvestasi. 

Namun, Anda bisa menahan untuk menjual emas kalau merasa waktunya belum tepat. Kecuali Anda sedang membutuhkan dana tambahan bisa menjual emas tersebut apalagi ketika harganya sedang naik.

Harga emas hari ini biasanya dipengaruhi oleh banyak hal contohnya adalah kondisi politik dan sosial dari suatu negara. Logam mulia adalah aset yang stabil dan aman sehingga banyak orang akan memburu emas agar menyelamatkan kondisi finansialnya ketika terjadi krisis.

Misalnya ketika pandemi COVID-19 dulu, harga emas bukannya turun tetapi malah naik. Hal ini juga terjadi ketika ada ketegangan terjadi antara Ukraina dan Rusia sehingga menguntungkan para investor. 

Walaupun harga emas naik turun tetapi kenaikannya terbilang konsistem. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak investor yang lebih memilih emas sebagai bahan investasi daripada memilih instrumen lainnya.

Apabila Anda ingin mencari tahu informasi mengenai harga emas hari ini bisa langsung datang ke toko atau mencari tahu harganya di situs resmi. Kalau ingin membeli emas bisa datang ke Bank Lescadana kapan saja.

Close

Lescadana

Customer Services