10 Tempat Pinjaman Bisnis Untuk Modal Usaha

22 September 2023

Tempat Pinjaman Bisnis

Berbicara dalam melakukan bisnis dan usaha, bisa dibilang dalam beberapa tahun terakhir banyak sekali orang mencoba untuk melakukannya. Banyak sekali pengusaha muda yang terus tertarik membangun usaha atau bisnis baru. Meskipun begitu, dalam membuat usaha dan bisnis baru ini tidak selamanya mudah untuk dilakukn. Ada banyak sekali halangan atau tantangan yang akan dihadapi ketika membangun usaha atau bisnis tersebut. Salah satu tantangan terbesarnya adalah besarnya biaya atau tabungan yang dibutuhkan. Hal inilah yang membuat orang-orang kesulitan dalam membuat suatu bisnis atau usaha tersebut. Karena memang dalam membangun usaha dan bisnis itu sendiri membutuhkan dana atau uang yang sangat besar. Untuk itulah, banyak cara yang dilakukan orang dalam mempermudah mendapat modal usaha. Salah satunya adalah dengan mencari dan menggunakan tempat pinjaman bisnis atau pinjaman modal usaha.

Meski sangat populer, banyak yang belum memahami apa sih pinjaman bisnis atau pinjaman untuk modal usaha itu sendiri. Jadi pada dasarnya, pinjaman bisnis atau pinjaman modal usaha merupakan dana yang diberikan oleh pihak peminjam modal kepada individu maupun perusahaan yang nantinya digunakan untuk kebutuhan usaha mereka baik yang akan membuka usaha baru maupun mereka yang sudah menjalankan dan ingin memperluas usahanya.

Untuk jenis pinjamannya tentu saat ini sudah banyak tersedia dan bisa Anda pilih, contohnya seperti jenis pinjaman bank, pinjaman dari investor dan pinjaman dari lembaga keuangan lainnya. Semua jenis pinjaman tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah ketika anda memutuskan untuk menggunakan metode pinjaman bisnis atau pinjaman modal usaha, pada dasarnya banyak sekali bank atau tempat pinjaman modal usaha yang bisa anda pergunakan. Nah bagi anda para pebisnis pemula yang ingin membangun usaha atau bisnis dan sedang mencari tempat pinjaman bisnis untuk modal usaha, berikut akan kami sampaikan 10 rekomendasi tenpat pinjaman bisnis untuk modal usaha berikut ini.

1. Koperasi

Tempat pertama yang bisa anda pilih untuk tempat pinjaman bisnis modal usaha adalah koperasi. Ada banyak jenis koperasi yang beroperasi di sekitar kita. Bila anda menjadi anggota salah satu koperasi itu maka anda bisa memanfaatkan keanggotaan tersebut untuk mendapatkan modal usaha. Keuntungan menjadi anggota koperasi salah satunya adalah anda punya hak untuk meminjam uang dan pada akhir tahun Anda juga berhak mendapatkan pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha).

2. Kredit Usaha Rakyat

Pembiayaan pemerintah melalui bank yang diperuntukkan bagi usaha kecil atau UMKM. Usaha yang layak dibiayai minimal sudah berjalan 6 bulan. Anda bisa mengajukan KUR ke bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Diantaranya seperti BRI, Mandiri. BNI, BCA, BNI, BTN, bank Maybank Indonesia, Bank Bukopin dan BTN. Bank akan memberikan nilai KUR sesuai dengan kapasitas usaha Anda. Biaya bunganya pun tergolong rendah, rata-rata 10 hingga 15% per tahun.

3. Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja adalah pembiayaan bank yang ditawarkan kepada pemilik usaha kecil yang bidang usahanya adalah perdagangan, jasa atau pengadaan barang. Kredit kerja ini masuk dalam kategori kredit modal usaha.

4. Pegadaian

Bila anda memilikiaset berharga Anda bisa datang ke pegadaian dan menggadaikan aset Anda itu. Pegadaian termasuk salah satu perusahaan bonafid yang legal dan memiliki reputasi baik. Aset-aset yang bisa Anda jadikan antara lain: barang elektronik BPKB kendaraan emas batangan sertifikat rumah.

5. Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Angunan atau yang juga dikenal sebagai KTA merupakan penawaran pinjaman modal usaha oleh perbankan tanpa meminta jaminan aset, baik itu berupa surat rumah BPKB kendaraan atau surat berharga yang lainnya.

KTA merupakan solusi atas permasalahan finansial yang dihadapi oleh masyarakat. Pihak bank melakukan hal tersebut atas calon kreditor yang memanfaatkan fasilitas KTA ini. Syarat utamanya adalah harus lolos BI checking dan tak punya riwayat tunggakan kredit sama sekali di perbankan manapun.

6. Pinjaman Online

Banyak perusahaan finansial yang menawarkan model pinjaman secara online ini. Pada prinsipnya, mereka memberikan kemudahan pinjaman kepada orang yang membutuhkan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Lalu peminjam wajib mengembalikan dana ini dalam jangka waktu tertentu dengan menambah biaya bunga. Namun, Anda harus berhati-hati karena ada banyak Fintech abal-abal yang bunganya mencekik. Usut punya usut, mereka tidak terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

7. Laba Jadi Modal

Dalam menjalankan usaha, pastinya anda memiliki laba yang tidak dihabiskan tetapi laba anda kumpulan untuk pengembangan usaha. Dana ini bisa jadi sumber modal yang sangat likuid untuk membantu bisnis Anda berkembang cepat dan eksponensial. Dan juga, bisnis yang bagus itu bukan bisnis yang mendapatkan dana pinjaman dari banyak lembaga pinjaman tetapi bisnis yang bagus itu mampu menggulung laba setiap bulan hingga menjadi modal. Dan begitu seterusnya.

Modal usaha berkembang dari hasil laba operasional usaha sehingga bisnis anda tidak bergantung pada lembaga keuangan mana pun.

8. Pinjaman Kerabat

Ketika membutuhkan modal tambahan, anda bisa mencoba untuk meminjam kepada saudara atau kerabat terdekat. Biasanya pinjaman seperti ini tetap membutuhkan jaminan atau surat perjanjian, sesuai dengan kesepakatan bersama. Bila anda meminjam dana atau modal usaha kepada kerabat, pastikan sebelumnya sudah membuat perjanjian yang jelas dengan aturan dan ketentuan yang disepakati bersama.

9. Finplus

Lalu ada juga Bank Finplus yang berada dibawah naungan PT Rezeki Bersama Teknologi. Layanannya tergolong ringkas sehingga membantu mempermudah nasabah saat proses pengajuan pinjaman bisnis untuk modal usaha tersebut. Layanannya dibangun dengan penggunaan teknologi AI atau Artificial Intelligence, big data analytics dan machine learning. Artinya, semua data nasabah aman, dan terenkripsi dan terpercaya.

10. Bank Lescadana

Terakhir yang bisa anda pertimbangkan adalah Bank Lescadana. Bank Lescadana merupakan hasil pengambilalihan (akuisisi) beberapa Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) yang dimulai pada tahun 2018 dengan tujuan utama untuk membangun lembaga keuangan yang sehat, terpercaya, dan aman.

Mengikuti perkembangan zaman, Bank Lescadana hadir untuk mencari peluang baru yang paling bermanfaat dan menguntungkan untuk Anda. Mulai dari tabungan yang aman dengan akses mudah setiap saat, deposito bunga menarik dan layanan terpercaya dan kredit dengan bunga rendah dan proses mudah. Cicilan dan pembelian emas dengan mudah dalam program Ci-Mas.

Bagi anda yang memang sedang mencari fasilitas kredit tempat pinjaman bisnis dengan bunga rendah yang berkualitas dari Bank Lescadana, anda bisa langsung saja menghubungi kontak di Ruko The Arcade Blok 3 PP & 3 PR, Jalan Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Atau anda bisa menghubungi kontak marketing di nomor 021-30051080.

Atau anda bisa juga mengunjungi website kami di www.banklescadana.co.id untuk melihat berbagai info dan katalog menarik lainnya.

Close

Lescadana

Customer Services