7 Cara Beli Emas Antam dan Rekomendasi Tempat yang Terpercaya

08 April 2023

Emas merupakan salah satu barang yang berharga karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Jenis emis berbeda-beda tergantung pada kandungan emasnya. Emas dengan kandungan paling tinggi yaitu emas antam dengan kadar emas 99,9%. 

Jenis emas antam sering digunakan untuk berinvestasi jangka panjang karena sangat minim resiko terkena inflasi. Berbeda dengan emas perhiasan yang dapat Anda beli di berbagai toko emas daerah Anda. Emas antam tidak sembarangan diperjualbelikan. 

Anda harus berhati-hati dalam memilih tempat pembelian emas antam agar tidak terkena penipuan. Berikut kami sajikan ulasan mengenai cara membeli emas antam serta rekomendasi tempat yang terpercaya. Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Macam-Macam Cara Membeli Emas Antam 

Di era modern seperti saat ini pembelian emas cukup mudah. Anda bisa menemukan toko emas di berbagai daerah hingga ke pasar swalayan. Namun, membeli emas antam tidak boleh sembarangan. Pasalnya, Anda harus memastikan bahwa emas antam dibeli dengan cara yang benar agar meminimalisir resiko penipuan. 

Secara umum cara membeli emas antam terbagi menjadi dua. Anda dapat membeli emas antam langsung di butik logam mulia atau secara online. Cara lengkapnya yaitu sebagai berikut:

1. Membeli ke Lokasi Butik Langsung

Cara pertama yang paling umum dilakukan adalah  mendatangi toko atau butik secara langsung. Cara konvensional ini memang memakan waktu karena harus mendatangi secara langsung. Namun, kelebihannya adalah lebih terjamin keamanan pada saat pembelian. Anda juga bisa langsung berkonsultasi kepada pegawainya untuk menanyakan rekomendasi emas antam yang terbaik. 

2. Membeli Secara Online Via Website

Pilihan kedua jika hendak membeli emas antam dapat dilakukan secara online melalui website resmi. Anda dapat mengunjungi situs resmi logam mulia untuk mendaftarkan diri pada website sebelum melakukan pembelian. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengaktifkan lokasi agar dapat mengirimkan emas dari toko terdekat di lokasi kamu tinggal. Pembelian secara online akan lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama. 

3. Membeli Via WhatsApp 

Dilansir dari situs logam mulia, Anda juga dapat melakukan pembelian melalui WhatsApp. cara ini sangat cocok bagi Anda yang benar-benar sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk membeli langsung atau melakukan registrasi di website. Namun, Anda perlu berhati-hati jika menggunakan cara ini, Pastikan bahwa nomor WhatsApp yang Anda hubungi benar-benar asli yang Anda dapatkan dari website resminya. 

Rekomendasi Tempat Beli Emas Antam yang Terpercaya

Setelah mengetahui cara membeli emas antam, sekarang Anda harus mengetahui beberapa tempat yang menjual emas antam secara resmi. Jadi, jika Anda ingin membeli emas antam selain di PT Aneka Tambang, Tbk. Anda juga dapat memilih tempat-tempat berikut ini. 

1. Pusat Antam di PT Aneka Tambang, Tbk

Tempat paling aman untuk membeli emas antam adalah di pusat antam yaitu di butik PT Aneka Tambang. Anda dapat melakukan pembelian dengan langsung ataupun melalui website logammulia.com. 

Pilihan paling aman untuk Anda yang tidak mau ribet mencari tempat lainnya, maka disini tempat yang cocok untuk Anda. Jika tidak punya waktu untuk membeli secara langsung, Anda dapat melakukan pembelian melalui website resminya atau via WhatsApp. 

2. Pegadaian 

Pegadaian menjadi salah satu rekomendasi tempat beli emas antam yang bisa Anda coba. Melalui pegadaian, Anda dapat melakukan pembelian baik secara tunai maupun kredit. Cara pembeliannya juga cukup mudah, Anda bisa melakukan pembelian secara online maupun offline tergantung pada keinginan Anda. 

Selain melakukan pembelian, Anda juga dapat menjual kembali emas antam yang sudah Anda beli di pegadaian tersebut. Harga jual kembali emas di tempat pegadaian kisaran 97% dari harga pasaran saat Anda menjual. 

3. Bank Syariah 

Rekomendasi tempat yang ketiga adalah bank Syariah. Anda dapat membeli logam mulia antam di berbagai bank syariah seperti Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat, Bank Bni Syariah dan Bank BRI Syariah. 

Kenapa Bank Syariah menjadi rekomendasi untuk Anda? Pasalnya Bank Syariah mudah dijumpai di kota-kota kecil yang jauh dari lokasi pembelian emas di butik Logam Mulia. Anda juga dapat membeli atau mencicil emas antam dengan prinsip syariah. Harga buyback pada Bank Syariah cukup tinggi bisa mencapai 95% dari harga pasaran. 

4. Bursa Berjangka

Bursa berjangka merupakan tempat jual beli kontrak sejumlah komoditas atau instrumen keuangan. Salah satunya adalah komoditas emas antam yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Beberapa lokasi bursa berjangka dapat Anda temui di kota-kota besar seperti di Jakarta. 

Pembelian emas dapat disesuaikan dengan keinginan Anda baik secara on exchange (dalam bursa) atau off exchange (diluar bursa). Sama seperti di tempat lainnya, Anda dapat membeli emas sesuai dengan gramasi yang diinginkan. 

5. Toko Emas

Beberapa toko emas yang sudah besar juga menjual emas antam dengan kualitas yang sama dengan tempat lainnya. Hanya saja memang Anda perlu berhati-hati dalam memilih toko emas untuk pembelian antam.

Perhatikan sertifikat emas yang dikeluarkan apakah resmi atau tidak. Kemudian, untuk harga jual kembali atau buyback biasanya cenderung lebih rendah. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan kembali untuk memilih toko emas sebagai pilihan beli emas antam.

Cara membeli emas antam secara umum dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Tempat yang bisa Anda pilih untuk membeli emas juga beragam tidak hanya di PT Aneka Tambang saja. Anda juga dapat membeli emas antam di pegadaian, Bank Syariah, Bursa berjangka hingga toko emas yang menyediakan emas antam. Sekarang Anda bisa membeli emas antam di tempat yang Anda inginkan

Close

Lescadana

Customer Services