7 Tips Mengoptimalkan Kredit Multiguna Untuk Mewujudkan Berbagai Kebutuhan Finansial Anda

03 January 2024

Mengoptimalkan Kredit Multiguna

Berbicara mengenai jenis kredit, sejatinya banyak sekali kredit yang banyak digunakan dan dipakai oleh orang-orang. Salah satunya adalah jenis kredit multiguna yang banyak dipakai. Bisa dibilang, kredit multiguna ini merupakan salah satu jenis kredit yang mudah dilakukan serta memiliki limit kredit yang tergolong besar dan aman untuk dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang-orang yang belum paham dan mengetahui apa sih kredit multiguna itu sendiri. Jadi pada dasarnya, kredit multiguna merupakan kredit yang diberikan kepada masyarakat untuk berbagai kebutuhan konsumtif harian dan pengembangan usaha bagi para professional dengan jaminan tanah atau rumah sesuai dengan kesepakatan yang diinginkan pengaju kredit tersebut.

Layanan ini diberikan kepada pegawai tetap yang kurang lebih sudah bekerja minimal 2 tahun dan masih memiliki masa kerja selama kurang lebih 1 tahun ketika pinjaman jatuh tempo. Penggunaan kredit multiguna ini dapat diperoleh di perusahaan atau instansi yang telah bekerjasama dengan Pegadaian untuk membangun rumah, sekolah, pengobatan dan sebagainya.

Calon nasabah juga wajib menyerahkan Surat Keterangan Pengangkatan dan Surat Keterangan Pangkat seperti jabatan, serta melampirkan slip gaji. Pembayaran angsuran langsung dengan system potong gaji. Pinjaman yang diberikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tergantung dari nilai taksir jaminan, kebijakan internal pegadaian dan profil keuangan calon nasabah.

Produk layanan kredit dengan jaminan mudah ditemukan, terutama di bank. Kamu wajib pahami layanan ini sebelum mengajukan permohonan pinjaman dengan jaminan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Berbicara mengenai kredit multiguna ini, dalam melakukan transaksi ini sejatinya membutuhkan pembelajaran serta tips penting agar penggunaanya tepat sasaran. Karena mesikipun punya resiko yang tergolong rendah, kredit multiguna juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut adalah 7 tips mengoptimalkan kredit multiguna untuk mewujudkan kebutuhan finansial anda.

1. Evaluasi Kebutuhan Dana

Sebelum mengajukan kredit multiguna, anda perlu mengevaluasi, apa tujuan kebutuhan dana ini. Tentukan dengan jelas jumlah dana yang diperlukan dan untuk apa dana tersebut digunakan.  Beberapa orang memilih untuk meminjam dana untuk keperluan-keperluan yang cukup penting. Misalnya seperti dana pendidikan, renovasi rumah, atau pengobatan. Dengan mengetahui hal tersebut, Pins bisa memahami berapa banyak pinjaman yang akan diajukan dan apa yang menjadi jaminan kredit.

2. Pilih Jenis Jaminan Yang Tepat

Jika sudah memiliki tujuan dan jumlah dana yang dibutuhkan, anda juga harus mempertimbangkan jenis jaminan yanng tepat. Contohnya ketika anda punya rumah di Mutiara Gading City. Hunian ini bisa dijadikan sebagai aset untuk jaminan kredit. Rumah ini nantinya menjadi salah satu jenis jaminan yang cukup populer karena nilai properti cenderung naik dari waktu ke waktu. Pastikan pilih jaminan dengan nilai yang cukup untuk menutupi jumlah pinjaman yang akan diajukan.

3.  Menyiapkan Dokumen Yang Lengkap

Setiap proses pengajuan kredit, anda harus memerlukan dokumen-dokumen tertentu. Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan cermat dan pastikan semuanya lengkap. Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan untuk mengajukan kredit multiguna. Namun, setiap jenis pekerjaan ternyata memerlukan dokumen tambahan, sementara lainnya tidak.

4. Ajukan Pengajuan Kredit Multiguna

Setelah semua dokumen yang anda miliki sudah terkumpul, saatnya untuk mengajukan pengajuan kredit multiguna. Anda pastikan untuk mengikuti petunjuk dari pemberi pinjaman tentang cara mengisi formulir aplikasi dan pastikan semua informasi yang diberikan akurat dan lengkap. Proses pengajuan ini akan memerlukan sedikit waktu. Namun, setelah diajukan, anda juga harus bersabar menunggu persetujuan dari pemberi pinjaman.

5. Tunggu Persetujuan dan Pencairan Dana

Setelah anda melaikan pengajuan kredit multiguna tersebut, maka pemberi pinjaman akan melakukan penilaian kredit dan meninjau dokumen-dokumen kamu. Bila semuanya berjalan lancar dan pihak pemberi pinjaman puas dengan informasi yang diberikan, pengajuan akan disetujui. Selama proses ini, dana akan dicairkan sehingga anda bisa menggunakan kredit multiguna sesuai dengan tujuan.

6. Melunasi Kredit Multiguna Sesuai Jatuh Tempo

Cara mengajukan kredit multiguna tidak akan terlepas dari membayar kredit tersebut. Usahakan untuk melunasi pinjaman sesuai jadwal yang ditentukan oleh pihak bank atau lembaga keuangan. Menjaga kedisplinan dalam membayar cicilan untuk menghindari masalah di masa depan. Sama seperti ketika telat membayar cicilan KPR, terlambat membayar cicilan kredit multiguna tentu bisa membuat hutang kamu makin membengkak.

Apalagi dengan mematuhi jadwal dan aturan pinjaman membantu memperkuat credit score dan bisa diandalkan untuk pinjaman di masa mendatang. Mengajukan kredit multiguna dengan jaminan ini menjadi alternatif yang baik ketika membutuhkan dana tambahan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, anda dapat memperoleh pinjaman dengan proses yang relatif lancar dan cepat.

7. Cari Bank Atau Lembaga Kredit Multiguna Berkualitas Tinggi

Cara mengajukan kredit multiguna selanjutnya adalah mencari bank atau lembaga keuangan yang terpercaya dan berkualitas tinggi. Pasalnya, pengajuan kredit membutuhkan kepercayaan antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Usahakan untuk memilih bank atau lembaga keuangan dengan reputasi baik dan beroperasi secara legal. Periksa lagi apakah badan keuangan tersebut sudah terdaftar di otoritas keuangan yang berwenang.

Bila bingung harus mulai dari mana, anda bisa mengajukan kredit multiguna tersebut lewat Bank Lescadana. Anda bisa terbantu dalam segi riset tentang pemberi pinjaman yang paling potensial sebelum mengajukan pinjaman.

Mengikuti perkembangan zaman, Bank Lescadana sejatinya untuk memenuhi kebutuhan anda pada pengajuan kredit multiguna yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Tabungan yang aman dengan akses mudah setiap saat, deposito bunga menarik dan layanan terpercaya dan kredit dengan bunga rendah dan proses mudah. Cicilan dan pembelian emas dengan mudah dalam program Ci-Mas.

Bagi anda yang memang sedang mencari fasilitas kredit multiguna yang berkualitas dari Bank Lescadana, anda bisa langsung saja menghubungi kontak marketing serta kantor cabang kami baik di di Ruko The Arcade Blok 3 PP & 3 PR, Jalan Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Atau anda bisa menghubungi kontak marketing di nomor 021-30051080. Atau anda bisa mengunjungi website www.banklescadana.co.id untuk melihat berbagai info dan katalog menarik lainnya.

 

Close

Lescadana

Customer Services