6 Tips Beli Emas untuk Investasi Jangka Panjang

25 September 2023

Emas sering menjadi pilihan untuk memulai investasi karena dirasa aman dan bisa dialihfungsikan menjadi perhiasan. Walaupun begitu, Anda tetap harus hati-hati ketika beli emas karena ada banyak penjual emas palsu di luar sana. 

Berinvestasi dengan emas membawa banyak keuntungan mengingat harga emas yang selalu stabil setiap tahunnya. Anda juga bisa menjual emas kalau harganya sedang tinggi kemudian membelinya saat harganya sedang mengalami penurunan agar mendapat keuntungan. 

Tips Beli Emas

beli emas

Pexels.com

Investasi emas sering dilakukan oleh kalangan kaum hawa karena mampu memberikan banyak keuntungan. Selain itu, ketika emas menjadi perhiasan, akan menunjang penampilan sehingga lebih maksimal. Di bawah ini ada beberapa cara membeli emas agar mendapatkan emas asli. 

  1. Memperhatikan Kadar Karat pada Emas

beli emas

Pexels.com

Tips pertama adalah dengan memperhatikan kadar karat pda emas karena semakin tinggi maka semakin baik. Contohnya saja perhiasan emas dengan 24 karat memiliki kadar emas yang lebih tinggi daripada emas 18 karart. 

Hanya saja, ketika Anda membeli emas dengan 23 karat teksturnya cenderung lunak sehingga perlu mencampurnya dengan logam lain. Tujuannya adalah agar kekerasan emas 23 karat semakin meningkat sehingga tahan lama. 

Hal ini yang membuat emas harganya mahal adalah karena proses pembuatannya yang tidak mudah. Adapun kadar kemurnian emas menurut standar internasional yaitu sebagai berikut.

  • Komposisi emas 9 karat adalah 37.5% emas 
  • Komposisi emas 14 karat adalah 58.5% emas
  • Komposisi emas 16 karat adalah 66.6% emas 
  • Komposisi emas 18 karat adalah 75% emas
  • Komposisi emas 20 karat adalah 83.3% emas
  • Komposisi emas 22 karat adalah 91.7% emas dan sudah tercampur dengan bahan lain sebanyak 8.3% (biasanya bahan yang dicampur adalah perak)
  • Komposisi emas 24 karat adalah 99.99% karena termasuk jenis emas murni.

Mengetahui Harga Emas Hari Ini 

beli emas

Pexels.com

Apabila Anda ingin membeli emas, penting untuk mengetahui berapa harga emas hari ini karena selalu mengalami fluktuasi. Lebih baik, Anda membeli emas ketika harganya sedang turun atau tidak melambung karena lebih murah. 

Adapun harga perhiasan emas itu didapat dari harga emas per gram dan biaya untuk pembuatan emas, namun Anda masih bisa menawar harga emas untuk mendapatkan harga yang pas. Apabila Anda tidak mengecek berapa harga emas hari ini khawatirnya mendapat emas harga tinggi. 

Memilih Toko Emas yang Terbaik 

beli emas

Pexels.com

Salah satu tips beli emas yang tepat adalah memilih toko yang memiliki reputasi baik seperti Bank Lescadana. 

Lescadana adalah bank yang menjual emas antam dengan persyaratan mudah dan Anda bisa mendapatkan informasi mengenai harga emas setiap harinya. 

Harga emas di setiap toko itu tidak sama sehingga Anda harus melakukan survei lebih dulu. Mengapa bisa terjadi? Hal ini karena harga emas di Indonesia sendiri belum mengalami standarisasi sehingga harga tiap toko berbeda-beda. 

Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih toko emas agar bisa mendapatkan harga emas yang murah. Bank Lescadana adalah pilihan yang baik untuk membeli emas antam karena sudah terpercaya.

Periksa Kondisi Emas 

beli emas

Pexels.com

Setelah mendapatkan toko yang tepat untuk membeli emas, langkah berikutnya adalah dengan melihat bagaimana kondisi dari emas tersebut. Tidak hanya penting memperhatikan kadar karatnya saja, tetapi juga harus melihat emas secara keseluruhan.

Pastikan bahwa dalam emas tersebut tidak mengalami cuilan, goresan, dan cacat. Misalnya Anda ingin membeli emas berupa kalung atau gelang, sebaiknya memilih emas bentuk S karena apabila kunci emasnya ditekan, bisa tahan lama. 

Ketika beli emas, Anda juga perlu memperhatikan bahwa tidak ada noda hijau yang tertinggal pada emas. Noda hijau tersebut menandakan bahwa adanya bahan kimia yang belum dicuci sampai bersih sehingga meninggalkan noda pada emas. 

Kalau Anda tetap memakainya khawatirnya bisa menimbulkan reaksi alergi gatal-gatal. Anda juga perlu memperhatikan modelnya karena banyak orang yang mencari model emas yang sedang tren. 

Padahal untuk model emas bisa berubah setiap tahunnya. Selain itu, model emas juga sangat berpengaruh ketika Anda ingin menjualnya. Saat menjual emas, Anda perlu melengkapi bukti pembelian yang sah beserta sertifikat emas. 

Mengecek Kemurnian Emas

beli emas

Pexels.com

Tips kelima adalah dengan mengecek kemurnian emas tersebut dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Memeriksa kemurnian emas dengan acid test yaitu dengan pengujian sampel emas menggunakan asam nitrat. Kemurnian emas terlihat dari reaksi yang muncul pada sampel
  • Memeriksa kemurnian emas dengan alat tester yang merupakan alat untuk menentukan kadar emas dari 8 sampai 24 karat. 
  • Memeriksa kemurnian emas dengan alat uji khusus yang mampu menganalisa perhiasan yang sudah dites dengan elektron
  • Memeriksa kemurnian emas dengan uji titrasi dengan menentukan kadar emas pada perhiasan menggunakan bantuan reagen yang sudah dititrasi
  • Memeriksa kemurnian emas dengan X-ray fluorescence atau CRF yaitu sebuah metode untuk menentukan komposisi kimia dari sebuah bahan seperti kadar emas.

Mempertimbangkan Bentuk dan Ukuran

beli emas

Pexels.com

Saat beli emas Anda juga harus mempertimbangkan bentuk dan ukuran yang akan dipilih dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Anda bisa membeli emas dengan bentuk dan desain yang disukai misalnya karena keunikannya. 
  • Membeli emas yang ukurannya sesuai dengan kebutuha Anda, jadi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar nyaman saat digunakan. 

Bank Lescadana adalah tempat yang pas untuk membeli emas karena Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai emas antam. Persyaratan yang diberikan juga mudah dan DP-nya ringan. Anda bisa mengunjungi situs resmi Bank Lescadana untuk informasi selengkapnya di sini https://banklescadana.co.id/kredit/ci-mas-cicilan-emas.

Close

Lescadana

Customer Services